10 Pekerjaan Freelancer yang Cocok Ditekuni Mahasiswa

Insights | 2022-07-26 07:44:53
10 Pekerjaan Freelancer yang Cocok Ditekuni Mahasiswa

Memulai usaha dan karier bisa dimulai saat kamu masih berada di bangku kuliah. Kamu bisa mencari pekerjaan freelancer untuk mahasiswa yang cocok dengan kemampuan dan waktu kosongmu sehingga bisa memperoleh berbagai keuntungan dari kegiatan tersebut.

Ketika akhirnya memutuskan untuk menjadi freelancer dengan status mahasiswa, artinya kamu bisa menghasilkan uang sendiri yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Memilih untuk menjalani pekerjaan freelancer untuk pelajar juga bisa memperluas jaringanmu dan mengembangkan portofolio yang nantinya bisa sangat berguna sebagai pengalaman kerja setelah lulus kuliah.

Kamu mungkin masih bingung pekerjaan freelancer apa yang cocok untuk kamu jalani. Sebelum memulainya, sedikit tips untuk mendapatkan bidang pekerjaan freelancer yang paling cocok untuk statusmu sebagai mahasiswa:

  • Sesuaikan dengan Jurusan Kuliah

Sebenarnya yang paling mudah, kamu cukup menyesuaikan bidang pekerjaan freelancer-mu dengan jurusan kuliah yang lagi kamu jalani. Sebagai contoh, ketika kamu mengambil jurusan multimedia, kamu bisa memilih pekerjaan freelancer online di bidang desain grafis ataupun penulisan. Sementara ketika kamu berada di jurusan keilmuan atau pendidikan, tidak ada salahnya mengasah adrenalin dengan menjadi guru privat atau bimbingan belajar sesuai dengan jurusan keilmuanmu.

  • Cari Bidang yang Fleksibel

Bagaimanapun kamu masih berstatus pelajar, pilihlah pekerjaan freelancer mahasiswa yang tidak mengganggu kegiatan utamanya. Hindari memilih bidang pekerjaan freelancer yang terlalu mengikat dan menghabiskan waktu. Sebagai gantinya, pilih bidang pekerjaan freelancer yang fleksibel sehingga bisa dikerjakan kapan saja di sela waktu kosongmu sebagai mahasiswa.

  • Terapkan Rate

Walaupun pekerjaan freelancer yang kamu jalani adalah sampingan, tapi tetap saja kamu mengharapkan sejumlah uang dari kegiatan itu, bukan? Uang-uang tersebut bisa untuk tabungan, biaya keperluan kuliah, sampai bekal uang hangout bersama teman-teman. 

Tidak ada salahnya mulai mengulik bidang-bidang pekerjaan freelancer apa saja yang memiliki rate/bayaran cukup manusiawi dan menjanjikan. Tidak jarang bidang pekerjaan freelancer online lebih dipilih karena dianggap tidak memiliki biaya tambahan untuk ongkos sehingga seluruh uang bayaran bisa lebih dialokasikan untuk keperluan lain.

Jenis-jenis Pekerjaan Freelance untuk Pelajar


Jadi, bidang-bidang pekerjaan freelancer apa saja yang cocok bagi kamu yang berstatus pelajar? Berikut ini beberapa inspirasi pekerjaan freelancer untuk mahasiswa yang sangat bisa untuk kamu ikuti.

  1. Penulis

Menjadi penulis freelancer bisa menjadi salah satu pilihan yang sangat menyenangkan dan menjanjikan. Bidang pekerjaan freelance ini sangat fleksibel sehingga kamu bisa mengerjakannya dari mana saja di waktu longgar. Saat ini juga sudah cukup banyak platform-platform penyedia layanan pencarian pekerjaan yang menawarkan pekerjaan freelancer online sebagai penulis dengan bayaran yang cukup menjanjikan.

  1. Guru Bimbel

Bidang pekerjaan freelance yang satu ini cocok banget buat kamu yang kuliah di bidang pendidikan yang spesifik. Tidak ada salahnya mengasah kemampuan keilmuanmu dan cara mengajar dengan terlebih dahulu mengajar di tempat bimbingan belajar. Rata-rata tempat bimbingan belajar menerapkan waktu belajar di sore hari sehingga dapat kamu jalani selepas pulang kuliah.

  1. Desainer Grafis

Punya kemampuan menggambar atau mendesain? Jangan sia-siakan kemampuan tersebut dan cobalah untuk mencari lowongan pekerjaan freelancer di bidang desainer grafis. Dengan marak dan animo tinggi penggunaan media sosial, desain grafis menjadi sesuatu yang sangat berharga dan bisa kamu “masuki”untuk menghasilkan uang lewat desain-desain yang mengalir dari kreativitasmu.

  1. Tour Guide

Pekerjaan freelancer untuk mahasiswa yang satu ini cocok banget buat kamu yang punya hobi jalan-jalan dan memiliki kemampuan komunikasi dan wawasan yang luar. Kamu tidak hanya bisa mendapat uang dari pekerjaan sebagai tour guide freelance, melainkan juga dapat memperoleh jalan-jalan gratis ke berbagai tempat wisata. Siapa yang tidak tertarik, coba?

  1. Web Developer

Pasar kebutuhan terkait pengembangan situs online sangat besar. Kamu bisa belajar menjadi web developer untuk ikut menerima pesanan pengembangan-pengembangan situs online tersebut. Pekerjaan freelancer online yang satu ini kebanyakan memiliki bayaran yang sangat menggiurkan, loh.

  1. Penerjemah

Kamu anak jurusan bahasa asing? Salah satu pekerjaan freelance yang pas banget untuk dijalani adalah menjadi penerjemah. Bayaran untuk penerjemah ataupun translator tidak main-main untuk menambah digit tabunganmu! 

  1. Voice Over Talent

Salah satu pekerjaan freelancer yang cukup populer belakangan ini adalah menjadi voice over (VO) talent. Ini merupakan pekerjaan di mana kamu cukup membaca naskah untuk menyampaikan pesan dari sebuah produk. Kalau kamu merasa punya timbre suara yang bagus, pekerjaan menjadi VO talent ini menjanjikan banget.

  1.  Influencer

Influencer juga termasuk bidang pekerjaan freelance. Bidang pekerjaan freelancer ini cocok buat kamu yang aktif di media sosial dan memiliki banyak pengikut. Kamu bisa menyampaikan pikiranmu untuk diikuti oleh para pengikut. Tidak jarang jika pengikut media sosialmu cukup banyak, kamu akan memperoleh banyak tawaran endorse dengan bayaran yang nominalnya bisa membuatmu semringah lebar.

  1. Makeup Artist

Jangan sia-siakan kemampuanmu dalam merias wajar. Buat yang senang merias wajah alias make-up, tidak ada salahnya mencoba menjadi makeup artist (MUA). Kamu bisa memulai pekerjaan freelance untuk mahasiswa ini dengan menawari teman-temanmu untuk didandani guna keperluan wisuda ataupun acara pesta. 

  1.  Fotografer

Semua orang bisa memotret, tapi belum tentu hasilnya memuaskan. Karena alasan inilah, pekerjaan sebagai fotografer terus dicari dari dulu dan sekarang. Enaknya jika kamu memiliki skill foto yang baik apalagi mempunya modal kamera, menjalani kehidupan sebagai fotografer online dengan status mahasiswa sangat mungkin untuk dijalani.

***

Untuk mempermudah pembayaran maupun penyimpanan bayaran dari pekerjaan freelancer yang kamu jalani, jangan lupa menggunakan Bank Raya. Bank digital yang satu ini sangat cocok digunakan bagi kamu para pelaku gig economy dan akan sangat memudahkan tiap transaksi harianmu. Selain mudah dan praktis digunakan, Bank Raya juga menawarkan biaya transfer & admin gratis!

Yang tidak kalah penting, Bank Raya juga memiliki suku bunga tabungan yang tinggi dibandingkan bank-bank lainnya. Ditambah lagi tersedia fitur Saku di mana kamu bisa membuat beberapa akun rekening dalam satu aplikasi sehingga memudahkanmu untuk membagi alokasi keuangan dari penghasilanmu dari pekerjaan freelancer yang didapatkan. Tunggu apa lagi? Mari menjadi bagian dari sobat raya sekarang juga!


pekerjaan freelancer,pekerjaan freelancer online,freelance untuk pelajar,freelance untuk mahasiswa
Bagikan: