Ide Usaha Rumahan Kecil yang Berpotensi Untung Besar

Insights | 2022-06-22 06:08:18
Ide Usaha Rumahan Kecil yang Berpotensi Untung Besar

Usaha modal kecil untung besar bukanlah mimpi belaka. Kita bisa mewujudkannya bahkan hanya dari rumah. Soalnya, banyak loh usaha rumah yang cocok untuk pemula tanpa harus memerlukan modal finansial yang besar.

Walaupun usaha rumahan terlihat kecil, untuk besar sudah menanti kamu di depannya asal dikerjakan dengan serius. Tentunya kamu juga perlu memilah usaha menjanjikan untuk pemula yang memang memungkinkan untuk dikerjakan.

Nah, berikut ini adalah beberapa usaha modal kecil untung besar yang cocok banget dikerjakan oleh pemula sekalipun. Tertarik untuk mencoba salah satu usaha menjanjikan untuk pemula di bawah ini? Pelajari terlebih dahulu pula persiapan yang perlu kita siapkan sebelum memulai bisnis-bisnis menjanjikan tersebut, ya.

Persiapan Usaha Kecil Menjanjikan

Jangan bermimpi usaha kecil untung besar bisa terwujud jika kamu asal-asalan mengerjakannya. Beberapa persiapan di bawah ini perlu diupayakan agar usaha tersebut bisa berjalan lancar dan mengeruk untung sesuai harapan.

  1. Tentukan Ide Usaha

Kita tidak bisa memulai bisnis tanpa menentukan ide usaha terlebih dahulu. Tanpa ide usaha, kita tidak akan tahu apa yang mau dan akan kita produksi, bukan? Mulailah menentukan ide usaha dan carilah usaha rumahan yang cocok untuk pemula dengan modal yang terjangkau. Jangan plin plan menggonta-ganti ide usaha karena ini hanya akan menghancurkan bisa yang lagi kamu jalankan.

  1. Kenali Kebutuhan Pasar

Melakukan riset kecil-kecilan untuk mengenali dan memastikan kebutuhan pasar bisa sangat membantu bisnis kita. Apalagi kalau kamu lagi menjalankan usaha rumahan yang cocok untuk pemula. Pastikan menyediakan produk atau jasa yang memang diperlukan pasar dan memiliki banyak peminat. Tujuannya tidak lain supaya kesempatan menjual produk dan jasa tersebut menjadi lebih besar.

  1. Awali dengan Yang Sederhana

Jangan terperangkap dalam pikiran usaha kecil untung besar harus menyediakan sesuatu yang beragam dan kompleks. Kenyataannya, banyak usaha yang gagal karena bisnisnya yang terlalu rumit. Lebih baik kamu mengawali bisnis dengan sesuatu yang sederhana dan mudah dikerjakan.

  1. Buat Rencana Usaha

Sesederhana apapun usaha yang lagi kamu kerjakan, pastikan kamu sudah membuat rencana usahanya terlebih dahulu. Yang dimaksud dengan rencana usaha di sini terkait proses produksi, modal dan biaya usaha, sampai pada sistem pemasaran. Tidak ada salahnya juga membuat rencana usaha berupa target pengembangan bisnis sebagai pemacu semangat untuk sungguh-sungguh menjalankan usaha kecil tersebut sampai bisa berkembang sesuai rencana yang tertuliskan.

  1. Sediakan Modal yang Wajar

Ketika berbicara soal modal, semangat pemula untuk memulai usahanya kerap surut. Padahal, modal seharusnya tidak terlalu menjadi kendali karena banyak model usaha kecil untung besar yang nyatanya hanya perlu modal finansial yang tidak seberapa. Meskipun begitu, sekecil apapun perkiraan modal usaha yang diperlukan untuk bisnismu, sediakan modal yang wajar untuk hasil produk dan jasa terbaik yang bisa kamu berikan, ya.

Usaha Kecil Untung Besar yang Menjanjikan

Jenis usaha rumahan yang cocok untuk pemula nyatanya banyak yang berupa usaha kecil yang menjanjikan untung besar! Tidak perlu takut kehabisan ide soal usaha menjanjikan untuk pemula ini karena pilihannya sangat beragam, seperti di bawah ini.

  1. Usaha Katering

Katering termasuk usaha modal kecil untung besar yang bisa banget kamu coba. Jangan takut rugi menjalankan bisnis ini. Usaha katering justru bisa memperkecil risiko kerugian karena kamu hanya perlu membuat makanan sesuai pesanan yang masuk. Tidak jarang pula, pembayaran untuk pesanan katering harus didahului dengan uang muka sehingga modal yang kamu perlukan tidak terlalu besar.

  1. Les Privat

Usaha ini merupakan salah satu usaha menjanjikan untuk pemula, bahkan dapat dilakukan bagi kamu yang masih mahasiswa! Kamu bisa membuat les privat terkait mata pelajaran yang bidangnya kamu kuasai. Memberikan les privat non pelajaran atau berupa keterampilan lain, seperti les piano ataupun les bahasa asing, pun sangat menjanjikan dengan bayaran yang tidak sedikit.

C, Dropshipper

Di zaman yang semua serba online kayak sekarang, menjadi dropshipper sangat mungkin menjadi usaha modal kecil untung besar yang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, ketika memutuskan menjadi dropshipper, artinya kamu tidak perlu menyediakan banyak modal untuk membeli berbagai barang yang kamu hendak jual. Kamu hanya perlu memasarkan barang-barang jualan orang lain, kemudian baru memesankannya ketika ada yang tertarik membeli.

D. Usaha Penatu

Usaha modal kecil untung besar lainnya yang bisa dicoba adalah usaha penatu. Memang perlu modal untuk memulai usaha rumahan yang cocok untuk pemula ini. Setidaknya, kamu memiliki mesin cuci, sabun khusus untuk penatu, juga setrika. Namun untuk menyediakan semua itu, modal yang diperlukan tidak sampai berpuluh-puluh juta rupiah, kok.

F. Freelancer

Menjadi freelancer merupakan usaha modal kecil untung besar yang bisa disesuaikan dengan keahlian yang kamu punya. Kalau kamu suka menulis, kamu bisa memulai usaha freelance writer. Kalau kamu suka dengan fotografi, kamu bisa menjadi freelance photographer untuk berbagai acara. Kalau kamu ahli menerjemahkan bahasa tertentu, kamu juga bisa loh menjadi freelance translator. Jadi, pilih yang mana, nih?

***

Jangan merasa mau menyerah kalau usaha rumahan yang mau kamu lakukan memerlukan modal dan kamu tidak memilikinya. Kamu bisa mengajukan pinjaman lewat aplikasi Pinang yang merupakan platform dari Bank Rakyat Indonesia.

Pinang dapat memberikan fasilitas pinjaman bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dengan syarat yang tidak bikin ribet. Lewat Pinang, kamu bisa mendapatkan modal usaha dari kisaran Rp500.000 sampai dengan Rp25 juta. 


References:

https://www.99.co/blog/indonesia/usaha-rumahan-yang-tak-ada-matinya/  https://www.qoala.app/id/blog/inspirasi/peluang-usaha-rumahan-wajib-dicoba/  https://www.ruangmom.com/usaha-rumahan-yang-lagi-trend.html 

https://www.merdeka.com/jabar/7-cara-memulai-usaha-dari-kecil-penting-diperhatikan-demi-kesuksesan-kln.html 

https://duwitmu.com/pinjaman-online/pinang-pinjam-tenang-bri-agro-raya


Usaha modal kecil untung besar,Usaha rumahan yang cocok untuk pemula,usaha menjanjikan untuk pemula
Bagikan: