34 Tahun Berkarya, Bank Raya Perkuat Fundamental Bisnis Digital dan Dukungan untuk Pertumbuhan Pelaku Usaha dan Community

Berita | 2023-10-02 06:41:57
34 Tahun Berkarya, Bank Raya Perkuat Fundamental Bisnis Digital dan Dukungan untuk Pertumbuhan Pelaku Usaha dan Community

Jakarta, 29 September 2023 - Memasuki usia ke 34, Bank Raya, bank digital bagian dari BRI Group, mengumumkan komitmen untuk perkuat fundamental bisnis digital untuk bertumbuh secara berkelanjutan. Untuk memperkuat fundamental bisnis digital, Bank Raya akan memfokuskan pada sejumlah area strategis yaitu mempererat sinergi dengan ekosistem BRI Group untuk mendukung kepemimpinan bisnis BRI, memperkuat produk dan layanan perbankan digital agar siap berkolaborasi dengan pelaku usaha dan komunitas untuk mendukung pertumbuhan bisnis digital, serta inovasi berkelanjutan di aplikasi Raya untuk menghadirkan solusi perbankan digital end-to-end yang semakin terintegrasi.  

 

Di tahun ini, genap 2 tahun Bank Raya bertransformasi menjadi bank digital, yang ditandai oleh sejumlah pencapaian diantaranya pencapaian laba bersih sebesar Rp9,3 Miliar pada Juni 2023. Pencapaian ini didukung oleh pencapaian digital saving sampai dengan Juni 2023 yang mencapai frekuensi lebih dari 122.700 kali transaksi, dan pencapaian digital lending sebesar 23,71% (yoy) sehingga pinjaman digital Bank Raya tercatat sebesar Rp806,5 Miliar meningkat dari tahun sebelumnya yaitu Rp651,9 Miliar

 

Ida Bagus Ketut Subagia, Direktur Utama Bank Raya mengatakan, “Sebagai digital attacker dari BRI Group, prioritas kami adalah memberikan nilai tambah bagi nasabah. Bank Raya memiliki competitive advantage untuk menjangkau masyarakat Indonesia secara lebih luas melalui jaringan yang dimiliki oleh BRI. Salah satunya adalah dengan menggarap peluang pertumbuhan usaha Agen BRILink melalui produk Pinang Dana Talangan dan Pinang Performa Pro. Sehingga kedepannya nasabah dapat terus terhubung dan terdukung dengan layanan produk dan jasa perbankan yang lebih luas untuk peningkatan produktivitas dan  perluasan usahanya.”

 

Model bisnis pinjaman digital Bank Raya adalah merangkul para pelaku usaha  dengan memberikan kemudahan akses plafond pinjaman yang lebih besar menyesuaikan dengan tingkatan keagenan/usaha mereka.  Saat ini Agen BRILink dapat mengakses pinjaman Pinang Dana Talangan hingga Rp50 juta melalui aplikasi Brilink Mobile yang dimiliki agen. Hal ini merupakan salah satu strategi untuk loyalty customer untuk mendapatkan kenaikan limit pinjaman yang dilihat dari jumlah dan volume transaksinya sebagai Agen BRILink. Lebih jauh, Agen BRILink juga dapat menikmati fasilitas pinjaman usaha produktif di Bank Raya melalui Pinang Performa Pro. Pinang Performa Pro menyasar pertumbuhan usaha yang lebih besar dengan plafon pinjaman hingga Rp500 juta. Proses pengajuan, akad kredit, dan pencairan dapat dilakukan tanpa harus ke kantor cabang, dan waktu pencairan yang cepat.

 

Sampai dengan Agustus 2023, Pinang Dana Talangan telah menjangkau lebih dari 24ribu Agen BRILink, dengan total disbursement mencapai Rp6,2 Triliun.

 

Optimalisasi Community Branch untuk lebih Siap Berkolaborasi dengan Pelaku Usaha dan Komunitas

 

Mendukung pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik di tahun 2023, Bank Raya membidik akses kolaborasi dengan pelaku usaha dan komunitas. Upaya ini diwujudkan dengan membuka sejumlah Community Branch baru di sejumlah kota salah satunya Denpasar.  Di tengah pertumbuhan ekonomi Bali dan sekitarnya yang semakin membaik Bank Raya berharap pembukaan Community Branch ini dapat membuka akses perbankan masyarakat di daerah tersebut secara lebih menyeluruh. Tentunya, hal ini memberikan peran bagi Community Branch dalam meningkatkan akuisisi community-based/supply chain lending.  Community Branch ini dapat melengkapi layanan perbankan digital Bank Raya yang saat ini sudah tersedia dalam aplikasi Bank Raya

 

Community Branch Denpasar ini diresmikan oleh Ida Bagus Ketut Subagia selaku Direktur Utama Bank Raya, Anak Agung Gede Rismawan selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Denpasar, Yan Jimmy Hendrik Simarmata selaku Deputi Direktur Pengawasan LJK2 dan Perizinan OJK Regional 8 Bali Nusra, dan Gusti Agung Diah Utari Selaku Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali serta disaksikan oleh Recky Plangiten selaku Regional CEO BRI Denpasar.

 

“Community Branch merupakan bentuk komitmen kami untuk lebih dekat dengan para nasabah.  Community Branch ini akan mengakomodasi kebutuhan finansial nasabah retail, pelaku usaha, dan juga komersial. Sedangkan, bagi nasabah retail atau individu, semua kebutuhan perbankan digital sudah tersedia secara lengkap di aplikasi Bank Raya.” Ujar Bagus.

 

Community Branch memiliki nuansa yang berbeda dengan kantor cabang konvensional pada umumnya. Community Branch menghadirkan layanan yang lebih modern. Suasana yang dibangun di Community Branch dibuat lebih casual untuk mengakomodir kebutuhan literasi dan inklusi keuangan untuk komunitas, sehingga nasabah akan merasa nyaman dari segi pelayanan agar nasabah merasakan experience yang berbeda dari bank pada umumnya. Saat ini Bank Raya memiliki 8 Kantor Cabang dan 10 Community Branch di Indonesia.

 

Investasi pada infrastruktur dan integrasi produk perbankan digital end-to-end di Aplikasi Bank Raya. 

 

Investasi pada infrastruktur dan teknologi untuk mendukung produk perbankan digital yang semakin terintegrasi di aplikasi Bank Raya terus menjadi fokus kedepannya agar dapat meningkatkan user experience pada para nasabah, serta meningkatkan efisiensi untuk bisnis berkelanjutan.

 

Genap 2 tahun bertransformasi menjadi bank digital, Bank Raya akan terus membangun bisnis dengan pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan melalui pendekatan berbasis produk dan customer experience.

 

Bagus mengatakan, “Pemanfaatan teknologi seperti artificial inteligence, natural language processing, data analytics, dan peningkatan keamanan di aplikasi melalui keamanan berlapis akan terus kami optimalkan sebagai bagian dari investasi kami untuk menghadirkan solusi inovatif perbankan digital yang aman dan terpercaya. Kami yakin, dengan mengutamakan layanan pada pelanggan, kami akan terus meningkatkan loyalitas yang berujung pada peningkatan frekuensi penggunaan aplikasi Bank Raya.”


Dalam setahun terakhir, Bank Raya telah menambah sejumlah 13 fitur baru di aplikasi Raya yang membantu lebih dari 750 ribu nasabah Bank Raya, tidak hanya sekedar menabung dan mengelola keuangan, namun juga membayar tagihan dan pembayaran transaksi sehari-hari.

Productivity,Creativity,Writing,Inspiration,Bank Digital,Bank Raya,Community
Bagikan: