Umumkan Kinerja Kuartal Ketiga 2022, Bank Raya Semakin Fokus menjadi Digital Attacker BRI Group

Berita | 2022-11-22 03:56:01
Umumkan Kinerja Kuartal Ketiga 2022, Bank Raya Semakin Fokus menjadi Digital Attacker BRI Group

Jakarta – PT Bank Raya Indonesia Tbk (“Bank Raya” atau “Perseroan”) mengumumkan kinerja keuangan untuk kuartal ketiga tahun 2022. Dalam periode ini, Bank Raya mencatatkan laba tahun berjalan sebesar Rp 32 miliar atau kenaikan laba sebesar 101,8%, dari rugi Rp 1,83 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Pada kuartal III tahun 2022, dari sisi aset, Bank Raya menyalurkan kredit yang diberikan sebesar Rp8,4 triliun, sementara dari sisi liabilitas Bank Raya menghimpun dana pihak ketiga sebesar Rp 9,6 triliun. Selain itu, pendapatan bunga bersih Rp 514 miliar pada kuartal III-2022 turun dari Rp 657 miliar di periode yang sama tahun sebelumnya. Meskipun terdapat penurunan dibandingkan periode sebelumnya, hal ini adalah dampak langkah strategis Perseroan untuk melakukan penataan kembali portofolio bisnis untuk fokus kepada pengembangan bisnis digital, khususnya di tengah proses transisi dari bisnis legacy Bank Raya.

Bhimo Wikan Hantoro, Direktur Bisnis Digital dan Operasional Bank Raya mengatakan, “Di kuartal ketiga ini, perseroan terus fokus pada pertumbuhan bisnis yang berkualitas dan berkesinambungan untuk mewujudkan misi kami sebagai digital attacker BRI Group. Nilai kredit digital kami terus bertumbuh sebesar 146% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya menjadi Rp 648 Miliar, disamping itu, total simpanan digital membukukan Rp 437 Miliar. Rasio gross NPL juga menunjukkan perbaikan yaitu sebesar 2,05% lebih baik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tren pertumbuhan ini semakin mendorong percepatan langkah kami menuju profitabilitas. Lebih jauh, strategi perbaikan kinerja bisnis yang berfokus pada perbaikan kualitas aset dan recovery membuahkan hasil yang baik, serta memberikan ruang bagi perusahaan untuk menajamkan fokus efisiensi dan efektivitas kegiatan operasional dan peningkatan customer experience.

Sebagai digital attacker BRI Group, kami fokus untuk bersinergi dengan ekosistem BRI melalui berbagai kolaborasi program yang mendorong percepatan inklusi keuangan melalui produk-produk unggulan kami yaitu tabungan digital dan pinang. Masyarakat semakin mudah membuka tabungan digital Raya melalui aplikasi BRIMO, agen BRILink, dan unit kerja BRI. Disamping itu, produk pinjaman digital end-to-end Raya yaitu Pinang, telah dimanfaatkan oleh lebih dari 17 ribu Agen BRILink, untuk mendorong produktivitas mereka dalam memenuhi transaksi harian mereka. Hingga September 2022, total disbursement pinjaman digital Pinang kepada agen BRILink adalah sebesar Rp 1,94 triliun.

Bank Raya juga membuka akses pinjaman konsumtif bagi karyawan yang mendapatkan penggajian bulanan melalui rekening Bank BRI (salary-based loan) dengan produk Pinang Flexi.

Bersama dengan BRI Ventures, Bank Raya juga membantu produktivitas dan pertumbuhan usaha dari berbagai perusahaan fintech yang mendapatkan investasi dari BRI Ventures.

Dari sisi simpanan, porsi CASA terhadap penghimpunan dana pihak ketiga berhasil meningkat menjadi sebesar 34,66% dari 28,07% pada periode yang sama tahun sebelumnya. Hingga saat ini, Bank Raya mencatatkan pertumbuhan nasabah baru dari tabungan digital kurang lebih 400.000 dengan total 700.000 rekening melalui pembukaan rekening dan fitur saku yang terdapat pada Raya Digital Saving sejak diluncurkan pada 22 Februari 2022. Pertumbuhan jumlah customer ini didorong oleh keunggulan produk Raya yang mudah digunakan, terpercaya, dan menjawab kebutuhan pengguna.

Ke depan, Bank Raya akan terus melanjutkan transformasi untuk mewujudkan misi menjadi digital attacker BRI Group, dengan perkuatan infrastruktur teknologi agar dapat beroperasi sebagai bank digital dengan jangkauan terluas.

Tentang Bank Raya

Bank Raya adalah bank digital bagian dari BRI Group yang dipercaya menjadi digital attacker BRI di industri bank digital. Bank Raya memiliki visi menjadi The best digital bank by becoming house of fintech and home for gig economy. Bank Raya memiliki produk unggulan yaitu simpanan digital dengan fitur andalan seperti Saku Bujet, Saku Pintar, dan Saku Jaga. Bank Raya juga merupakan bank digital pertama yang memiliki produk pinjaman fully digital yaitu Pinang. Aplikasi Bank Raya tersedia untuk diunduh di Android dan IOS.


Productivity,Bank Digital
Bagikan: