Efektif berlaku sejak 20 November 2025
Pendahuluan
PT Bank Raya Indonesia Tbk (”Bank Raya” atau ”Kami”) sepenuhnya menyadari akan pentingnya perlindungan data pribadi. Kami berkomitmen untuk melindungi dan menjaga informasi/data dalam rangkaian pemrosesan data pribadi yang berkaitan dengan orang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau non-elektronik. Hal ini telah diatur berdasarkan ketentuan pada Undang – Undang Nomor 27 tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi (”UU PDP”).
Pemberitahuan privasi ini memberikan informasi mengenai standar yang diterapkan oleh Bank Raya dalam melakukan pemrosesan atas data pribadi anda meliputi pemerolehan dan pengumpulan; pengolahan dan penganalisisan; penyimpanan, perbaikan dan pembaharuan; penampilan, pengumuman, transfer, penyebarluasan, atau pengungkapan; dan/atau penghapusan atau pemusnahan. Pemberitahuan privasi ini berlaku untuk setiap pemrosesan data pribadi dan sehubungan dengan produk, jasa, layanan, aplikasi, situs web, dan platform. Kami kecuali terdapat Pemberitahuan Privasi terpisah, antara lain:
a. Jasa perbankan, meliputi Simpanan, Pinjaman, dan Layanan Perbankan lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada produk di Raya Apps, dan lain-lainnya.
b. Situs web, fitur, aplikasi, media sosial, atau bentuk media komunikasi lainnya yang disediakan atau digunakan oleh Bank Raya.
(selanjutnya disebut “Layanan”)
Pemberitahuan Privasi ini berlaku untuk Anda, yang termasuk dalam:
a. Setiap individu yang berinteraksi dengan Kami atau yang berwenang untuk berinteraksi dengan Kami dalam penggunaan produk dan layanan Kami;
b. Siapapun yang menggunakan layanan perbankan atau berinteraksi dengan kami (misalnya: wali, pengacara berdasarkan Surat Kuasa, pihak yang menandatangani perjanjian dengan Kami); atau
c. Pihak yang terkait dengan penggunaan Produk dan Layanan kami.
(selanjutnya disebut “Anda”)
Mohon untuk membaca Pemberitahuan Privasi ini dengan seksama untuk memastikan bahwa Anda memahami bagaimana Kami melakukan pemrosesan Data Pribadi Anda. Kami berkomitmen untuk selalu meningkatkan produk dan layanan Kami kepada Anda dan senantiasa meningkatkan kemampuan Kami untuk melindungi privasi dan keamanan Data Pribadi Anda.
I. Data Pribadi yang Diperoleh dan Dikumpulkan
Kami dapat mengumpulkan informasi yang mengidentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik dan/atau non-elektronik (“Data Pribadi"). Selain itu, Kami dapat mengumpulkan Data Pribadi Anda dalam berbagai macam bentuk dan tujuan termasuk tujuan yang diizinkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Data yang kami kumpulkan akan tergantung pada jenis produk maupun layanan yang Anda gunakan. Kami dapat mengumpulkan Data Pribadi Anda antara lain melalui:
A. Data yang dikumpulkan dari Anda secara langsung:
1. Ketika Anda mengajukan pendaftaran layanan melalui formulir fisik, formulir yang tersedia di situs/aplikasi/platform Kami, kunjungan ke unit kerja operasional Kami dan melalui bentuk permohonan Kami ke Anda lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada:
a) Informasi personal, contoh: nama lengkap, tempat dan/atau tanggal lahir, nama gadis ibu kandung, agama, kewarganegaraan, pendidikan, status perkawinan dan jenis kelamin.
b) Informasi kontak, contoh: alamat domisili/korespondensi, alamat email, nomor telepon seluler, nomor telepon rumah, informasi kontak darurat dan akun media sosial.
c) Informasi terkait identitas, contoh: salinan kartu identitas (Kartu Tanda Penduduk/Paspor) dan nomor kartu identitas.
d) Informasi terkait pekerjaan, contoh: pekerjaan, jabatan, alamat kantor, dan nomor telepon kantor.
e) Informasi keuangan, contoh: penghasilan, transaksi normal harian dan informasi terkait perpajakan.
f) Informasi kredensial, contoh: username dan password layanan Raya Apps dan layanan online lainnya.
g) Informasi biometrik, contoh: Sidik jari atau gambar wajah yang dikumpulkan untuk tujuan identifikasi dan verifikasi.
h) Informasi-informasi lain yang diwajibkan/dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan dalam memberikan layanan.
2. Ketika Anda mengikuti program survey Kami, contoh informasi atau opini yang Anda berikan terkait keikutsertaan Anda dalam program survey Kami.
3. Informasi lain yang Anda berikan kepada Kami ketika Anda mengisi formulir atau dalam berkomunikasi dengan Kami, baik melalui tatap muka, telepon, email, online, media sosial dan media lainnya.
B. Data yang secara otomatis dikumpulkan dari perangkat Anda saat menggunakan Layanan (Situs, Aplikasi, dan Platform) Kami:
1. Informasi terkait dengan perangkat Anda, termasuk namun tidak terbatas pada alamat Internet Protokol (IP Address), spesifikasi teknis, dan data pengidentifikasi secara unik (uniquely identifying data) lainnya.
2. Informasi mengenai lokasi Anda atau mobile positioning.
C. Data yang dikumpulkan atau disediakan terkait Penggunaan Layanan Kami:
1. Informasi Finansial dan Informasi terkait Hubungan Anda dengan Kami, termasuk namun tidak terbatas pada: Informasi Saldo Anda, informasi produk dan layanan yang Anda gunakan, riwayat pinjaman Anda, riwayat pembayaran (payment history), riwayat transaksi, perilaku transaksi (transactional behaviour) dan informasi terkait proses penyelesaian pengaduan dan sengketa.
2. Informasi yang kami gunakan untuk mengidentifikasi Anda, termasuk namun tidak terbatas pada: tanda tangan, nomor rekening, No. CIF (Customer Identification File), dan informasi tambahan yang kami terima dari sumber eksternal yang kami perlukan untuk tujuan identifikasi atau kepatuhan terhadap regulasi.
3. Catatan atau riwayat korespondensi serta komunikasi Anda dengan Kami melalui Agen Sapa Raya (Contact Center, WhatsApp, Email, Telegram, Direct Message Instagram, maupun formulir kontak di website Bank Raya), termasuk namun tidak terbatas pada rekaman percakapan suara, histori percakapan tertulis, serta bentuk interaksi lainnya antara Anda dan Kami.
4. Informasi terkait hasil verifikasi data atau informasi Anda dalam penerapan pencegahan fraud, informasi dalam rangka pelaksanaan anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme, dan rangkaian tindakan pengelolaan risiko Kami.
5. Informasi terkait analisis dan pemeringkatan risiko kredit (credit risk rating).
6. Informasi berupa gambar Anda yang diambil oleh Kami melalui rekaman CCTV saat Anda berada di lokasi Kami atau melalui foto atau video yang diambil oleh Kami atau perwakilan Kami saat Anda menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Kami.
7. Informasi lain terkait pertukaran informasi yang dilakukan untuk mendukung kewajiban hukum Kami.