Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memulai Investasi

Insights | 2022-06-22 06:05:48
Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memulai Investasi

Di zaman sekarang, ada banyak cara untuk menghasilkan uang. Selain bekerja atau berwirausaha, cara menambah aset tak lain adalah dari investasi yang menguntungkan. Banyak pilihan instrumen investasi yang bisa kamu jajaki, sepanjang sudah paham aturan investasi untuk pemula misalnya cara main saham pemula. Nah apapun pilihan jenis investasi nantinya, simak dulu tips mendapatkan investasi yang menguntungkan berikut:


  1. Rencanakan strategi investasi


Mau investasi yang menguntungkan? Miliki dulu rencana sebelum memulai investasi untuk pemula. Dengan memiliki perencanaan investasi, kamu bisa memiliki perspektif seputar:

  • Tujuan investasi/ gol berinvestasi

  • Kapan mencapai investasi yang menguntungkan

  • Cara-cara mencapai gol investasi tersebut. 

  • Membantu membuat keputusan rasional


Rencana atau strategi investasi akan jadi panduan investasi untuk pemula, supaya tidak mudah terjebak emosi dan gegabah dalam bertindak. Ada saatnya kamu mungkin meragukan rencana atau strategi investasi yang sudah kamu bentuk dari awal, terutama ketika portofolio investasi tidak sesuai harapan atau ada berita ekonomi tertentu.


Memang sih, kamu boleh saja merubah keputusan atau rencana investasi yang sudah dipegang. Tapi minimal, kamu harus mempertimbangkan dengan masak-masak. Jika rencana investasi memang dibentuk untuk jangka panjang, maka fluktuasi mendadak seharusnya tidak akan mudah membuatmu labil. Intinya, fokus dulu pada strategi sebagai pegangan investasi untuk pemula. 


  1. Cek ulang lini masa & toleransi risiko


Investasi tidak terlepas dari faktor waktu. Oleh sebab itu, pertimbangkan seksama berapa lama waktu yang akan kamu fokuskan untuk mencapai gol investasi. Pertanyakan juga seberapa besar risiko yang sudah kamu siap hadapi. 


Misalnya, tujuan investasi kamu adalah untuk menghimpun dana pensiun. Tentunya cara menuju gol investasi milikmu akan berbeda dengan si A atau si B yang usianya lebih muda atau lebih tua. Jika kamu berharap pada hasil investasi yang dibutuhkan dalam waktu cepat, maka tidak bijak untuk berinvestasi pada instrumen yang terlalu fluktuatif. 


Berbeda jika kamu mencari investasi yang menguntungkan tanpa harus memperoleh imbal hasil dalam waktu cepat, maka kesempatan untuk menjajaki berbagai instrumen lebih banyak. Risiko yang rela kamu hadapi juga mungkin lebih besar. Kamu juga bisa mencari cara main saham pemula sebagai bagian dari strategi investasi. 


Oleh sebab itu, investasi untuk pemula bisa memiliki ketahanan risiko yang berbeda-beda, mulai dari moderat, menengah hingga agresif. Pahami dulu kamu yang mana yah.


  1. Pilih instrumen investasi secara bijak


Jika memiliki modal investasi, kamu boleh memilih untuk diinvestasikan pada beberapa variasi kelas aset, misalnya pada investasi saham, deposito, obligasi dan berbagai jenis lainnya. Kamu juga boleh memilih untuk berinvestasi pada satu kelas aset saja, misalnya investasi properti. 


Sejatinya, investasi yang menguntungkan bagi setiap orang wujudnya berbeda-beda dan sebaiknya disesuaikan dengan strategi masing-masing. Namun, beberapa teknik yang sebaiknya dilakukan pada investasi untuk pemula antara lain:


  • Diversifikasi


Ini adalah strategi dimana kamu mencoba investasi pada beberapa kelas aset yang berbeda, misalnya sebagian pada investasi reksa dana dan sebagian pada obligasi. Jika performa salah satu aset kurang baik, maka bisa diseimbangkan dari performa aset lainnya. Hanya saja, pastikan kamu bisa mengelola pembagian aset yang sudah terdiversifikasi dengan baik. 


  • Evaluasi Laporan Keuangan


Cara main saham pemula tidak bisa dilakukan dengan asal-asal. Minimal kamu harus memahami perusahaan yang ingin kamu beli sahamnya supaya dapat investasi yang menguntungkan. Jadi jangan hanya berpatokan hanya pada harga saham, tapi kenali juga seluk beluk sebuah perusahaan, termasuk gol dan nilai-nilai bisnis apakah sudah sesuai dengan visi investasimu.


  1. Pilih cara investasi yang menguntungkan


Ada banyak cara untuk memulai investasi, tapi prinsipnya ada 2 jalur : pribadi atau dikelola orang lain. Dalam investasi untuk pemula, investasi yang menguntungkan tidak mutlak harus dikelola oleh orang lain, contohnya investasi deposito atau membeli obligasi lewat lembaga bank pilihanmu. Ada juga cara main saham pemula yang bisa dilakukan sendiri via platform atau aplikasi online. 


Untuk yang ingin investasi yang menguntungkan namun dikelola oleh Manajer Investasi, maka bisa memilih investasi reksa dana. Yang pasti, kedua cara ini tidak salah sepanjang kamu tetap rutin memantau investasi dan memastikan pertumbuhannya tepat sasaran. 


  1. Pisahkan dana investasi dengan yang lain


Mengingat investasi membutuhkan jangka waktu tertentu untuk membuahkan hasil, sebaiknya dana investasi sudah terpisah dengan rekening atau tabungan utama, termasuk dana darurat. Investasi yang menguntungkan umumnya butuh waktu antara 3-5 tahun alias jangka panjang, sehingga akses dana akan terkunci. 


Oleh karena itu, pastikan sudah ada tabungan terpisah untuk keperluan bulanan/sehari-hari, atau semua hal yang bersifat jangka pendek. Bahkan, sebelum memulai investasi sebaiknya sudah punya dana darurat agar proses investasi berjalan aman dan lancar. 


Investasi Cuan Dengan Pengelolaan Uang yang Sehat


Untuk mencapai investasi yang menguntungkan memang dibutuhkan konsistensi dan fokus pada rencana. Yang penting, kamu tidak perlu stress mengejar investasi yang menguntungkan sepanjang sudah punya pemahaman finansial yang sehat dan cerdas. 


Salah satunya tentunya dengan sudah rajin menabung dan mahir mengelola keuangan secara tepat. Jadikan kebiasaan menabung fondasi penting menuju investasi yang menguntungkan dengan memilih Bank Raya sebagai partner keuangan kamu. 


Didesain sebagai aplikasi perbankan yang praktis, mudah dan aman, menabung dan bertransaksi kini semakin untung di Bank Raya. Saatnya kamu nabung tanpa penalti minimum saldo dan gratis biaya admin bulanan untuk transfer dan tarik uang tunai. Jelas makin cuan karena Bank Raya menawarkan suku bunga kompetitif dengan beragam pilihan tabungan. 


Aplikasi bank Raya sudah serba digital dan simpel. Semua proses buka tabungan hingga aktivasi sudah secara online, tanpa ribet harus keluar rumah. Download aplikasi Bank Raya sekarang untuk jalan mulus menuju investasi yang menguntungkan!



References:

https://www.tagar.id/5-tips-investasi-untuk-pemula-yang-perlu-diketahui

https://binus.ac.id/2021/10/tips-cerdas-memilih-instrumen-investasi-untuk-pemula/https://kumparan.com/kumparanbisnis/tips-investasi-untuk-pemula-mulailah-dari-jumlah-kecil-dan-bertahap-1wMX9YVvpDXX


investasi yang menguntungkan,cara main saham pemula,investasi untuk pemula
Bagikan: