Butuh Pemasukan Tambahan? 6 Side Hustle Ini Bisa Kamu Coba!

Insights | 2022-07-26 04:12:24
Butuh Pemasukan Tambahan? 6 Side Hustle Ini Bisa Kamu Coba!

Konsep side hustle atau usaha sampingan sambil bekerja full time? Mungkin ga sih? Apalagi bagi kamu yang harus hadir ngantor dari pagi dan pulang saat petang, rasanya mustahil untuk punya usaha sampingan karyawan. 


Tapi faktanya, banyak loh yang justru ber-side hustle dan menjalankan pekerjaan 9-5 secara seimbang. Penasaran gimana caranya? Mari kita kupas dulu satu per satu soal bisnis sampingan karyawan yang bisa dilakoni tanpa beban.


Apa yang Dimaksud dengan Side Hustle?

Untuk beberapa orang, hanya mengandalkan gaji dari pekerjaan full time mungkin belum cukup untuk memenuhi kebutuhan dan tanggungan yang ada. Inilah mengapa banyak dari karyawan yang memiliki pekerjaan full time kini banyak yang memiliki side hustle.


Tapi apa sih sesungguhnya side hustle itu? Simpelnya, ia adalah istilah untuk usaha sampingan karyawan selain pekerjaan utama yang bertujuan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.


Jenis usaha sampingan karyawan tentunya berbeda-beda dan sangat variatif, tapi kebanyakan memiliki sistem yang serupa, seperti tidak memiliki ikatan terhadap waktu, perusahaan lain atau aturan konvensional lainnya.


Beberapa bentuk usaha sampingan karyawan antara lain:

  • Freelancer : menawarkan jasa atau skills kepada individu/kelompok lain. 

  • Gig economy : menawarkan waktu/ tenaga. 

  • Entrepreneur : menjalankan usaha berjualan mulai dari kecil-kecilan. 


Nah, untuk jenis usahanya juga bervariatif, mulai dari berjualan online, bisnis affiliate, berjualan karya seni sendiri, menjadi sopir ojek online, membantu menjaga peliharaan dan sebagainya.


Tips Menjalankan Bisnis Sampingan untuk Karyawan

Meskipun usaha sampingan sifatnya fleksibel dan tidak mengikat, tetap ada etika alias aturan main dalam ber-side hustle. Dalam menjalankan usaha sampingan, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:


  • Tidak menjalankan bisnis sampingan dengan menggunakan aset perusahaan, termasuk waktu kerjamu saat di kantor.

  • Tidak sampai lalai memenuhi kewajiban sebagai karyawan, misalnya menjadi telat, kurang fokus, kecapekan, dan hal lainnya yang dapat memengaruhi performamu di kantor.

  • Jenis usaha sampingan tidak bersaing dengan bisnis perusahaan

  • Tinjau ulang kontrak kerja dan perhatikan poin tentang memiliki pekerjaan lain


6 Usaha Sampingan Karyawan yang Bisa Dilakukan di Rumah


Kalau sudah paham aturan main dalam menjalankan usaha sampingan karyawan, saatnya dapatkan bocoran menarik ide side hustle. Semuanya bisa dikerjakan di rumah setelah kamu pulang ngantor, plus bisa beri hasil cuan yang menarik! 


  1. Freelance Digital Skills

Semua hal-hal yang berbau digital skills, bisa kamu lakoni sebagai usaha sampingan karyawan di rumah setelah jam kerja. Sebut saja menawarkan jasa graphic design, web design, web development, dan sejenisnya. Tentunya kamu memang harus sudah punya keahlian tertentu, tapi ini semua bisa dikuasai secara otodidak, apalagi jika kamu memang hobi dan punya dasar di bidang ini. 


Skills digital seperti designer ini semua soal selera, jadi kamu bisa berkompetisi secara terbuka dan menawarkan jasamu lewat platform freelance yang ada. Awalnya mungkin kamu harus lebih giat dulu mencari posisi sebagai desainer yang punya gawe, tapi tekuni saja dan perlahan-lahan kamu bisa mengembangkan keahlian sambil mendapatkan klien tetap.

  1. Penulis

Semua butuh konten saat ini, jadi pastinya urusan tulisan juga jadi kebutuhan yang sangat dicari. Usaha sampingan karyawan ini sangat menarik dijalani, karena bayaran yang lumayan dan bisa dilakukan dimana saja. Kamu cuma butuh laptop, koneksi internet dan keahlian menulis yang bisa terus diasah dari waktu ke waktu.


Beberapa pekerjaan seperti copywriter, content writer, blogger, scriptwriter, dan sebagainya menunggu kamu yang punya keinginan belajar. 

  1. Mengajar Online & Offline

Jauh sebelum ada konsep side hustle, sudah banyak pastinya yang langsung mampir ke rumah murid untuk memberikan pelajaran les tambahan. Sejak pandemi, ada perpindahan edukasi ke ranah online yang semakin memperluas peluang usaha sampingan karyawan. 


JIka ingin usaha sampingan karyawan yang di rumah saja, kamu bisa mengajar secara remote yaitu lewat kelas online. Bidang pelajaran juga tidak harus hanya terbatas pada mata pelajaran sekolah, tetapi apapun skill yang bisa kamu bagikan, mulai dari keterampilan memasak, coding, melukis, linguistik dll. 


  1. Pembukuan & Perpajakan

Jika kamu jago dan paham perpajakan atau pembukuan, kamu bakal bisa mendapatkan klien yang nempel terus. Ini karena perusahaan atau perorangan yang sudah cocok dengan jasa pembukuan & perpajakan, jarang akan berpindah-pindah ke konsultan lain. 


Usaha sampingan ini bisa dilakukan setelah jam kantor di rumah. Klien akan mengirimkan dokumen yang harus dikerjakan secara online dan kamu hanya harus mengerjakan dengan teliti sesuai keinginan klien lalu mengembalikannya secara online juga. 

  1. Usaha komisi

Punya jiwa jualan? Saatnya kamu terapkan ke usaha sampingan, misalnya mencoba berjualan properti, asuransi, serta produk yang membawa manfaat ke orang lain. Bisnis sampingan ini bisa dilakukan secara santai, tidak terburu-buru tetapi bisa mendapatkan komisi jika terjadi closing atau penjualan. Jenis bisnis sampingan ini cocok buat kamu si social butterfly yang punya koneksi luas dan hobi networking

  1. Bisnis produk handmade

Sepulang dari kantor, kamu yang doyan menganyam, merajut, hingga melukis, semua bisa dijadikan celah cuan yang sesuai passion


Sepanjang hasil pekerjaan tanganmu ada audiens, maka kamu bisa memasarkan dengan sistem buka Pre Order. Coba deh, cari apa kreasi yang bisa kamu pasarkan, mulai dari membuat topi atau baju rajut, minuman fermentasi, bouquet bunga, membuat sabun handmade, dan banyak lagi.


Side Hustle Makin Oke Dengan Bank Raya

Menjalankan usaha sampingan karyawan memang bukan melulu soal uang, tapi tetap sudah harus ada pengelolaan finansial yang tepat. Untuk itu, Bank Raya hadir mendukung kamu-kamu yang semangat mengejar ekstra cuan sesuai panggilan jiwa dan produktivitas!


Segera download aplikasi Bank Raya yang merupakan aplikasi perbankan digital khusus untuk kebutuhan modern. Dari menabung hasil pendapatan hingga bertransaksi dengan klien, semua bisa dengan mudah dilakukan di genggaman. Tinggal tap tap, kelola uang jadi mudah banget dengan fitur-fitur gratis di Bank Raya.


Yuk, eksplor segera usaha sampingan yang bisa kamu coba agar menjadi kaya raya bareng Bank Raya!


usaha sampingan karyawan,bisnis sampingan karyawan,usaha sampingan untuk karyawan,pekerjaan sampingan untuk karyawan
Bagikan: