Mana Tabungan Digital Terbaik untuk Digunakan Sehari-hari?

Insights | 2022-07-26 05:23:43
Mana Tabungan Digital Terbaik untuk Digunakan Sehari-hari?

Hari gini siapa sih yang gak punya akun tabungan di bank? Kebiasaan menabung akan membawa banyak sekali manfaat positif. Tapi dengan kemunculan fenomena tabungan digital, apakah sudah saatnya kita semua beralih? Yang masih kurang akrab dengan konsep tabungan digital, saatnya baca lengkap ulasan tuntas berikut.


Jenis-Jenis Tabungan di Bank

Sudah pengetahuan umum kalau menabung di bank itu sifatnya lebih aman, untung dan mudah. Apakah begitu juga halnya dengan tabungan digital? Biar yakin, pastikan sudah tahu jenis-jenis tabungan di bank dulu. 


Menurut OJK, ada beberapa jenis tabungan di bank, yaitu:

  1. Tabungan konvensional

Jenis tabungan yang paling familiar dan favorit, tabungan konvensional menetapkan setoran awal yang cukup rendah dan terjangkau. Masing-masing bank akan menetapkan suku bunga sesuai kebijakan masing-masing, berikut juga biaya bank. Dengan memiliki tabungan di salah satu bank, kamu otomatis jadi nasabah dan bisa menikmati fasilitas yang tersedia. 

  1. Tabungan rekening giro

Rekening giro lebih sering diperuntukkan untuk transaksi bisnis, dimana kehadiran giro menggantikan uang tunai. Cara ini dianggap lebih aman karena meminimalisir pergerakan uang tunai dalam jumlah banyak. Memiliki tabungan giro juga tidak sulit, cukup ikuti syarat & ketentuan dari masing-masing bank. 

  1. Tabungan deposito

Tabungan deposito menetapkan waktu dan syarat-syarat tertentu untuk pelaksanaannya. Mirip dengan tabungan konvensional, tabungan deposito lebih unggul dari segi suku bunga yang lebih tinggi, namun juga membutuhkan nominal penempatan tertentu serta jangka waktu penyimpanan. 

  1. Tabungan khusus

Yang dimaksud dengan tabungan khusus lebih kurang merupakan versi tertentu dari tabungan konvensional, misalnya tabungan pelajar, tabungan haji, tabungan valas, tabungan emas, tabungan berjangka, tabungan investasi dan sebagainya. 


Apa itu Tabungan Digital & Apa Kelebihannya?

Seluruh hal yang terkait dengan penyelenggaraan layanan perbankan digital oleh bank umum telah diatur oleh OJK dalam Peraturan OJK No.12/POJK.03/2018.


Dijelaskan, bank digital adalah Bank Berbadan Hukum Indonesia (BHI) yang menyediakan dan menjalankan kegiatan utamanya melalui saluran elektronik, tanpa kantor fisik selain kantor pusat (KP), atau dapat menggunakan kantor fisik yang terbatas. 


Dalam menyediakan tabungan digital, ada 2 model yang bisa diterapkan oleh sebuah bank yaitu: berbentuk bank digital baru atau bertransformasi dari bank umum menjadi bank digital. 


Konversi dari bank umum menjadi bank digital sudah sangat kerap kita jumpai di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Kehadirannya yang sudah erat melayani publik, kini semakin ditingkatkan dengan pelayanan digital yang mudah dan cepat. Selain itu, OJK juga menerapkan serangkaian peraturan agar pelayanan bank atau tabungan digital bisa semakin nyaman dan aman.


Beberapa kelebihan dari tabungan digital antara lain:


  1. Lebih praktis: tidak terikat pada kunjungan ke kantor cabang, melainkan bertransaksi melalui perangkat elektronik. Lewat aplikasi, kini kamu bisa cek saldo, transfer dan tidak perlu melakukan kontak fisik.


  1. Banyak fitur: lewat aplikasi perbankan digital, nasabah boleh berbahagia karena setiap bank berlomba-lomba memanjakan dengan fitur canggih. Mulai dari layanan chat 24 jam, pengaturan budget, pencatatan biaya, hingga transfer antar bank semua kini dalam satu genggaman. 


  1. Aman : berbagai syarat utama dalam mendirikan bank pelayanan tabungan digital adalah sudah memiliki teknologi yang aman, kelola bisnis perbankan yang prudent, manajemen resiko, pemenuhan SDM yang berkompetensi, hingga keamanan data nasabah. 


  1. Kendali penuh: perbankan konvensional tidak bisa memberikan kamu akses kendali sepanjang waktu atas finansialmu. Beda dengan tabungan digital yang bisa dicek real-time, dipindahkan, atau menerima transfer semua sepenuhnya bisa kamu atur.


  1. Konektivitas: lebih dari sekedar perbankan biasa, tabungan digital menjanjikan peluang membangun komunitas dari pengguna yang sama. Akan ada banyak kelebihan dan kemudahan bertransaksi dari aplikasi yang sama, baik dalam sesama komunitas atau jika digunakan pada merchant/vendor luar.


Tabungan Digital Terbaik Ya Bank Raya!


Setelah paham semua keunggulan dari tabungan digital, saatnya kamu dapatkan bocoran tabungan digital terbaik dari Bank Raya. Aplikasi ini punya banyak fitur smart dan kelebihan seperti:


1. Multi login - Smart login

Punya lebih dari satu perangkat gadget? Ga masalah, karena bank raya sudah mengantisipasi dengan smart login pada multi-device. Sepanjang hanya diakses pada salah satu gadget pada saat yang bersamaan, kamu tidak perlu khawatir aplikasi jadi “bingung”. Smart login menjanjikan login akun cepat dengan sidik jari dan scan wajah, plus ada password dan pin yang berarti proteksi berlapis. 


2. Fitur Saku

Hanya satu tabungan digital, tapi berasa punya banyak? Cuma di Bank Raya pastinya. Dengan fitur Saku, kamu bisa mengatur keuangan secara lebih tersegmentasi. Ini karena ada pilihan Saku Budget, Saku Jaga dan Saku Pintar. Masing-masing saku ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan biar kamu budget harian dan yang jangka panjang tetap terpisah rapi. Ada fitur riwayat pencatatan transaksi juga!

3. Digitalisasi Penuh

Buka tabungan digital di Bank Raya sudah 100% online alias tidak perlu lagi ke kantor cabang. Semua proses verifikasi nantinya cukup lewat aplikasi saja. Transaksi juga mudah dan cepat, bisa langsung dilakukan mulai dari transfer, bayar tagihan, dan bayar belanja. 

4. Bebas Biaya Admin

Aplikasi Bank Raya sudah menyediakan fasilitas gratis biaya admin bulanan, transfer dan tarik tunai. Kamu juga bisa mulai buka rekening dari 0 rupiah, tanpa penalti atau minimum saldo.

5. Suku Bunga Kompetitif

Tanpa harus adanya biaya pemeliharaan, aplikasi Bank Raya jadi lebih bebas beri kamu suku bunga yang ekstra kompetitif. Tinggal atur dan pilih tabungan digital yang paling cuan buatmu!


Jadi sudah jelas banget kan? Tabungan digital terbaik ga perlu ribet ya Bank Raya yang juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK serta dijamin LPS. Yuk mulai menabung dan jadi kaya raya bersama Bank Raya!



tabungan digital,tabungan digital terbaik
Bagikan: