Bank Raya Dorong Adopsi QRIS untuk Pelaku Usaha di Indonesia, Dukung Pelaku Usaha Tingkatkan Kualitas Layanan dan Ketahanan Usaha

Berita | 2024-02-26 02:49:22
Bank Raya Dorong Adopsi QRIS untuk Pelaku Usaha di Indonesia, Dukung Pelaku Usaha Tingkatkan Kualitas Layanan dan Ketahanan Usaha


Jakarta, 26 Februari 2024 - Sejalan dengan visi  Bank Raya untuk menjadi bank digital utama yang memberikan akses terluas untuk segmen mikro dan kecil di Indonesia, Bank Raya terus mendorong adopsi penggunaan transaksi non tunai, salah satunya dengan menghadirkan berbagai inovasi produk dan layanan untuk menjadi mitra bertumbuh bagi para pelaku usaha. Setelah gencar mendorong penggunaan QRIS di masyarakat untuk pembayaran non tunai, Bank Raya juga terus mendorong adopsi QRIS bagi pelaku usaha untuk meningkatkan nilai tambah bagi pelaku usaha mikro pada para pelanggan. Para pelaku usaha dapat membuat QR Code untuk menerima pembayaran menggunakan QRIS sehingga transaksi lebih cepat dan aman, tercatat langsung di rekening, penggunaannya juga efisien karena cukup scan dan tidak perlu menyediakan uang tunai.


Bhimo Wikan Hantoro, Direktur Digital dan Operasional Bank Raya mengatakan, “Kami melihat fenomena pemanfaatan transaksi non-tunai yang semakin meningkat di masyarakat. Agar dapat terus bertahan dan meningkatkan produktivitas usaha, maka para pelaku usaha juga harus mampu meningkatkan kualitas layanannya salah satunya dengan penyediaan pembayaran non-tunai melalui QRIS. QRIS merchant dapat memberikan pelaku usaha lebih banyak pilihan dalam menerima pembayaran, termasuk dari berbagai jenis dompet digital dan aplikasi pembayaran. Kedepannya fitur QRIS merchant ini juga akan terintegrasi dengan Saku Bisnis untuk menunjang kegiatan transaksi bisnis para pelaku usaha.”


Penggunaan QRIS dapat menjembatani kebutuhan pelaku usaha dan konsumen, seperti meningkatkan efisiensi dan keamanan transaksi dengan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembayaran dan menghilangkan kebutuhan akan uang tunai, yang seringkali memerlukan penghitungan dan penanganan yang rumit.

 

QRIS merchant Bank Raya dapat digunakan untuk seluruh kategori pelaku usaha sesuai dengan kriteria UMI (Usaha Mikro), UKE (Usaha Kecil), UME (Usaha Menengah), UBE (Usaha Besar), baik perorangan atau individu maupun korporasi. Per November 2023 transaksi pembayaran melalui Aplikasi Raya menggunakan QRIS meningkat sebesar 5 kali lipat (yoy).


Penggunaan QRIS merchant bagi pelaku usaha juga dapat membangun credit profile dengan mudah yang tercatat langsung oleh Bank Indonesia yang berguna untuk kemudahan mendapatkan pinjaman.

 

Pelaku usaha dapat membuat QRIS dengan cara sebagai berikut:

1. Pelaku usaha dapat mendaftarkan diri ke  kantor cabang atau community branch Bank Raya terdekat.

2. Bank Raya akan melakukan verifikasi atas isi dari form pendaftaran yang sudah dilengkapi.

3. Jika data tidak lengkap atau masih terdapat kesalahan pengisian, Pelaku usaha diminta untuk mengisi form pendaftaran kembali

4. Setelah data diterima oleh Pihak Bank Raya maka selanjutnya petugas Bank Raya dapat login ke Web Admin QRIS merchant Bank Raya dan melakukan pembuatan QRIS sesuai petunjuk yang tersedia.

5. Selanjutnya, jika langkah-langkah tersebut sudah berhasil, Bank Raya akan mengirimkan user & password kepada pelaku usaha melalui email sesuai dengan email yang didaftarkan.

 

“Kami terus mendorong upaya-upaya untuk mendigitalisasi pelaku usaha dengan fitur-fitur non tunai, seperti QRIS, yang dapat meningkatkan inklusi keuangan bagi pelaku usaha. Kedepannya, untuk mendorong dan menumbuhkan bisnis para pelaku usaha mikro, Bank Raya akan menghadirkan berbagai promo dan kemudahan yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha.” Tutup Bhimo.

Productivity,Bank Digital,BRI Group,Bank Raya,BankDigitalPilihanmu
Bagikan: