Lupa Nomor Rekening Bank? Simak 5 Cara Alternatif Mengetahui Nomor Rekening Bank!

Insights | 2022-06-22 02:55:51
Lupa Nomor Rekening Bank? Simak 5 Cara Alternatif Mengetahui Nomor Rekening Bank!

Mau nabung tapi tiba-tiba kamu lupa bawa tabungan? Atau pernah ditanya nomor rekening oleh pihak bank tapi kamu lupa tidak membawa buku tabungan? Kamu juga tidak mungkin membawa buku tabungan ke mana-mana karena tidak praktis dan berisiko kehilangan.   Padahal di setiap transaksi menggunakan fasilitas bank, mengetahui nomor rekening itu sangat penting agar transaksi tersebut bisa dilakukan dengan segera. Solusinya, simak cara mengecek no rek di ATM dan empat alternatif lainnya di bawah ini!

Ketahui Apa itu Nomor Rekening dan Cara Mendapatkannya

Nomor rekening merupakan deretan nomor yang digunakan untuk memperlancar transaksi perbankan, mulai dari menarik hingga memasukkan uang ke bank. Nomor rekening disebut juga nomor akun bank yang diperlukan dalam transaksi keuangan. Nomor tersebut berisi nomor unik yang hanya dimiliki oleh satu nasabah saja ketika membuka tabungan di bank. Karena berperan penting untuk memperlancar transaksi keuangan, kamu perlu menyiapkan nomor rekening saat diperlukan. Makanya mengetahui cara mengecek no rek sangat penting ketika hendak melakukan transaksi perbankan.

Selain digunakan untuk memasukkan dan menarik uang ke bank, berikut ini manfaat lain dari memiliki nomor rekening:

  • Sebagai media transaksi keuangan

  • Alat pembayaran

  • Syarat pengajuan pinjaman atau kredit

  • Syarat pengambilan atau pengajuan beasiswa

  • Untuk mengajukan program perbankan lainnya

Mengingat pentingnya nomor rekening tersebut, pastikan kamu teliti saat menuliskannya. Sebab, jika salah menuliskan nomor rekening barang satu digit saja, transaksi yang dilakukan akan gagal atau malah nyasar ke nomor nasabah lainnya. Sebagai alternatif, kamu perlu mengetahui cara mengecek no rek agar terhindar dari kesalahan tersebut.

5 Cara Mengecek No Rek yang Akurat

Tidak banyak orang yang bisa menghafal nomor rekening mereka masing-masing. Namun, membawa buku tabungan yang berisi nomor rekening juga bisa saja merepotkan. Belum lagi ada risiko kehilangan atau lupa menyimpan buku tabungan sehingga membuat kamu perlu mengurusnya kembali ke bank bersangkutan. Nah, agar terhindar dari risiko tersebut, informasi tentang lima cara mengecek no rek ini akan sangat bermanfaat buat kamu!

  1. Cek di Buku Tabungan untuk Bank Konvensional

Salah satu cara mengecek no rek yang akurat adalah dengan mencari tahu langsung dari buku tabungan. Selain menyimpan nomor rekening, buku rekening juga mencantumkan catatan saldo, uang yang masuk dan keluar, serta beberapa informasi penting lainnya. Nomor rekening kamu biasanya terletak di balik cover depan buku rekening. Agar tidak perlu membawa buku rekening ke manapun kamu pergi, jangan lupa catat nomor rekening tersebut. Jadi, saat dibutuhkan, kamu hanya tinggal melihat catatan itu. Pastikan juga semua angka yang kamu catat sesuai dengan angka nomor rekening yang tertera pada buku tabungan agar transaksi tidak terhambat.

  1. Cek di Mesin ATM

Kamu juga bisa mempraktikan cara mengecek no rek melalui mesin ATM. Tinggal masukan kartu ATM ke mesin, masukkan nomor PIN lalu pilih menu menu mutasi rekening. Setelah nomor rekening kamu terpampang di layar mesin ATM, segera catat nomor tersebut seakurat mungkin. 

  1. Tanyakan Melalui Call Center

Setiap bank pastinya menyediakan layanan call center untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh nasabah seperti produk perbankan, cara melakukan transaksi, informasi suku bunga, dan layanan lainnya. Kamu juga bisa memanfaatkan layanan call center untuk menanyakan nomor rekening. Cara mengecek no rek melalui call center sangatlah mudah, tinggal hubungi nomor call center bank bersangkutan lalu ikuti prosedur yang diperlukan sebelum mereka memberi tahu nomor rekening kamu.

  1. Tanyakan ke Kantor Cabang Bank Terkait

Jika sedang berada di dekat salah satu kantor cabang bank tujuan, kamu bisa mendatangi kantor tersebut untuk menanyakan nomor rekening. Cara mengecek no rek ini akan sangat membantu terlebih jika buku tabungan kamu hilang atau ponsel tidak terhubung jaringan internet. Nantinya pihak customer service kantor cabang akan memvalidasi beberapa hal untuk memastikan bahwa nomor rekening tersebut adalah milik kamu. Jangan lupa juga untuk membawa KTP sebagai salah satu dokumen untuk memperlancar proses validasi.      

  1. Cek di Aplikasi M-Banking atau Bank Digital

Cara mengecek no rek ini terbilang sangat mudah dan praktis selama smartphone kamu terhubung dengan jaringan internet. Fasilitas mobile banking atau digital banking bisa kamu nikmati dengan mengunduh aplikasi bank terkait. Setelah membuat akun dan terverifikasi, kamu bisa menikmati berbagai fitur yang ditawarkan. Dari mulai transaksi keuangan hingga mengecek nomor rekening. Biasanya nomor rekening akan tercantum dalam informasi akun nasabah. 

Kehadiran internet dan kecanggihan teknologi membuat berbagai transaksi perbankan semakin mudah dilakukan. Seperti bank digital Bank Raya yang menawarkan akses perbankan 100% digital untuk menabung, cek nomor rekening, transfer, dan layanan perbankan lainnya. Semuanya bisa kamu nikmati dengan mengunduh aplikasi Raya dari Bank Raya. Yuk jadi Sobat Raya untuk menikmati layanan perbankan yang makin mudah, aman dan menyenangkan!


References:

  • https://maucash.id/cara-mengetahui-nomor-rekening 

  • https://www.qoala.app/id/blog/keuangan/tabungan/cara-cek-nomor-rekening/ 

  • https://www.cermati.com/artikel/lupa-nomor-rekening-inilah-cara-mengetahuinya

cara mengecek no rek,cara mengecek no rek di atm
Bagikan: