Siapkah Kamu Menghadapi Persaingan Usaha? Ikuti Tips Berikut!

Insights | 2022-07-26 08:18:42
Siapkah Kamu Menghadapi Persaingan Usaha? Ikuti Tips Berikut!

Menyiapkan strategi memulai usaha menjadi salah satu poin terpenting untuk menjalani bisnis. Jika strategi di awal usaha matang, peningkatan usaha akan tercapai lebih cepat dan sesuai tujuan. Namun jangan lupa, kamu juga perlu memikirkan strategi dan cara menghadapi persaingan usaha. Ingatlah bahwa bukan hanya kamu yang sedang menjalankan bisnis.

Memahami cara menghadapi persaingan bisnis akan membuat usaha yang kamu jalankan bertahan lebih lama. Soalnya, tidak jarang usaha menjadi tidak berkembang karena kalah saing dibandingkan dengan lawan-lawan bisnis, khususnya yang ada di sekitarnya dan memiliki produk penjualan yang cukup serupa dengan yang kamu tawarkan.

Jangan takut menghadapi persaingan bisnis yang ketat di zaman sekarang. Coba ikuti cara-cara menghadapi persaingan usaha di bawah ini.

  1. Pahami Pasar

Mengenali pasar dengan baik adalah cara menghadapi persaingan bisnis yang sangat efektif. Kamu perlu melihat bagaimana kecenderungan pasar yang ada di sekitarmu untuk bisa membangun produk yang sesuai. Bagaimanapun besarnya lawan bisnismu, semua bisa terkalahkan apabila kamu memahami pasar lebih baik. Ini karena kamu bisa membuat bisnis yang memang sesuai kebutuhan pasar tersebut sehingga lebih banyak dicari.

  1. Kenali Kompetitor

Selain memahami pasar, jangan lupa untuk mengenali kompetitor. Jangan abaikan kehadiran mereka dan menolak semua usaha yang mereka jalani. Tidak jarang kamu bisa mengambil beberapa inspirasi untuk dikembangkan menjadi produk dan jasa jualan yang lebih. Tidak ada salahnya mulai mendaftar siapa saja kompetitor di bidang usahamu dan mulailah menggali apa kelebihan dan kekurangan mereka.

  1. Analisis Peluang Usaha

Analisis peluang usaha bisa kamu buat setelah memahami pasar dan kompetitor. Analisis peluang usaha ini bisa menjadi cara menghadapi persaingan bisnis karena lewat analisis yang dibuat, kamu dan tim bisa membuat langkah-langkah dan strategi lanjutan untuk mempertahankan dan mengembangkan usaha.

  1. Tentukan Target Pasar

Kamu mungkin mengira bahwa semakin banyak target yang bisa dijangkau, produk dan jasa yang kamu tawarkan akan semakin laku dan bisnis bisa semakin berkembang. Namun sepertinya, kamu perlu sedikit menggeser pemikiran tersebut. 

Membuat seorang orang menjadi target pasar dari bisnis yang kamu jalani hanya akan membuat biaya operasional menjadi sangat besar. Lebih baik, kamu menentukan target pasar yang spesifik untuk membuat produk sesuai kebutuhan dari target tersebut. Usahakan target pasar yang kamu incar tidak sama persis dengan target pasar dari kompetitor-kompetitor usahamu.

  1. Buat Produk yang Unik

Cara mengatasi persaingan usaha berikutnya adalah dengan membuat produk yang unik. Yang dimaksud unik di sini adalah produk yang kamu tawarkan memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri dibandingkan produk serupa di kompetitor. Dengan membuat produk yang unik, kamu juga akan lebih mudah membuat product branding sehingga pasar akan lebih mudah mengenali dan akhirnya memilih membeli produk yang kamu tawarkan.

  1. Perhatikan Retensi Pelanggan

Sebaiknya, kamu tidak hanya berfokus pada pelanggaran baru. Perhatikan pula retensi pelanggan karena tidak jarang ini menjadi kunci dalam keberlangsungan usaha. Buat pelanggan merasa nyaman ketika membeli produkmu. Dalam artian, bukan hanya kualitas produk yang perlu diperhatikan, melainkan pula pengalaman belanja yang menyenangkan. Dengan kombinasi produk yang baik dan pelayanan yang apik, pelanggan akan merasa termanjakan dan peluang untuk pembelian berulang lebih besar terjadi.

  1. Manfaatkan Teknologi

Di era digitalisasi seperti saat ini, cara menghadapi persaingan usaha tidak bisa lepas dari teknologi. Manfaatkan teknologi sebesar-besarnya, mulai dari branding sampai penjualan. Kamu bisa membuat akun media sosial khusus untuk bisnismu guna menguatkan branding dan membuat kesadaran pasar untuk mengenali dan membeli. Jangan lupa untuk memasukkan produk bisnismu ke dalam berbagai marketplace online agar jangkauan pasar menjadi lebih luas.

  1. Kembangkan Inovasi

Usahamu bisa tidak bertahan lama jika produk yang kamu tawarkan hanya itu-itu saja. Ingatlah, pasar memiliki titik jenuh untuk suatu produk. Karena itu, jadikan pengembangan inovasi sebagai cara menghadapi persaingan usaha yang mesti dilakukan terus-menerus. Ingatlah pula bahwa ketika kamu menghentikan inovasi, pelangganmu bisa lari ke kompetitor yang lebih giat menawarkan variasi produk baru dari hasil inovasi mereka.

  1. Jangan Lupa Kolaborasi

Kolaborasi bisa menjadi senjata yang sangat kuat sebagai cara mengatasi persaingan usaha. Kamu bisa melakukan kolaborasi dengan berbagai lini bisnis yang menawarkan produk berbeda denganmu. Kolaborasi bisa menghasilkan produk inovatif dan unik yang membuat pasar lebih tertarik. Lebih daripada itu, kolaborasi sama artinya kamu memperluas jangkauan pasar karena target pasar dari rekan kolaborasimu juga akan menjadi target pasar yang bisa kamu incar.

*** 

Selain berbagai cara menghadapi persaingan usaha di atas, jangan lupa untuk melindungi bisnismu dengan pengelolaan keuangan yang tepat. Salah satu cara terbaik untuk pengelolaan keuangan bisnis adalah mengandalkan Bank Raya untuk tiap proses transaksi dan pengelolaan keuangan.

Bank digital yang satu ini menawarkan biaya transfer gratis sehingga memudahkan pembayaran dan pengalihan biaya yang tiap hari akan terjadi di bisnismu. Tidak hanya itu, Bank Raya juga memiliki fitur Saku yang membuatmu bisa memiliki beberapa akun di satu rekening sehingga mempermudah mengalokasikan dana-dana.

Bank Raya pun makin memperkuat cara menghadapi persaingan bisnis yang tidak jarang memerlukan modal besar. Soalnya, bank ini memiliki aplikasi khusus untuk peminjaman dana yang bernama Pinang. Kamu bisa memperoleh pinjaman dengan proses yang mudah dan cepat, plafon yang cukup tinggi, sampai bunga kompetitif lewat aplikasi pinjaman dari bank digital ini.

Mari mulai ambil langkah untuk sukseskan usahamu dan rayakan bersama Bank Raya!


cara menghadapi persaingan usaha ,cara mengatasi persaingan usaha,cara menghadapi persaingan bisnis
Bagikan: