Jakarta, 6 Januari 2025 - Bank Raya meraih penghargaan pada ajang BUMN Awards 2024 dalam kategori Excellence in Financial Innovation and Impact oleh Investor Trust. Penghargaan ini diterima oleh Kicky Andrie Davetra selaku Direktur Bisnis Bank Raya pada pertengahan Desember 2024 lalu. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen Bank Raya dalam berinovasi untuk menghadirkan produk digital yang berkualitas sehingga memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan perbankan dan membantu meningkatkan produktivitas para pelaku usaha.
Kicky Andrie Davetra selaku Direktur Bisnis Bank Raya mengatakan, “Upaya Bank Raya mendorong Inovasi produk digital perbankan yang berkualitas tentunya sejalan dengan strategi Bank Raya mendongkrak pertumbuhan bisnis digital yaitu dengan menghadirkan produk digital yang komprehensif (cross segment digital product). Sehingga memungkinkan Bank Raya melayani pasar UMKM dan melakukan scale up bisnis dengan perluasan pasar potensial bisnis digital. Kami juga berkomitmen untuk terus melakukan pengembangan produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah kami.”
Upaya Bank Raya menumbuhkan bisnisnya, tercermin pada kinerja cemerlang pada kuartal III/2024 dengan pencapaian positif di berbagai indikator keuangan. Bank Raya mencatatkan perolehan Laba Bersih pada Kuartal III/2024 mencapai Rp33,9 miliar atau tumbuh menembus 130,9% (yoy) bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pada Kuartal III/2024, total aset Bank Raya tercatat tumbuh 12,1% mencapai Rp12,8 triliun, ditopang oleh pertumbuhan outstanding Total Kredit Bank Raya sebesar 20,7% atau mencapai Rp6,8 triliun pada kuartal III/2024. Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga mencapai 11,2% yoy atau tercatat mencapai Rp7,8 triliun. Pertumbuhan tersebut ditopang oleh pertumbuhan Giro sebesar Rp610 miliar atau tumbuh 58,2% (yoy), Tabungan tercatat mencapai Rp1,4 triliun yang didorong oleh peningkatan pada Digital Saving menjadi sebesar Rp1,1 triliun atau tumbuh 39,9% (yoy) dan Deposito menjadi Rp5,89 triliun atau tumbuh 11,2% (yoy). Pertumbuhan pada dana murah (Giro dan Digital Saving) tersebut menunjukkan bahwa produk simpanan Bank Raya telah mampu mempermudah nasabahnya dalam melakukan pengelolaan keuangannya serta telah mampu menjawab kebutuhan para nasabah dalam bertransaksi perbankan digital sehari-hari.
Disamping itu, pada Kuartal III/2024, Bank Raya berhasil melayani lebih dari 910 ribu nasabah melalui Raya Apps, jumlah tersebut naik 17,8% (yoy). Penggunaan transaksi Raya Apps meningkat menjadi 2,6 juta transaksi dengan kenaikan sebesar 98% (yoy.) Dengan semakin berkembangnya fitur dan inovasi produk Raya Apps, jumlah nasabah diharapkan dapat meningkat seiring dengan pertumbuhan pada digital saving yaitu sebesar Rp1,1 Triliun atau tumbuh 39,9% (yoy).
Sepanjang 2024, Bank Raya telah melakukan percepatan inovasi sebagai bagian dari strategi utama untuk mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan. Belum lama ini, Bank Raya mengeluarkan layanan contact center Sapa Raya yang berbasis live chat pada Raya App, yang memudahkan nasabah terkait informasi produk dan layanan Bank Raya kapan saja dan dimana saja. Contact Center Sapa Raya dapat diakses melalui WhatsApp atau Telegram selama 24 jam termasuk hari libur nasional.
Disamping itu, Bank Raya terus mengoptimalkan potensi sinergi dengan ekosistem BRI dimulai dari pemanfaatan channel BRI seperti Tarik dan Setor Tunai di ATM BRI dan Agen BRILink, inovasi fitur Saku Bareng dan fitur Quick Access untuk transaksi QRIS di aplikasi Bank Raya yang tersedia pada halaman login, bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan nasabah dalam pembayaran menggunakan QRIS di aplikasi Bank Raya yang tersedia pada halaman login.
Bank Raya juga semakin memperluas cakupan layanan, melalui sinergi dengan ekosistem BRI Group untuk mendorong adopsi produk perbankan digital Bank Raya ke market yang lebih luas, dengan keunggulan produk kami yang shorter, smaller, dan faster sehingga lebih mudah untuk diakses nasabah.
“Penghargaan ini akan terus memotivasi Bank Raya untuk terus bertumbuh dan memberikan yang terbaik untuk para nasabah kami. Kami juga berterima kasih kepada karyawan yang telah berkontribusi dalam inovasi dan kemajuan Bank Raya, para nasabah setia kami, dukungan BRI Group dan semua ekosistem Bank Raya yang turut berperan dalam mendukung pertumbuhan bisnis Bank Raya.” Tutup Kicky.