Apa Itu Financial Freedom dan Bagaimana Mencapainya?

Insights | 2022-06-29 10:05:01
Apa Itu Financial Freedom dan Bagaimana Mencapainya?

Sesuai artinya dalam bahasa Indonesia, financial freedom adalah kebebasan finansial. Tapi dalam praktiknya, mencapai financial freedom tentu tidak semudah hanya mengerti definisinya. Untuk pembahasan apa itu financial freedom berikut tips financial freedom yang wajib dicoba, semuanya siap dikupas tuntas berikut!

Apa itu Financial Freedom?


Sesungguhnya arti financial freedom itu berbeda-beda bagi setiap individu. Mungkin bagi banyak orang, konsep financial freedom adalah kamu di posisi dimana tidak perlu lagi bekerja gara-gara alasan uang. Bagi yang lain, financial freedom merupakan satu angka keramat yang harus dicapai supaya bisa hidup foya-foya tanpa berpikir dua kali.


Sejatinya, financial freedom adalah kondisi dimana seseorang telah memiliki tabungan, investasi, dan uang tunai cukup untuk menjalani lifestyle yang diinginkan untuk dirinya dan keluarga. Financial freedom juga bisa disebut sebagai jumlah keuangan ideal sehingga seseorang bisa pensiun dan mengejar cita-cita, karir atau apapun yang diinginkan tanpa terikat pada beban-beban keuangan berjalan. 


Jadi apa itu financial freedom? Secara umum sudah dijelaskan diatas, tapi secara spesifik makna apa itu financial freedom boleh dikembalikan lagi ke definisi sesuai cita-cita masing-masing yah. 


Gimana Sih Cara Mencapai Financial Freedom?


Para prinsipnya, hanya ada 2 konsep financial freedom secara garis besar:

  • Mengurangi pengeluaran


Yang ini sudah cukup jelas, karena memang mengurangi pengeluaran adalah komponen kunci untuk mengumpulkan kekayaan. Dalam prakteknya, ada berbagai teknik mengurangi biaya, misalnya lewat prinsip-prinsip akuntansi dan budgeting


  • Mencari uang/pendapatan


Ada 2 cara mencari uang, yaitu bekerja atau memulai usaha. Cara ketiga yang populer juga melalui investasi, tapi pastinya kamu harus terlebih dahulu punya modal investasi. 


Hanya dengan 2 rumus diatas, maka financial freedom bisa dicapai. Tapi ga semudah itu juga loh, karena dalam mencapai financial freedom dibutuhkan banyak sekali perjuangan. Ga usah khawatir, yuk kita simak 12 tips financial freedom lewat pengembangan kebiasaan financial yang sehat untuk menuju financial freedom

8 Tips Financial Freedom : Ini Kebiasaan Keuangan Sehat Menuju Kebebasanmu!


  1. Tentukan gol pribadimu


Impian financial freedom akan lebih mudah jadi realistis jika kamu sudah menentukan secara spesifik. Biar ga cuma angan-angan, coba deh tentukan apa itu financial freedom sesuai keinginanmu. Tuliskan secara detail 3 poin penting ini:

  • Lifestyle yang ingin kamu capai

  • Jumlah uang di rekening bank biar lifestyle tersebut bisa terwujud

  • Usia atau deadline mencapai jumlah uang tersebut


Lalu hitung mundur dari usiamu, kira-kira berapa banyak waktu mencapai financial freedom versimu? Lalu dari pembagian nominal dan waktu, kamu bisa punya gambaran jelas angka yang dibutuhkan sebagai dasar pencatatan. 



  1. Buat budget bulanan


Ga sekadar dibuat, biar bisa mencapai financial freedom, budget juga harus ditaati dan terus dievaluasi secara berkala. Membentuk rutinitas pencatatan budget bulanan adalah strategi nyata yang mungkin terkesan monoton tapi penting dilakukan. 


  1. Bayar utang dan tunggakan


Punya utang kartu kredit atau tunggakan berbunga tinggi? Segera lunasi agar tidak jadi beban yang kian menggunung. Jika tidak bisa diselesaikan segera, cari strategi membayar dalam waktu sesingkat-singkatnya. 


  1. Otomatisasikan tabungan


Gunakan mindset “prioritaskan diri sendiri dulu”, tips financial freedom yang satu ini mengajakmu untuk menabung secara otomatis setiap bulan tanpa harus menunggu ada sisa untuk disisihkan. Idealnya, pada saat gajian kamu sudah debit otomatis (auto debet) ke tabungan yang tidak bisa diakses dengan mudah, misalnya investasi reksadana atau tabungan tanpa kartu ATM. 

  1. Investasi


Seperti semua tips financial freedom, ingat untuk investasi dengan jelas. Jika tidak bisa langsung investasi jumlah besar, maka lakukan dalam jumlah semampumu. Dan walaupun jumlah investasi kecil, kuncinya adalah konsisten dan pastinya sudah paham benar cara kerja investasi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK. 


  1. Pintar nego


Bukan hanya nego dengan penjual barang dan jasa, tapi juga tau cara nego dalam arti mencari harga terbaik saat harus bertransaksi. Sebelum langsung membeli sebuah benda atau jasa, coba deh keliling dan cari tahu harga terbaik. Tips financial freedom ini simpel, tapi efektif loh!

  1. Edukasi diri 


Bagian penting dari menuju financial freedom adalah kemauan untuk terus belajar dan melatih kesabaran, konsistensi dan sebagainya. Jangan berhenti mencari tau apa itu financial freedom dari berbagai sumber supaya kamu terus bisa memperbarui wawasan. Edukasi diri juga cara untuk memperkaya keahlian, misalnya mengasah hobi atau belajar hal baru untuk menambah penghasilan. 


  1. Tidak bersifat konsumtif


Belanja dan menyenangkan diri itu sah-sah banget, tapi harus tahu batas jika ingin menuju financial freedom. Kamu boleh coba menggunakan rumus 50-30-20 yaitu 50% dari pendapatan untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan dan 20% untuk investasi, tabungan dan membayar hutang. Semakin kamu bisa berhemat dan tidak over konsumtif, maka financial freedom adalah impian yang ga muluk-muluk sama sekali.


Yuk, Beralih ke Tabungan Digital untuk Capai Financial Freedom!


Setelah tahu apa itu financial freedom, saatnya mulai eksekusi tips yang telah dijelaskan di atas. Jadikan langkah-langkah menuju financial freedom praktis, mudah dan menyenangkan dengan kemudahan perbankan digital yang sudah tersedia di Bank Raya.


Cukup buka tabungan online dan kamu bisa bertransaksi menabung dengan mudah dan cepat. Karena sifatnya digital, tentunya semua biaya jadi ekstra hemat tanpa buang waktu harus validasi atau verifikasi tabungan cara konvensional. Suku bunga Bank Raya juga kompetitif dan punya banyak fitur asyik untuk membantumu lebih mudah menabung dan mewujudkan financial freedom.


Nabung aman dan tenang serta asyik, di Bank Raya aja! Download sekarang semua kemudahan perbankan digital zaman now di genggaman. 


apa itu financial freedom,financial freedom adalah,tips financial freedom
Bagikan: