Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit Agar Skor Kredit Selalu Aman

Insights | 2022-07-26 08:10:51
Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit Agar Skor Kredit Selalu Aman

Memahami cara penggunaan kartu kredit bukanlah sesuatu yang tabu dilakukan. Apalagi mengingat fungsi kartu kredit sebenarnya bisa untuk melancarkan perputaran keuangan ataupun bisnismu jika dilakukan secara bijak. Konsep awal dari kartu kredit sendiri sebenarnya adalah menyediakan kebutuhan uang yang diperlukan peminjam untuk mencapai suatu tujuan keuangan. Hanya saja memang tidak bisa ditampik, belakangan penggunaan kartu kredit lebih diarahkan untuk keperluan konsumtif yang membuat seseorang terlilit dalam perangkat terus berutang.

Padahal, kartu kredit justru bisa menjadi penyelamat keuangan. Bayangkan saja, ketika kamu punya banyak kartu debit, tapi tidak ada isi yang cukup, kebutuhan yang kamu perlukan menjadi tidak terpenuhi. Tapi ketika ada kartu kredit, kamu bisa memperoleh pinjaman jangka pendek dengan waktu sangat singkat tanpa proses berbelit.

Siapa sangka mengetahui cara memakai kartu kredit bisa meningkatkan skor kredit. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih mudah memperoleh pinjaman di waktu mendatang dengan plafon yang sesuai keperluan. Tentu saja ini bisa terjadi jika kamu melakukan cara penggunaan kartu kredit secara bijak.

Mengenal Apa Itu Kartu Kredit dan Skor Kredit

Mungkin kamu agak kurang familiar dengan istilah skor kredit. Ini merupakan penghitungan untuk menggambarkan kemampuan dan kelayakan seorang peminjam untuk membayar utang. Tiap bank maupun lembaga keuangan lain kerap mengecek skor kredit terlebih dahulu guna menentukan limit kredit yang bisa diajukan dan disetujui.

Melakukan pembayaran dengan kartu kredit sebenarnya juga menjadi bagian dari pinjaman jangka pendek yang membuatmu memperoleh skor kredit. Skor inilah yang akan bisa berguna menaikkan limit kredit untuk pinjaman-pinjaman lain ke depan, seperti untuk kredit tanpa agunan maupun kredit kepemilikan rumah.

Namun hati-hati, skor kreditmu bisa menjadi sangat buruk jika kamu melakukan cara menggunakan kartu kredit tanpa pertimbangkan. 

Berikut ini ada cara bijak menggunakan kartu kredit supaya skor kreditmu sebagai debitur tetap aman dan tidak menghalangi pinjaman lain yang mendesak di masa depan.

  1. Buat Batasan Penggunaan Kartu Kredit

Bukan berarti karena memiliki kartu kredit kamu menjadi bebas menggunakannya untuk membeli semua barang yang kamu mau. Bagaimanapun, menggunakan kartu kredit sama artinya dengan berutang dan kamu harus tetap membayar itu semua.

Untuk itu, mulai membuat batasan penggunaan kartu kredit. Kenali kemampuan keuanganmu terlebih dahulu dan tetapkan nominal yang bisa ditoleransi dengan penggunaan kartu kredit tersebut. Jangan sampai kamu kebablasan menggunakan kartu kredit sampai menjadi kebingungan karena tidak ada dana untuk membayarnya saat tagihan jatuh tempo.

  1. Membayar Tagihan Tepat Waktu

Cara bijak menggunakan kartu kredit adalah selalu membayar tagihan tepat waktu. Sama seperti jenis kredit lainnya, ada bayang-bayang denda dan bunga yang bisa menimpamu jika membayar tagihan per bulan tidak sesuai dengan waktunya.

Ketika kamu terlambat membayar tagihan kartu kredit, skor kredit yang ada Otoritas Jasa Keuangan atas namamu juga akan memburuk. Kamu akan dicap memiliki riwayat pembayaran yang kurang lancar dan bisa berpengaruh pada persetujuan pinjaman di lembaga keuangan lain ke depannya.

  1. Selalu Bayar Lunas Tagihan

Cara penggunaan kartu kredit yang tepat lainnya adalah selalu melakukan pembayaran secara lunas ketika tagihan tiba. Tidak jarang terjadi kasus di mana peminjam kartu kredit hanya membayar tagihan minimum sebanyak 10 persen dari total tagihan tiap bulannya. Ketika kamu hanya sanggup membayar 10 persen dari total tagihan, sama artinya kamu membiarkan bunga dari utangmu semakin besar.

Kebiasaan membayar tagihan minimum juga akan membuatmu cenderung melakukan pinjaman dengan nominal di atas kemampuan keuanganmu. Konsep “gali lubang tutup lubang” pun sangat rentan terjadi pada orang-orang yang terbiasa melakukan pembayaran minimum ini.

  1. Hindari Tarik Tunai

Salah satu fitur yang kamu hindari dalam cara penggunaan kartu kredit adalah tarik tunai. Fitur ini memungkinkanmu untuk mengambil sejumlah uang cash sehingga membuatmu lebih leluasa untuk melakukan berbagai transaksi pembelian.

Namun, fitur tarik tunai ternyata menawarkan bunga yang lebih besar, yang harus kamu bayarkan tiap tenggat tagihan. Jelas ini bukan cara bijak menggunakan kartu kredit kamu akan lebih membuatmu terbeban dan berisiko membuatmu lebih kalap guna memperoleh uang cash dari hasil berutang.

  1. Jangan Punya Banyak Kartu Kredit

Jangan bangga ketika kamu memiliki banyak kartu kredit. Ini sama saja menunjukkan risiko hidup yang lebih konsumtif dan kewajiban membayar tagihan yang lebih besar tiap bulan. Jika ingin bijak dan mempertahankan skor kredit, lebih baik kamu hanya mengandalkan maksimal dua kartu kredit untuk berbagai keperluan.

Ingatlah bahwa dalam tiap cara penggunaan kartu kredit yang ada di dompetmu, terdapat biaya tahunan dan administrasi yang jumlahnya tidak kecil. Semakin banyak kartu kredit yang kamu miliki, keuanganmu bisa semakin terlilit karena harus membayar semua biaya tersebut.

 ***

Biasakan hanya menerapkan cara penggunaan kartu kredit untuk keperluan yang mendesak atau produktif, seperti untuk biaya operasional usaha ataupun membiayai kebutuhan pengobatan yang tidak direncanakan. Sementara itu, tetap andalkan tabungan untuk membeli berbagai produk yang kamu inginkan dan butuhkan.

Kamu bisa melindungi keuanganmu dengan memahami cara bijak menggunakan kartu kredit. Pastikan pula pengelolaan keuanganmu juga baik dengan mengandalkan Bank Raya sebagai tempat untuk menabung dan merencanakan tujuan keuangan.

Bank digital ini memiliki semua yang kamu butuhkan untuk pengelolaan keuangan yang baik. Kamu bisa pembagian alokasi keuangan yang lebih ketat dengan memanfaatkan fitur Saku di Bank Raya. 

Gratis biaya transfer yang ada di Bank Raya juga memungkinkanmu mengurangi biaya-biaya administrasi perbankan yang terlihat kecil, namun bisa menguras tabungan jika dilakukan berulang. Yang lebih penting, suku bunga tabungan Bank Raya tergolong tinggi sehingga bisa menghindari pengurangan nilai tabungan akibat terkikis biaya administrasi. Mari rayakan pengelolaan keuanganmu bersama Bank Raya!


cara penggunaan kartu kredit,cara memakai kartu kredit,cara bijak menggunakan kartu kredit
Bagikan: