Lakukan 10 Tips Ini, Agar Usaha Kamu Cepat Berkembang!

Insights | 2024-05-16 07:41:15
Lakukan 10 Tips Ini, Agar Usaha Kamu Cepat Berkembang!

Banyaknya pengusaha sukses berhasil membuat masyarakat bertanya-tanya bagaimana cara menghadapi perkembangan bisnis di saat tantangan yang semakin beragam. Jika strategi di awal udah matang, usaha akan berkembang lebih cepat dan bertahan dengan jangka waktu yang lama. Soalnya, tidak jarang usaha menjadi tidak berkembang karena kalah saing dibandingkan dengan lawan-lawan bisnis, khususnya yang ada di sekitarnya dan memiliki produk penjualan yang serupa. 

Jangan takut menghadapi persaingan bisnis yang ketat di zaman sekarang. Jika kita sudah berstrategi lebih awal, kecil kemungkinan tantangan akan terjadi. Inilah cara-cara yang bisa kamu ikuti agar usaha kamu cepat berkembang. 

  1. Pahami Pasar

Mengenali pasar dengan baik adalah cara menghadapi persaingan bisnis yang sangat efektif. Kamu perlu melihat dan mencari tahu bagaimana kebutuhan pasar yang ada di sekitarmu.  Bagaimanapun besarnya lawan bisnismu, semua bisa terkalahkan apabila kamu memahami pasar lebih baik. Ini karena kamu bisa membuat bisnis yang memang sesuai kebutuhan pasar tersebut sehingga lebih banyak dicari.

  1. Kenali Kompetitor

Selain memahami pasar, jangan lupa untuk mengenali kompetitor. Jangan abaikan kehadiran mereka. Kamu bisa memanfaatkan kehadiran mereka dengan mengambil beberapa inspirasi untuk dikembangkan menjadi produk dan jasa jualan yang lebih baik. Tidak ada salahnya mulai mendaftar siapa saja kompetitor di bidang usahamu dan mulailah menggali apa kelebihan dan kekurangan mereka.

  1. Analisis Peluang Usaha

Analisis peluang usaha bisa kamu buat setelah memahami pasar dan kompetitor. Analisis peluang usaha ini bisa menjadi cara menghadapi persaingan bisnis, kamu dan tim bisa membuat langkah-langkah dan strategi lanjutan untuk mempertahankan dan mengembangkan usaha.


  1. Tentukan Target Pasar

Kamu mungkin mengira bahwa semakin banyak target yang bisa dijangkau, produk dan jasa yang kamu tawarkan akan semakin laku dan bisnis bisa semakin berkembang. Namun sepertinya, kamu perlu sedikit menggeser pemikiran tersebut. 

Kamu harus fokus dan menentukan target pasar secara spesifik untuk membuat produk sesuai kebutuhan dari mereka Usahakan target pasar yang kamu incar tidak sama persis dengan target pasar dari kompetitor-kompetitor usahamu.

  1. Buat Produk yang Unik

Cara mengatasi persaingan usaha berikutnya adalah dengan membuat produk yang unik. Produk unik yang dimaksud adalah produk yang kamu tawarkan memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri dibandingkan produk serupa di kompetitor. Dengan membuat produk yang unik, kamu juga akan lebih mudah membuat produk branding sehingga pasar akan lebih mudah mengenali dan mengingat produk kamu sehingga akhirnya memilih membeli produk yang kamu tawarkan.

  1. Perhatikan Retensi Pelanggan

Retensi pelanggan tidak jarang ini menjadi kunci dalam keberlangsungan usaha. Buat pelanggan merasa nyaman ketika membeli produkmu, sehingga mereka akan membeli produk kamu secara terus menerus. Dalam artian, bukan hanya kualitas produk yang perlu diperhatikan, melainkan pula pengalaman belanja yang menyenangkan. Dengan kombinasi produk yang baik dan pelayanan yang apik, pelanggan akan merasa termanjakan dan peluang untuk pembelian berulang lebih besar terjadi.

  1. Manfaatkan Teknologi

Di era digitalisasi seperti saat ini, cara menghadapi persaingan usaha tidak bisa lepas dari teknologi. Manfaatkan teknologi sebesar-besarnya, mulai dari branding sampai penjualan. Kamu bisa membuat akun media sosial khusus untuk bisnismu guna menguatkan branding dan membuat kesadaran pasar untuk mengenali dan membeli. Jangan lupa untuk memasukkan produk bisnismu ke dalam berbagai marketplace online agar jangkauan pasar menjadi lebih luas.

  1. Kembangkan Inovasi

Usahamu bisa tidak bertahan lama jika produk yang kamu tawarkan hanya itu-itu saja. Ingatlah, pasar memiliki titik jenuh untuk suatu produk. Karena itu, jadikan pengembangan inovasi sebagai cara menghadapi persaingan usaha yang mesti dilakukan terus-menerus. Ingatlah pula bahwa ketika kamu menghentikan inovasi, pelangganmu bisa lari ke kompetitor yang lebih giat menawarkan variasi produk baru dari hasil inovasi mereka.

  1. Jangan Lupa Kolaborasi

Kolaborasi bisa menjadi senjata yang sangat kuat sebagai cara mengatasi persaingan usaha. Kamu bisa melakukan kolaborasi dengan berbagai lini bisnis yang menawarkan produk berbeda denganmu. Kolaborasi bisa menghasilkan produk inovatif dan unik yang membuat pasar lebih tertarik. Lebih daripada itu, kolaborasi sama artinya kamu memperluas jangkauan pasar karena target pasar dari rekan kolaborasimu juga akan menjadi target pasar yang bisa kamu incar.

  1. Berikan Diskon yang Menarik

Tips yang terakhir adalah memberikan diskon-diskon yang menarik. Diskon yang menarik dan disaat yang tepat akan membooster tingkat penjualanmu. Misalnya diskon pada saat tanggal gajian dan tanggal kembar setiap bulannya. Dengan cara tersebut target pasarmu akan berlomba-lomba untuk membeli produk kamu secara cepat.

*** 

10 tips diatas akan sia-sia jika kamu lupa untuk melindungi bisnismu. Salah satu cara terbaik untuk melindungi bisnismu adalah dengan pengelolaan keuangan bisnis yang mengandalkan Bank Raya untuk tiap proses transaksi dan pengelolaan keuangan.

Bank digital bagian BRI Group ini menawarkan gratis biaya untuk biaya administrasi setiap bulannya dan tidak ada nya saldo mengendap, sehingga kamu akan lebih banyak mendapatkan keuntungan. Tidak hanya itu, Bank Raya juga memiliki fitur Saku yang membuatmu bisa memiliki beberapa akun di satu rekening sehingga mempermudah mengalokasikan dana.

Mari mulai ambil langkah untuk sukseskan usahamu dan rayakan bersama Bank Raya!
Productivity,Creativity
Bagikan: