Bagaimana Peluang Bisnis UKM Pasca Pandemi?

Insights | 2022-06-29 01:51:14
Bagaimana Peluang Bisnis UKM Pasca Pandemi?

Setelah lebih dari 2 tahun, kasus-kasus Covid-19 di seluruh dunia kini mulai mereda. Sejumlah negara pun mulai memasang kuda-kuda untuk menjadikan COVID-19 bukan lagi sebagai pandemi, melainkan endemik. Ini sinyal baik bagi bisnis UKM di mana dengan meredanya kasus COVID-19 sama artinya kesempatan agar peluang bisnis UKM kembali berkibar bisa lebih besar.

Tidak terkecuali di Indonesia, kasus COVID-19 di negara kita menyisakan hanya ratusan kasus tiap harinya, dari yang mencapai puluhan ribu kasus di beberapa bulan lalu. Ini membuat pemerintah mulai menurunkan bahkan meniadakan PPKM maupun lockdown. Gairah usaha, baik bisnis besar maupun bisnis usaha kecil, pun menjadi menggeliat kembali.

Kamu juga semakin semangat menekuni kembali bisnis UKM melihat kondisi pandemi COVID-19 yang mulai diarahkan ke endemi, tapi masih bingung mau menjalankan bisnis apa? Beberapa ide peluang bisnis UKM di bawah ini bisa banget kamu pertimbangkan, loh.

  • Produksi Makanan Beku

Sebenarnya, ini merupakan bisnis yang muncul pesat akibat keterbatasan makan di restoran atau tempat makan secara langsung karena pandemi. Namun, mencoba menjalankan bisnis makanan beku pasca pandemi COVID-19 pun bakal jadi peluang bisnis UKM yang sangat menjanjikan.

Kembali beraktivitasnya orang-orang menuju ke arah normal membuat hari-hari semakin terasa padat. Makanan beku yang simpel dengan cita rasa yang lezat bisa menjadi solusi untuk bisa mendapatkan makanan yang enak dan tetap sehat karena dipanaskan di rumah.

  • Bisnis Produk Kesehatan

Semenjak pandemi COVID-19, kesadaran masyarakat untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat meningkat drastis. Tidak tanggung-tanggung, penjualan produk kesehatan selama pandemi kemarin secara online meningkat hampir 3 kali lipat. Manfaatkan hal ini sebagai peluang bisnis UKM yang bisa dijalankan bahkan pasca pandemi COVID-19.

Kita bisa memulai bisnis dengan berjualan produk-produk kesehatan, mulai dari vitamin, suplemen, sampai minuman herbal. Percayalah meskipun pandemi COVID-19 dianggap mulai berlalu, kesadaran masyarakat akan kesehatan yang sudah telanjur meningkat akan membuat pencarian produk-produk kesehatan, khususnya terkait imunitas tubuh, tidak ada matinya.

  • Jualan Make-up dan Produk Perawatan Wajah

Beberapa negara sudah mengizinkan masyarakatnya beraktivitas di luar ruangan tanpa masker. Presiden Joko Widodo pun sudah mengeluarkan pernyataan bahwa masker tidak wajib lagi dipakai di luar ruangan dengan kondisi yang tidak berkerumunan. Artinya apa? Ini peluang bisnis UKM yang sangat menjanjikan sebab kebutuhan orang-orang akan riasan dan perawatan wajah bakal meningkat kembali.

Ketika pandemi, merias wajah dianggap sia-sia karena kewajiban memakai masker. Namun jika masker tidak lagi harus digunakan setiap saat, perlu siasat agar wajah tetap terlihat memesona kapan pun dan di manapun, bukan? Kamu bisa loh mulai melakukan survei pasar mengenai jenis-jenis make-up dan perawatan wajah apa saja yang bakal dicari setelah aturan terbaru soal masker ini ada.

  • Membuka Agensi Pemasaran Digital

Agensi juga merupakan bisnis usaha kecil jika skalanya masih sangat terbatas. Kamu bisa membuatnya untuk menyediakan strategi pemasaran produk secara online dengan tepat. Dijamin deh, bakal banyak orang yang melirik dan memakai jasa bisnis UKM yang satu ini.

Apalagi selama pandemi COVID-19, kebergantungan orang-orang dalam bekerja dan melakukan jual-beli secara online menjadi sangat besar. Ketergantungan ini tidak lantas berhenti ketika kondisi kasus COVID-19 mulai mereda. Justru orang-orang menjadi semakin menyadari betapa lebih besarnya peluang bisnis UKM secara online dibandingkan hanya mengandalkan offline. Alhasil, orang-orang pasti akan mencari seseorang yang dapat menyediakan pemasaran online yang baik dan efektif. Kamu bisa dong menyediakan kebutuhan ini lewat agensi digital kecil-kecilan yang hendak kamu rintis?

  • Usaha Travel Pack Pribadi

Kasus pandemi COVID-19 membuat banyak orang semakin sadar bahwa barang-barang yang bersifat pribadi sebaiknya tidak dipinjamkan ke orang lain maupun sebaliknya. Di sisi lain dengan meredanya kasus COVID-19, hasrat bepergian menjadi semakin besar sehingga kebutuhan travel pack pribadi pun menjadi meningkat cukup pesat.

Jadikan hal ini sebagai peluang bisnis usaha kecil yang menjanjikan. Kamu bisa memulai membuat travel pack yang sederhana, seperti membuat peralatan makan pribadi dengan tempat cantik yang mudah dibawa kemanapun. Kamu juga bisa mulai mempertimbangkan produksi tempat sabun dan sampo kecil yang mudah dibawa ketika bepergian. Pasar dan keuntungan dari bisnis UKM yang satu ini cukup menjanjikan, loh 

Tidak bisa dimungkiri, semua peluang bisnis UKM di atas perlu modal. Tapi, jangan sampai ketiadaan modal menghalangi bisnis usaha kecilmu untuk meraup untung banyak di kemudian hari. Tidak ada salahnya melakukan pinjaman produktif untuk modal usaha.

Aplikasi Pinang yang merupakan besutan Bank Raya sebagai Digital Attacker BRI Group dapat diandalkan untuk menyediakan pinjaman modal usaha yang cepat dan tidak ribet. Yang paling menarik, bunga pinjaman dari Pinang sangat bersahabat, hanya 1,24 persen per bulan.

Selain memanfaatkan Bank Raya untuk melakukan pinjaman modal lewat aplikasi Pinang, bank digital ini juga dapat dijadikan pilihan bertransaksi bisnis UKM yang efektif. Soalnya, berbagai transaksi lewat Bank Raya bebas biaya admin.


References:

  • https://www.pwc.com/gx/en/issues/crisis-solutions/covid-19.html  

  • https://www.mckinsey.com/featured-insights/coronavirus-leading-through-the-crisis

  • https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20601 

  • https://www.niagahoster.co.id/blog/peluang-bisnis-setelah-pandemi-corona/ 

  • https://getpinang.com/

bisnis UKM,peulang bisnis ukam,bisnis usaha kecil
Bagikan: