Pintar Kelola Keuangan, Self Reward Anti Boncos!

Insights | 2024-07-16 07:50:00
Pintar Kelola Keuangan, Self Reward Anti Boncos!

Ngomongin soal self reward, dewasa ini rasanya sudah jadi gaya hidup sebagian besar masyarakat khususnya bagi mereka generasi muda. Kawan Raya tau gak sih? Kalau self reward sendiri diartikan sebagai sebuah tindakan untuk memberikan penghargaan kepada diri sendiri atas usaha atau pencapaian yang sudah diperoleh. 


Nyatanya, tren self reward bisa mendatangkan beberapa manfaat loh. Hal ini seperti memunculkan motivasi baru, meningkatkan kesejahteraan emosional, bisa sebagai sarana penghilang stres sampai meningkatkan produktivitas. Disisi lain, hal ini seperti pisau bermata dua, dimana kalian harus lebih hati-hati. Karena jika tidak diatur keuangannya dengan baik, alih-alih bahagia karena self reward malah berujung bencana.


Simak tips berikut supaya self reward kamu anti boncos: 


  1. Kelola Pengeluaran dengan Cermat


Dengan kamu cermat dalam kelola pengeluaran, tentunya akan memudahkan kamu membagi skema keuangan dengan pendapatan yang kamu peroleh. Dalam merencanakan pengeluaran sendiri kamu bisa memetakan apa saja yang harus dibeli sesuai dengan keuangan yang kamu punya. Dalam hal ini, cermat sendiri bisa kamu lakukan dengan membagi skala prioritas. 


Membuat skala prioritas, bisa kamu terapkan dengan skema 50 - 30 - 20 loh. Artinya, kamu perlu menyisihkan sebesar 50% dari gaji bulanan untuk memenuhi kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan. Dengan cermatnya kamu kelola pengeluaran di tiap bulannya, kamu jadi bisa mengetahui mana barang yang kamu butuhkan atau hanya sebatas keinginan. 


  1. Memisahkan Anggaran Kebutuhan dan Keinginan


Pos keuangan untuk kebutuhan self reward kamu bisa dimulai disini! Gak ada salahnya memenuhi keinginan untuk membeli barang tertentu atau pergi ke suatu tempat untuk liburan sebentar. Tetapi, hal ini tentunya harus diatur agar keinginan tersebut gak melukai kesehatan finansialmu loh! 


Sebagai tindakan preventif, kamu bisa membedakan anggaran atau pos keuangan untuk kebutuhan mendasar dan keinginan. Dengan menerapkan atur keuangan di tiap bulannya, kamu bisa menghindari pemborosan untuk memenuhi keinginan dan mengabaikan kebutuhan yang lebih penting. 


  1. Track Kemana Uang Kamu Pergi! 


Gak cuman orderan online kamu aja yang perlu di tracking, keuangan kamu juga gak kalah penting! Adanya hal ini bisa membantu kamu melacak pemasukan dan pengeluaran di tiap waktunya. Kamu bisa mencatat semua pengeluaran harian kamu supaya tahu kemana saja uang kamu digunakan. Melacak keluar masuknya keuangan ini juga bisa bermanfaat bagi kamu menentukan mana kebutuhan dan keinginan, sehingga kamu bisa menetapkan mana kebutuhan yang tidak perlu dipenuhi di bulan berikutnya. 


Di era yang serba digital seperti sekarang, rasanya sudah gak perlu susah buat kamu tracking kemana saja uang kamu digunakan. Penetrasi bank digital yang semakin meluas, ngebuat atur keuangan di era sekarang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Kemudahan lainnya seperti akses layanan tanpa batas, semakin ngebuat kamu fleksibel dalam atur keuangan


  1. Manfaatkan Promo dan Diskon yang Ada

Kamu bisa manfaatkan promo dan diskon yang berlaku saat sedang melakukan self reward. Hal ini tentunya bisa mendatangkan keuntungan buat kamu, seperti menghemat pengeluaran keuangan karena barang atau layanan yang kamu butuhkan akan menjadi lebih murah. Kemudian, kamu akan merasa lebih untung hal ini tentu karena barang yang diperoleh akan lebih banyak dengan jumlah uang yang lebih sedikit. Kamu juga berkesempatan untuk mencoba hal baru seperti produk atau layanan dengan biaya yang lebih rendah. Yang gak kalah penting, kamu bisa alokasikan sisa dana untuk kebutuhan yang lain seperti tabungan, investasi dan keperluan lainnya. 


Siap Rayakan Tiap Pencapaianmu dengan Keuangan yang Baik

Setelah mengetahui langkah-langkah supaya self reward kamu berjalan dengan tepat sesuai kondisi finansial mu. Alokasi keuangan dengan metode yang lebih modern jadi cara cepat supaya kamu gak pusing sama atur keuangan di tiap waktunya. 


Seperti Bank Raya yang hadir menawarkan kemudahan untuk jawab semua kebutuhan kamu.  Aplikasi yang dirancang untuk jadi kawan finansialmu mulai dari transfer, pembayaran tagihan dan belanja, Bank Raya siap jadi bank digital yang mudah diaplikasikan dalam satu genggaman. 


Gak cuman itu, pengelolaan keuangan yang efektif dapat dilakukan melalui fitur Saku di aplikasi Bank Raya. Dengan beberapa Saku yang tersedia, kamu bisa memisahkan transaksi dan menabung ekstra dengan suku bunga hingga 6%. Semua catatan tersedia secara mudah dan aman dengan fitur Smart Login. Selain itu, kamu juga dapat melakukan tabungan otomatis menggunakan fitur Saku Pintar dengan penjadwalan debet sesuai kemauanmu! 

Download Bank Raya sekarang hanya di App Store dan Play Store, buka kapanpun dan dimanapun. Coba Bank Raya sekarang, nikmati kemudahannya!


Productivity,Creativity,Bank Raya,BRI Group,Bank Digital
Bagikan: