Apa Saja Persyaratan Umum untuk Pinjam Uang di Bank?

Insights | 2022-06-22 03:18:27
Apa Saja Persyaratan Umum untuk Pinjam Uang di Bank?

Memulai usaha sendiri bukanlah hal yang mudah. Selain persaingan bisnis yang semakin ketat, kamu juga memerlukan sokongan dana yang cukup besar. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara pinjam uang untuk modal usaha serta sumber dananya. Apalagi bila sumber dana tersebut merupakan bank. Terdapat syarat pinjam uang di bank yang perlu kamu ketahui agar modal usaha bisa segera cair. Lantas bagaimana cara pinjam uang di bank agar pengajuan bisa diterima? Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini!

5 Sumber Modal untuk Memulai Usaha Sendiri

Sebelum mengetahui cara pinjam uang di bank, kamu juga perlu mengetahui lima sumber modal berikut untuk memulai usaha sendiri:

  1. Dana Pribadi

Disebut juga bootstrapping, modal usaha ini diperoleh dari kocek sendiri. Artinya, kamu bertanggung jawab atas segala pembiayaan yang dibutuhkan untuk memulai usaha sendiri. Dana ini biasanya diperoleh dari menjual aset pribadi, warisan keluarga, atau tabungan yang telah kamu kumpulkan selama bertahun-tahun.

  1. Investor

Kamu perlu meyakinkan individu atau perusahaan tertentu untuk berperan sebagai investor dalam bisnis yang kamu bangun. Investor tersebut nantinya akan mengucurkan sejumlah dana dengan payback period yang telah disepakati. Untungnya sudah banyak investor yang mengincar startup sebagai tempat investasi yang menjanjikan. Jadi, pastikan kamu mampu meyakinkan mereka untuk berinvestasi di bisnismu.

  1. Penggalangan Dana

Crowdfunding atau penggalangan dana bisa jadi alternatif selanjutnya untuk modal usaha kamu. Sumber modal ini diperoleh dari penggalangan dana yang dilakukan seseorang untuk membangun bisnisnya. Tidak sedikit orang menggunakan platform berbasis Internet yang kredibel. Bila kampanye crowdfunding kamu efektif dan menarik, para pengguna platform tersebut tidak akan keberatan untuk berdonasi demi pembangunan usaha kamu.

  1. Perusahaan Leasing

Sumber dana bisa kamu dapatkan melalui perusahaan leasing. Jika modal usaha dibutuhkan untuk membeli aset seperti ruko, peralatan elektronik, mesin, dll, leasing mampu memfasilitasi kamu untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Contoh modal usaha  yang ditawarkan leasing biasanya berupa kontrak atau sewa peralatan dalam kurun waktu tertentu.

  1. Pinjaman

Bank sering kali dipilih sebagai sumber modal untuk membangun usaha baru. Pihak bank pun menawarkan modal usaha berbunga ringan atau kredit lunak untuk membantu UMKM dalam mendirikan usaha mereka sendiri. Misalnya ada KTA atau Kredit Tanpa Agunan yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan modal usaha dari bank tanpa memberikan jaminan apapun.  Asalkan kamu tahu cara pinjam uang di bank dan mampu memenuhi syarat pinjam uang di bank, maka pengajuan pinjaman untuk modal usaha bisa disetujui. Syarat umum pinjam uang di Bank yang perlu kamu penuhi yaitu:

  • Siapkan dokumen pribadi seperti fotokopi KTP, laporan keuangan, Kartu Keluarga, slip gaji, dan dokumen lainnya

  • Dokumen kepemilikan agunan jika pinjaman membutuhkan jaminan

  • Buku tabungan dari bank bersangkutan

PINANG, Solusi Modal Usaha yang Bikin Tenang


Berbicara tentang mengajukan modal usaha di bank, kamu perlu selektif dalam memilih bank. Jangan sampai kamu menjadi terbebani karena bunga yang besar dan persyaratan pengajuan pinjaman yang bikin ribet. 

Sebagai solusi, kamu bisa mengandalkan PINANG, solusi modal usaha yang bisa bikin tenang. PINANG atau Pinjam Tenang merupakan aplikasi pinjaman tunai dari BRI dan Bank Raya untuk memudahkan UMKM dalam memperoleh dana usaha secara cepat mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 20.000.000 dengan tenor 1 - 12 bulan.

Pengajuannya pun lebih mudah dan efisien karena semuanya dilakukan melalui aplikasi digital. Belum lagi suku bunga yang ditawarkan juga cukup kompetitif, yaitu 1,24% flat per bulan, dan tidak akan membebani kamu sebagai peminjam. Selain itu, PINANG juga terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi kamu tidak perlu khawatir lagi akan keamanannya. Pinjam di PINANG juga akan bikin kamu semakin tenang karena tidak ada biaya admin bulanan dan agunan lho! 

Agar pengajuan melalui aplikasi PINANG disetujui, penuhi syarat cara pinjam uang di bank berikut ini:

  • Warga Negara Indonesia

  • Memiliki e-KTP/KTP yang masih berlaku

  • Berusia minimal 21 tahun/sudah menikah, maksimal 54 tahun

  • Memiliki penghasilan tetap atau memiliki usaha yang menghasilkan

  • Memiliki handphone/smartphone sistem operasi Android yang terkoneksi jaringan internet dengan nomor GSM atau CDMA yang terdaftar

Setelah memenuhi syarat di atas, kamu bisa mengajukan pinjaman PINANG dengan cara:

  • Unduh aplikasi PINANG di Play Store

  • Lakukan pendaftaran melalui tombol yang tersedia

  • Buat PIN Pinang untuk mendapatkan kode OTP

  • Masukkan kode OTP yang diterima melalui pesan nomor ponsel

  • Pilih menu “Ajukan Pinjaman Baru”

  • Tentukan jumlah dan tujuan penggunaan dana

  • Tentukan jangka waktu kredit

  • Lengkapi formulir yang tersedia dalam aplikasi

  • Lengkapi identitas diri dan nomor debit card BRI/ Bank Raya

  • Lakukan verifikasi rekening payroll

  • Tunggu proses verifikasi hingga proses pengajuan berhasil

  • Dana tunai bakal masuk ke rekening jika pinjaman disetujui

Mudah kan cara pinjam uang di aplikasi PINANG? Bila kamu butuh dana cepat untuk modal usaha tanpa persyaratan yang ribet dan dilakukan secara digital, segera ajukan pinjaman kamu sekarang melalui aplikasi PINANG ya! 

References:

https://www.sirclo.com/blog/8-cara-mendapatkan-modal-usaha-untuk-bisnis/ https://www.jurnal.id/id/blog/cara-mudah-mencari-modal-usaha-untuk-bisnis/ https://www.harmony.co.id/blog/5-sumber-modal-usaha-yang-perlu-anda-ketahui


cara pinjam uang di bank,syarat pinjam uang di bank,pinjam uang untuk modal usaha
Bagikan: