Semakin Tangguh dan Tumbuh Sehat, Bank Raya Raih Penghargaan Appreciated Social ESG Report 2023

Berita | 2024-02-28 08:04:27
Semakin Tangguh dan Tumbuh Sehat, Bank Raya Raih Penghargaan Appreciated Social ESG Report 2023


Jakarta, 28 Februari 2024 - Bank Raya, bank digital bagian dari BRI Group, mendapatkan penghargaan Appreciated Social ESG Report 2023 pada ajang penghargaan ESG Appreciation Night yang digelar oleh Investor Daily. Penghargaan ini diberikan kepada Bank Raya sebagai korporasi dengan program ESG yang semakin progresif dan memperhatikan prinsip keuangan berkelanjutan, serta pertumbuhan positif Bank selama 2023. Rustarti Suri Pertiwi selaku Direktur Keuangan Bank Raya hadir menerima penghargaan tersebut  sebagai perwakilan dari Bank Raya.


Rustarti Suri Pertiwi selaku Direktur Keuangan Bank Raya mengatakan, “Sebagai bank digital, Bank Raya berperan dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Pemerintah. Dalam menjalankan program ESG kami berfokus pada pilar ekonomi, sosial, dan lingkungan, serta tata kelola yang baik agar dapat terus sejalan dengan langkah Bank untuk mencapai pertumbuhan dan kinerja berkelanjutan. Penghargaan ini merupakan bukti komitmen Bank Raya dalam mengoptimalkan kinerja keberlanjutan di tengah dinamika persaingan bisnis yang semakin dinamis.”


Penerapan keuangan berkelanjutan bagi Bank Raya ditetapkan dengan menyelaraskan kinerja tiga pilar keberlanjutan tersebut dengan sejumlah aspek seperti keselarasan dengan kelestarian alam dan lingkungan sosial; tercapainya nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan untuk meningkatkan reputasi perusahaan; penerapan manajemen risiko lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola yang selaras dengan prinsip kehati-hatian perbankan; serta penerapan keuangan berkelanjutan. 


Sejalan dengan penerapan keuangan berkelanjutan, Bank Raya berupaya untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan kepada masyarakat yang bergerak di bidang yang termasuk dalam kategori Kegiatan Usaha Berkelanjutan (KUB) bahwa kredit usaha berkelanjutan meningkat pada tahun 2023 di kisaran 10%. Nilai pembiayaan yang disalurkan untuk sektor KUB tahun 2023 mencapai 39,05% dari total kredit Perseroan. Nilai tersebut meningkat dari sebelumnya 31,67% dari total kredit Perseroan pada tahun 2022. Bank juga berkomitmen untuk mengembangkan produk digital yang mendukung pembiayaan pada segmen mikro dan kecil berbasis Sustainability Green Economy. Lebih jauh, Bank Raya juga mempertimbangkan segala bentuk isu berkelanjutan dalam penyediaan produk dan layanan digital.


Sebagai bagian dari BRI Group, Bank Raya juga berkomitmen untuk membangun ekosistem bisnis yang memperhatikan aspek sosial dan lingkungan bersama dengan BRI Group untuk membantu nasabah dalam pengembangan bisnisnya. 

Sebagai bank digital, Bank Raya terus menekankan pada komitmen untuk mengurangi emisi operasional serta mendukung adanya inovasi produk yang dapat membantu mengurangi dampak lingkungan yang selaras dengan prinsip green banking.

Melalui penerapan green banking, Bank Raya terus melakukan upaya untuk memperkuat kemampuan manajemen risiko bank khususnya yang terkait dengan lingkungan hidup dan meningkatkan portofolio pembiayaan ramah lingkungan seperti di bidang energi terbarukan dan efisiensi energi. 


“Upaya-upaya tersebut akan semakin memantapkan langkah kami dalam menciptakan dan Good Corporate Governance dalam segala pengembangan strategi bisnis dan operasional secara prudent.” Tambah Rustarti Suri Pertiwi.


Komitmen Tangguh dan Tumbuh Sehat melalui Perwujudan Operasional Bisnis Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan

Komitmen Bank Raya sebagai bank digital semakin tercermin dari langkah-langkah operasional bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan. Sepanjang 2023, Bank Raya mampu melakukan penghematan listrik sebesar 47,95% dibanding tahun 2022.  Penghematan air sebesar 5,72% di tahun 2023, dimana sebelumnya terjadi kenaikan sebesar 11,42% pada tahun 2022. 

Disamping itu, optimalisasi aplikasi Bank Raya melalui kurang lebih 784.000 pengguna per November 2023, dalam upaya efisiensi penggunaan ATM. Komitmen lainnya juga diwujudkan melalui aktivitas Corporate Social Responsibility Bank Raya di tahun 2023 yang diinvestasikan untuk program pemberdayaan masyarakat seperti pemberian bantuan prasarana dan literasi keuangan digital untuk membantu peningkatan penjualan para pelaku usaha, seperti Komunitas pedagang kuliner di Alun-alun Kota Batu Malang, Komunitas Kuliner Keprabon Surakarta, dan yang terbaru dengan Komunitas Pujasera Hayam Wuruk Pleburan Semarang.

Bank Raya juga terus mendorong upaya-upaya untuk percepatan adopsi bank digital di masyarakat dan meningkatkan literasi keuangan masyarakat melalui berbagai program edukasi yang dilakukan live secara rutin melalui sosial media Bank Raya seperti Inspiraya dan Rayaforia yang telah menghadirkan lebih dari 120 program edukasi sepanjang tahun 2023. 


Pengakuan mengenai kinerja unggul dan keberlanjutan Bank Raya ini juga mendapatkan apresiasi dari Bank Indonesia pada Desember 2023 lalu sebagai Bank Pendukung Pembiayaan Keuangan Hijau Terbaik (BNK KBMI 1 dan 2) pada Bank Indonesia Award 2023. 

Komitmen jangka panjang Bank telah terbukti secara menyeluruh sehingga menghadirkan dukungan bagi upaya pengurangan emisi serta dampak buruk lain bagi lingkungan yang sejalan dengan prinsip green banking. Kami terus berkomitmen untuk semakin mengukuhkan langkah kami menjadi bank digital utama yang memberikan akses terluas bagi segmen mikro dan kecil di Indonesia. “Tutup Rustarti Suri Pertiwi.


Productivity,Creativity,Bank Raya,Bank Digital,BRI Group,ESG
Bagikan: