Pemberitahuan Privasi
PT Bank Raya Indonesia Tbk
(Bank Raya)
(Pemberitahuan Privasi ini berlaku sejak 01 Desember 2025)
Pendahuluan
PT Bank Raya Indonesia Tbk (”Bank Raya” atau ”Kami”) sepenuhnya menyadari akan pentingnya perlindungan data pribadi. Kami berkomitmen untuk melindungi dan menjaga informasi/data dalam rangkaian pemrosesan data pribadi yang berkaitan dengan orang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau non-elektronik. Hal ini telah diatur berdasarkan ketentuan pada Undang – Undang Nomor 27 tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi (”UU PDP”).
Pemberitahuan privasi ini memberikan informasi mengenai standar yang diterapkan oleh Bank Raya dalam melakukan pemrosesan atas data pribadi anda meliputi pemerolehan dan pengumpulan; pengolahan dan penganalisisan; penyimpanan, perbaikan dan pembaharuan; penampilan, pengumuman, transfer, penyebarluasan, atau pengungkapan; dan/atau penghapusan atau pemusnahan. Pemberitahuan privasi ini berlaku untuk setiap pemrosesan data pribadi dan sehubungan dengan produk, jasa, layanan, aplikasi, situs web, dan platform. Kami kecuali terdapat Pemberitahuan Privasi terpisah, antara lain:
a. Jasa perbankan, meliputi Simpanan, Pinjaman, dan Layanan Perbankan lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada produk di Raya Apps, dan lain-lainnya.
b. Situs web, fitur, aplikasi, media sosial, atau bentuk media komunikasi lainnya yang disediakan atau digunakan oleh Bank Raya.
(selanjutnya disebut “Layanan”)
Pemberitahuan Privasi ini berlaku untuk Anda, yang termasuk dalam:
a. Setiap individu yang berinteraksi dengan Kami atau yang berwenang untuk berinteraksi dengan Kami dalam penggunaan produk dan layanan Kami;
b. Siapapun yang menggunakan layanan perbankan atau berinteraksi dengan kami (misalnya: wali, pengacara berdasarkan Surat Kuasa, pihak yang menandatangani perjanjian dengan Kami); atau
c. Pihak yang terkait dengan penggunaan Produk dan Layanan kami.
(selanjutnya disebut “Anda”)
Mohon untuk membaca Pemberitahuan Privasi ini dengan seksama untuk memastikan bahwa Anda memahami bagaimana Kami melakukan pemrosesan Data Pribadi Anda. Kami berkomitmen untuk selalu meningkatkan produk dan layanan Kami kepada Anda dan senantiasa meningkatkan kemampuan Kami untuk melindungi privasi dan keamanan Data Pribadi Anda.
I. Data Pribadi yang Diperoleh dan Dikumpulkan
Kami dapat mengumpulkan informasi yang mengidentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik dan/atau non-elektronik (“Data Pribadi"). Selain itu, Kami dapat mengumpulkan Data Pribadi Anda dalam berbagai macam bentuk dan tujuan termasuk tujuan yang diizinkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Data yang kami kumpulkan akan tergantung pada jenis produk maupun layanan yang Anda gunakan. Kami dapat mengumpulkan Data Pribadi Anda antara lain melalui:
A. Data yang dikumpulkan dari Anda secara langsung:
1. Ketika Anda mengajukan pendaftaran layanan melalui formulir fisik, formulir yang tersedia di situs/aplikasi/platform Kami, kunjungan ke unit kerja operasional Kami dan melalui bentuk permohonan Kami ke Anda lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada:
1) Informasi personal, contoh: nama lengkap, tempat dan/atau tanggal lahir, nama gadis ibu kandung, agama, kewarganegaraan, pendidikan, status perkawinan dan jenis kelamin.
2) Informasi kontak, contoh: alamat domisili/korespondensi, alamat email, nomor telepon seluler, nomor telepon rumah, informasi kontak darurat dan akun media sosial.
3) Informasi terkait identitas, contoh: salinan kartu identitas (Kartu Tanda Penduduk/Paspor) dan nomor kartu identitas.
4) Informasi terkait pekerjaan, contoh: pekerjaan, jabatan, alamat kantor, dan nomor telepon kantor.
5) Informasi keuangan, contoh: penghasilan, transaksi normal harian dan informasi terkait perpajakan.
6) Informasi kredensial, contoh: username dan password layanan Raya Apps dan layanan online lainnya.
7) Informasi biometrik, contoh: Sidik jari atau gambar wajah yang dikumpulkan untuk tujuan identifikasi dan verifikasi.
8) Informasi-informasi lain yang diwajibkan/dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan dalam memberikan layanan.
2. Ketika Anda mengikuti program survey Kami, contoh informasi atau opini yang Anda berikan terkait keikutsertaan Anda dalam program survey Kami.
3. Informasi lain yang Anda berikan kepada Kami ketika Anda mengisi formulir atau dalam berkomunikasi dengan Kami, baik melalui tatap muka, telepon, email, online, media sosial dan media lainnya.
B. Data yang secara otomatis dikumpulkan dari perangkat Anda saat menggunakan Layanan (Situs, Aplikasi, dan Platform) Kami:
1. Informasi terkait dengan perangkat Anda, termasuk namun tidak terbatas pada alamat Internet Protokol (IP Address), spesifikasi teknis, dan data pengidentifikasi secara unik (uniquely identifying data) lainnya.
2. Informasi mengenai lokasi Anda atau mobile positioning.
C. Data yang dikumpulkan atau disediakan terkait Penggunaan Layanan Kami:
1. Informasi Finansial dan Informasi terkait Hubungan Anda dengan Kami, termasuk namun tidak terbatas pada: Informasi Saldo Anda, informasi produk dan layanan yang Anda gunakan, riwayat pinjaman Anda, riwayat pembayaran (payment history), riwayat transaksi, perilaku transaksi (transactional behaviour) dan informasi terkait proses penyelesaian pengaduan dan sengketa.
2. Informasi yang kami gunakan untuk mengidentifikasi Anda, termasuk namun tidak terbatas pada: tanda tangan, nomor rekening, No. CIF (Customer Identification File), dan informasi tambahan yang kami terima dari sumber eksternal yang kami perlukan untuk tujuan identifikasi atau kepatuhan terhadap regulasi.
3. Catatan atau riwayat korespondensi serta komunikasi Anda dengan Kami melalui Agen Sapa Raya (Contact Center, WhatsApp, Email, Telegram, Direct Message Instagram, maupun formulir kontak di website Bank Raya), termasuk namun tidak terbatas pada rekaman percakapan suara, histori percakapan tertulis, serta bentuk interaksi lainnya antara Anda dan Kami.
4. Informasi terkait hasil verifikasi data atau informasi Anda dalam penerapan pencegahan fraud, informasi dalam rangka pelaksanaan anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme, dan rangkaian tindakan pengelolaan risiko Kami.
5. Informasi terkait analisis dan pemeringkatan risiko kredit (credit risk rating).
6. Informasi berupa gambar Anda yang diambil oleh Kami melalui rekaman CCTV saat Anda berada di lokasi Kami atau melalui foto atau video yang diambil oleh Kami atau perwakilan Kami saat Anda menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Kami.
7. Informasi lain terkait pertukaran informasi yang dilakukan untuk mendukung kewajiban hukum Kami.
D. Data yang dikumpulkan dari Pihak Ketiga:
Kami dapat mengumpulkan Data Pribadi Anda dari entitas BRI Group lainnya, pihak ketiga yang bekerja sama dengan Kami atau diperbolehkan oleh peraturan perundang undangan. Pihak ketiga yang Kami maksud seperti regulator, vendor, biro kredit lembaga pengelola informasi perkreditan, agent/mitra, rekanan dan pihak lainnya yang memberikan layanan kepada Kami atau melakukan pemrosesan data atas instruksi Kami.
1. Informasi yang Anda minta untuk Kami kumpulkan, antara lain: informasi tentang akun Anda di bank atau perusahaan lain termasuk riwayat transaksi Anda.
2. Informasi yang tersedia pada sumber yang disediakan oleh instansi/lembaga pemerintah, antara lain: Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), Informasi kependudukan (DUKCAPIL), dan informasi terkait badan hukum yang tersedia di Kemenkumham.
3. Informasi yang disediakan oleh penyedia jasa pihak ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada: informasi sebagai dasar Kami melakukan atau mencegah atau menanggulangi fraud, informasi dalam rangka pelaksanaan anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme, customer due diligence atau verifikasi informasi yang Anda berikan ke Kami, dan informasi lain yang Kami perlukan untuk menyediakan Layanan Kami kepada Anda.
4. Informasi Pribadi Anda yang Kami peroleh untuk melaksanakan atau mendukung program kerja pemerintah atau instansi terkait misalnya penyaluran dana bantuan sosial.
5. Informasi Pribadi Anda dalam rangka pelaksanaan program referral untuk pemberian produk atau layanan Kami.
6. Informasi Pribadi Anda untuk pendaftaran layanan/produk Kami yang diinisiasi oleh pemberi kerja Anda dalam hal/ketika/apabila pemberi kerja Anda mendaftarkan Anda untuk mendapatkan layanan/produk Kami.
E. Informasi tentang pihak lain yang Anda berikan kepada kami:
Anda dapat memberikan kepada Kami Data Pribadi pihak ketiga lainnya termasuk namun tidak terbatas pada pasangan Anda, anggota keluarga, teman, pekerja atau individu lain. Dalam hal tersebut, Anda bertanggung jawab dan menjamin kepada Kami bahwa Anda telah memperoleh dokumentasi atas persetujuan pengumpulan, penggunaan, pengungkapan dan pemrosesan data lainnya atas Data Pribadinya oleh Kami dari individu tersebut. Dalam keadaan tertentu, Kami mengumpulkan data pribadi anak dan data pribadi penyandang disabilitas dimana memerlukan persetujuan orang tua atau wali sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
II. Dasar dan Tujuan Pemrosesan Data Pribadi
A. Dasar Pemrosesan Data Pribadi
Bank Raya melakukan pemrosesan Data Pribadi yang diperoleh maupun dikumpulkan oleh Bank Raya atas dasar pemrosesan sebagai berikut:
1. Persetujuan yang sah (Consent)
Bank Raya dapat melakukan pemrosesan atas Data Pribadi Anda berdasarkan persetujuan yang telah Anda berikan kepada Bank Raya
2. Pemenuhan Kewajiban Perjanjian (Contractual Obligation)
Bank Raya dapat melakukan pemrosesan atas Data Pribadi Anda untuk memenuhi perjanjian antara Anda dengan Bank Raya atau untuk memenuhi permintaan Anda
3. Pemenuhan Kewajiban Hukum (Legal Obligation)
Bank Raya dapat melakukan pemrosesan atas Data Pribadi atas Data Pribadi Anda berdasarkan kewajiban hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku
4. Kepentingan Vital (Vital Interest)
Bank Raya dapat melakukan pemrosesan atas Data Pribadi Anda untuk melindungi kepentingan vital Anda selaku subjek Data Pribadi.
5. Kepentingan Umum (Public Interest)
Bank Raya dapat melakukan pemrosesan Data Pribadi Anda untuk memenuhi kepentingan umum, pelayanan publik, atau pelaksanaan kewenangan Bank Raya berdasarkan peraturan perundang – undangan
6. Pemenuhan Kepentingan yang Sah Lainnya (Legitimate Interest)
Bank Raya dapat melakukan pemrosesan atas Data Pribadi Anda untuk memenuhi kepentingan yang sah lainnya dengan memperhatikan tujuan, kebutuhan, dan keseimbangan kepentingan antara Bank Raya dengan hak Anda selaku subjek Data Pribadi
B. Tujuan Pemrosesan Data Pribadi
Dalam melakukan Pemrosesan data pribadi Anda, Bank Raya memiliki tujuan sebagai berikut:
No | Tujuan Pemrosesan Data Pribadi | Deskripsi | Dasar Pemrosesan Data Pribadi |
1 | Penyediaan produk dan/atau jasa perbankan | Menyediakan produk dan/atau jasa perbankan Bank Raya bagi Anda; memberikan personalisasi produk dan/atau jasa perbankan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. | ● Pemenuhan kewajiban perjanjian (Contractual Obligation), ● Pemenuhan kepentingan yang sah (Legitimate Interest) |
2 | Proses transaksi perbankan | Menjalankan transaksi perbankan yang anda intruksikan kepada Bank Raya, seperti transfer dana, pembayaran | ● Pemenuhan kewajiban perjanjian (Contractual Obligation) |
3 | Complaint Handling | Menindaklanjuti setiap keluhan atas produk dan/atau jasa perbankan Bank Raya; menyelesaikan permasalahan terkait akses Anda terhadap produk/jasa. | ● Pemenuhan kewajiban perjanjian (Contractual Obligation) ● Pemenuhan kewajiban hukum (Legal Obligation) ● Pemenuhan kepentingan yang sah (Legitimate Interest) |
4 | Keamanan | Menjaga keamanan community branch, maupun fasilitas Bank Raya melalui alat pemantau seperti CCTV. | ● Pemenuhan kepentingan yang sah (Legitimate Interest) |
5 | Kepatuhan terhadap ketentuan hukum yang berlaku | menjalankan prinsip Customer Due Diligence (CDD); pelaporan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT); kepatuhan hukum lainnya. | ● Pemenuhan kewajiban hukum (Legal Obligation) |
6 | Monitoring dan Audit | Melakukan monitoring atas penyediaan dan penggunaan produk/layanan; audit berkala oleh auditor internal/eksternal. | ● Pemenuhan kewajiban hukum (Legal Obligation) ● Pemenuhan kepentingan yang sah (Legitimate Interest) |
7 | Survei dan Riset | Evaluasi, peningkatan, dan pembaruan produk/layanan perbankan Bank Raya. | ● Pemenuhan kepentingan yang sah (Legitimate Interest) |
8 | Marketing dan Campaign | Penawaran promosi/iklan produk Bank Raya atau mitra; program loyalitas (gift, undian, dsb). | ● Persetujuan (Consent) |
9 | Kerjasama | Untuk pelaksanaan kerja sama antara nasabah dengan Bank Raya. | ● Pemenuhan kewajiban perjanjian (Contractual Obligation) ● Persetujuan (Consent) ● Pemenuhan kepentingan yang sah (Legitimate Interest) |
III. Bagaimana Bank Raya Memperoleh dan Mengumpulkan Data Pribadi
Bank Raya memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi Anda melalui berbagai cara dan aktivitas, baik secara langsung maupun tidak langsung, antara lain melalui:
A. Pada saat Anda mengajukan pembukaan rekening digital, pengajuan pinjaman, atau permohonan layanan keuangan lainnya yang disediakan oleh Bank Raya, baik melalui Raya Apps, website resmi, maupun saluran digital lainnya;
B. Pada saat Anda mendaftar sebagai mitra bisnis, merchant, atau pelaku usaha UMKM yang menggunakan layanan pembiayaan atau fitur usaha lainnya dari Bank Raya;
C. Pada saat Anda melakukan pengkinian data atau pembaruan informasi melalui aplikasi Bank Raya atau community branch;
D. Pada saat Anda melakukan transaksi keuangan melalui aplikasi Bank Raya, seperti transfer, pembayaran, top-up, atau transaksi pembiayaan digital;
E. Saat Anda berinteraksi dengan Customer Care, baik melalui Agen Sapa Raya, live chat, email, media sosial resmi, atau kanal komunikasi digital lainnya, termasuk saat menyampaikan keluhan, pertanyaan, atau masukan
F. Saat Anda dan/atau perwakilan resmi Anda menggunakan layanan digital atau fisik yang terhubung dengan Bank Raya, termasuk layanan kolaboratif dengan mitra ekosistem Bank Raya;
G. Melalui aplikasi, platform digital, dan media sosial resmi Bank Raya yang Anda akses atau gunakan;
H. Dari perangkat atau browser yang Anda gunakan saat mengakses layanan Bank Raya, termasuk data teknis seperti alamat IP, jenis perangkat, sistem operasi, lokasi, dan cookies;
I. Ketika anda mengunjungi lokasi fisik yang berafiliasi dengan Bank Raya seperti kantor pusat maupun community branch;
J. Melalui penggunaan perangkat perekam visual seperti CCTV yang terdapat di lokasi fisik yang terafiliasi dengan Bank Raya; dan/atau
K. Dari pihak ketiga yang menjadi mitra atau afiliasi Bank Raya, yang secara sah berbagi Data Pribadi Anda kepada Bank Raya berdasarkan perjanjian atau ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
IV. Hak Subjek Data Pribadi
A. Anda mungkin memiliki beberapa hak-hak tertentu terhadap Data Pribadi yang berada dalam penguasaan atau kendali Kami berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sebagai berikut:
1. Hak atas informasi
Subjek Data Pribadi berhak mendapatkan Informasi tentang kejelasan identitas, dasar kepentingan hukum, tujuan permintaan, dan penggunaan Data Pribadi, dan akuntabilitas pihak yang meminta Data Pribadi (Pasal 5)
2. Hak atas pembaruan/koreksi
Subjek Data Pribadi berhak melengkapi, memperbaharui, dan/atau memperbaiki kesalahan dan/atau ketidakakuratan Data Pribadi tentang dirinya sesuai dengan tujuan pemrosesan Data Pribadi (Pasal 6)
3. Hak mengakses data dan memperoleh salinan Data Pribadi
Subjek Data Pribadi berhak mendapatkan akses dan memperoleh salinan Data Pribadi tentang dirinya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan (Pasal 7).
4. Hak mengakhiri pemrosesan, menghapus, memusnahkan data
Subjek Data Pribadi berhak untuk mengakhiri pemrosesan, menghapus, dan/atau memusnahkan Data Pribadi tentang dirinya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan (Pasal 8).
5. Hak menarik persetujuan
Subjek Data Pribadi berhak menarik kembali persetujuan pemrosesan Data Pribadi tentang dirinya yang telah diberikan kepada Pengendali Data Pribadi (Pasal 9).
6. Hak mengajukan keberatan atas pemrosesan otomatis
Subjek Data Pribadi berhak untuk mengajukan keberatan atas tindakan pengambilan keputusan yang hanya didasarkan pada pemrosesan secara otomatis, termasuk pemrofilan, yang menimbulkan akibat hukum atau berdampak signifikan pada Subjek Data Pribadi (Pasal 10 ayat (1)).
7. Hak menunda atau membatasi pemrosesan data
Subjek Data Pribadi berhak menunda atau membatasi pemrosesan Data Pribadi secara proporsional sesuai dengan tujuan pemrosesan Data Pribadi (Pasal 11).
8. Hak menggugat dan menerima ganti rugi
Subjek Data Pribadi berhak menggugat dan menerima ganti rugi atas pelanggaran pemrosesan Data Pribadi tentang dirinya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan (Pasal 12).
9. Hak mendapatkan dan/atau menggunakan Data Pribadi
Subjek Data Pribadi berhak mendapatkan dan/atau menggunakan Data Pribadi tentang dirinya dari Pengendali Data Pribadi dalam bentuk yang sesuai dengan struktur dan/ atau format yang lazim digunakan atau dapat dibaca oleh sistem elektronik (Pasal 13 ayat (1)).
Sepanjang hak ini tersedia bagi Anda sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Anda dapat menghubungi Kami ke kontak yang tercantum dalam pemberitahuan Privasi ini atau melalui media yang Kami sediakan (misalnya: melalui Raya Apps Kami atau mengunjungi unit kerja operasional Kami).
B. Perlu Anda ketahui bahwa Kami berhak menolak permintaan Anda, baik sebagian atau seluruhnya, jika diizinkan atau diperlukan berdasarkan peraturan perundang- undangan yang berlaku. Hal ini termasuk dalam keadaan di mana Data Pribadi tersebut berisi Data Pribadi individu lain atau tidak memiliki kepentingan yang sah, atau dikecualikan untuk:
1. Kepentingan pertahanan dan keamanan nasional;
2. Kepentingan proses penegakan hukum;
3. Kepentingan umum dalam rangka penyelenggaraan negara;
4. Kepentingan pengawasan sektor jasa keuangan, moneter, sistem pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan yang dilakukan dalam rangka penyelenggaraan negara; atau
5. Kepentingan statistik dan penelitian ilmiah yang memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
C. Terkait dengan hak menarik persetujuan terhadap suatu aktivitas pemrosesan data pribadi, bergantung pada keadaan dan sifat dari persetujuan yang Anda tarik, Anda harus memahami dan mengakui bahwa setelah penarikan persetujuan tersebut, Anda mungkin tidak dapat menggunakan baik sebagian atau seluruh Layanan Kami.
V. Transfer atau Pengungkapan Data Pribadi
Kami dapat mengungkapkan Data Pribadi Anda dengan perusahaan lain, organisasi dan individu termasuk BRI Group (lihat daftar perusahaan BRI Group), afiliasi, regulator dan pihak lain yang bekerja sama dengan Kami berdasarkan salah satu dasar pemrosesan yang sah sesuai peraturan perundang-undangan, untuk tujuan berikut ini:
A. Untuk kepentingan audit internal dan/atau digital forensic atas tindak pidana atau pelanggaran peraturan atau kebijakan di lingkungan Bank Raya, BRI Group, dan afliasi Kami.
B. Untuk membantu mendeteksi, mencegah, dan menanggulangi penipuan, kejahatan keuangan, tindakan yang bertentangan dengan hukum, atau aktivitas membahayakan Kami dan Anda.
C. Untuk melaksanakan, melindungi, mempertahankan, atau menegakkan hak-hak BRI Group termasuk menyelenggarakan rangkaian upaya penanganan masalah tunggakan kredit kepada Anda.
D. Untuk penegakan hukum, kepentingan pengadilan, penyelesaian sengketa, badan pengawas Kami, auditor, dan pihak manapun yang ditunjuk atau diminta oleh badan pengawas Kami untuk melakukan investigasi atau audit atas kegiatan kami.
E. Untuk mematuhi atau melaksanakan ketentuan yang disyaratkan atau diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku (termasuk namun tidak terbatas pada menanggapi pertanyaan terkait regulasi, kepentingan pemeriksaan, kepentingan pelaporan, penyelidikan dan penyidikan dan persidangan dalam perkara pidana maupun kepentingan peradilan dalam perkara perceraian atau perkara perdata antara Kami dengan nasabah dan atau proses audit, mematuhi persyaratan hukum atau ketentuan pengarsipan dan pelaporan berdasarkan undang-undang), untuk tujuan yang ditentukan dalam peraturan perundang- undangan yang berlaku.
F. Untuk proses transaksi bisnis perusahaan seperti merger, akuisisi, konsolidasi, atau penjualan aset Kami, maka Data Pribadi Anda dapat diungkapkan dan dipindahkan sebagai bagian dari transaksi.
G. Untuk proses hukum antara Anda dengan Kami atau antara Anda dengan pihak lain, sehubungan dengan, atau terkait dengan Layanan Kami yang relevan untuk keperluan proses hukum tersebut.
H. Untuk memenuhi bantuan timbal balik dalam masalah pidana.
I. Untuk menanggapi permintaan informasi keuangan untuk kepentingan perpajakan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.
J. Untuk kepentingan instansi lain untuk tujuan penyelenggaraan negara di tingkat pusat dan kepentingan umum sesuai dengan tugas dan kewenangan dalam Undang-Undang.
K. Untuk Kepentingan pelaksanaan tugas di bidang moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran oleh Bank Indonesia.
L. Kepentingan pelaksanaan tugas di bidang penjaminan simpanan dan resolusi oleh Lembaga Penjamin Simpanan.
M. Alasan lainnya yang sah (legitimate interest) untuk melakukannya, misalnya, untuk mengelola risiko, mengonfirmasi identitas Anda, pencegahan fraud, efisiensi data sharing dalam satu kelompok usaha, transfer administrasi intra BRI Group, atau memfasilitasi perusahaan lain menyediakan layanan yang Anda minta.
N. Hal-hal lain yang mana telah mendapat persetujuan Anda atau berdasarkan Kuasa dari Anda.
O. BRI Group dan afiliasi Kami dapat melakukan pertukaran atau pengungkapan Data Pribadi Anda dalam BRI Group, entitas yang dikendalikan bersama, dan afiliasi. Untuk tujuan sinergi BRI Group berupa berbagi sumber daya, seperti infrastruktur dan teknologi satu sama lain untuk memberikan Anda Layanan yang terbaik dan untuk tujuan yang diterapkan dalam pemberitahuan privasi ini.
VI. Penyimpanan Data Pribadi
A. Bank Raya menyimpan Data Pribadi sebagaimana disebutkan di atas sepanjang hal tersebut dibutuhkan untuk mencapai tujuan Data Pribadi tersebut dikumpulkan, ketika Anda masih menggunakan layanan atau sepanjang penyimpanan tersebut diharuskan atau diperkenankan sesuai dengan kebijakan retensi data milik Bank Raya serta peraturan perundang – undangan yang berlaku di Republik Indonesia.
B. Kami dapat menyimpan informasi anda lebih lama jika diperlukan untuk mematuhi persyaratan perundang – undangan atau hukum, membantu mendeteksi atau mencegah penipuan dan kejahatan keuangan, menjawab permintaan dan menaati aturan dari regulator, proses penyidikan peradilan dan penegakan hukum, menyelesaikan sengketa atau permasalahan hukum dan lain – lain.
C. Dalam hal kami tidak perlu menyimpan informasi untuk jangka waktu yang lama, kami dapat memusnahkan, menghapus atau menganonimkan lebih cepat. Kami tunduk terhadap ketentuan penghapusan atau pemusnahan data pribadi sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku.
VII. Pengamanan Data Pribadi
Kerahasiaan Data Pribadi Anda adalah hal yang terpenting bagi Bank Raya. Bank Raya berkomitmen untuk memberlakukan upaya terbaiknya untuk melindungi dan mengamankan Data Pribadi Anda dari akses pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, pengungkapan, perbaikan dan penghapusan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang. Dalam hal terjadi akses dan kegiatan ilegal atas kerahasiaan Informasi Pribadi Anda yang berada di luar kendali Bank Raya, Bank Raya akan segera memberitahukan kepada Anda pada kesempatan pertama sehingga Anda dapat mengurangi resiko yang timbul atas hal tersebut. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detil Data Pribadi Anda, termasuk informasi mengenai username, password, emailmaupun OTP kepada siapapun dan untuk selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang Anda gunakan.
VIII. Perbaikan dan Pembaruan Data Pribadi Anda
Dalam hal anda menemukan kekeliruan yang ditampilkan mengenai Data Pribadi Anda dikarenakan ketidakakuratan atau diperlukan pembaruan atas Data Pribadi Anda, maka Anda dapat meminta kepada Bank Raya untuk memperbaiki, melengkapi dan/atau memperbaharui Data Pribadi Anda yang berada dalam pengelolaan Bank Raya, dengan menghubungi saluran komunikasi yang tersedia berdasarkan pemberitahuan privasi ini. Dalam hal terdapat ketidakakuratan dalam pemberian data pribadi dari subjek data, Bank Raya berhak menghentikan layanan dan/atau transaksi berdasarkan pengetahuan dan pertimbangan Bank. Kami menghimbau Anda untuk turut berperan aktif memastikan keakuratan dan pembaruan Data Pribadi anda dari waktu ke waktu.
IX. Penghapusan dan Pemusnahan Data Pribadi
Sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku atau kebijakan retensi data milik Bank Raya atau atas permintaan/permohonan Anda, Bank Raya dapat menghapus dan/atau memusnahkan Data Pribadi Anda dari sistem (right to erase) agar data tersebut tidak lagi mengidentifikasi Anda, kecuali dalam hal:
A. Apabila perlu penyimpanan Data Pribadi untuk memenuhi kewajiban hukum, keperluan pembuktian di kemudian hari, pajak, audit, dan akuntansi, Bank Raya atau sesuai jangka waktu yang disyaratkan oleh peraturan perundang – undangan yang berlaku; dan/atau
B. Data Pribadi dalam data pribadi masih berapa dalam periode retensi berdasarkan peraturan perundang – undangan yang berlaku.
X. Akses ke Data Pribadi Anda
Kami berkomitmen untuk memenuhi hak subjek Data Pribadi untuk mengakses Data Pribadi yang dikumpulkan dan diproses oleh kami. Dalam memenuhi permintaan akses ke Data Pribadi, kami dapat menolak permintaan ke Data Pribadi memenuhi salah satu atau lebih kondisi berikut ini:
A. Membahayakan keamanan atau kesehatan fisik atau kesehatan mental pemilik Data Pribadi dan/atau orang lain;
B. Berdampak pada pengungkapan data pribadi milik orang lain; dan/atau
C. Bertentangan dengan kepentingan pertahanan dan keamanan nasional
Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan permintaan akses Data Pribadi, Anda dapat menghubungi saluran komunikasi yang ditetapkan oleh Bank Raya
XI. Hubungi Kami
A. Kantor Pusat kami:
Menara BRILiaN Jl Gatot Subroto No. 117A, Kel. No. RT 009/01, Menteng Dalam, Tebet, South Jakarta City, Jakarta 12870.
B. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang Pemberitahuan Privasi ini, silahkan hubungi Sapa Raya sebagai Kanal layanan kami yang dapat diakses melalui :
● Contact Center: 1500 494
● Whatsapp: 0812 1000 0494
● Telegram: t.me/RayaDigitalSupportbot
● Instagram: @bankraya
● Email: Sapa-raya@bankraya.co.id
XII. Perubahan dan Pembaruan Terkait Kebijakan Privasi
Kami mendorong Anda untuk membaca dan memahami Pemberitahuan Privasi ini beserta seluruh ketentuannya. Dengan memberikan persetujuan, Anda mengizinkan Bank Raya untuk mengumpulkan, menggunakan, menyimpan, mengungkapkan, dan/atau memproses Data Pribadi Anda sesuai dengan Pemberitahuan Privasi ini dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Pemberitahuan Privasi ini dapat diubah atau diperbarui dari waktu ke waktu untuk menyesuaikan dengan perkembangan layanan Bank Raya, perubahan teknologi, atau pembaruan ketentuan hukum dan regulasi.
Kami menyarankan agar Anda secara berkala membaca dan memeriksa halaman ini untuk mengetahui pembaruan Pemberitahuan Privasi. Apabila terdapat perubahan atau pembaruan, Bank Raya akan memberitahukan kepada Anda melalui pemberitahuan resmi yang dipublikasikan pada situs resmi, aplikasi, platform digital, alamat emailyang terdaftar, dan/atau media komunikasi lainnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.
Ringkasan Pemberitahuan Privasi
Pendahuluan
PT Bank Raya Indonesia Tbk berkomitmen penuh untuk melindungi data pribadi sesuai Undang-Undang No. 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi. Pemberitahuan ini berlaku untuk seluruh produk, layanan, aplikasi, situs web, dan platform Bank Raya, serta mengikat setiap individu yang menggunakan atau terkait dengan layanan Bank Raya.
I. Data Pribadi yang Dikumpulkan
1. Data yang diberikan langsung oleh nasabah, seperti informasi pribadi, identitas, kontak, pekerjaan, keuangan, kredensial, dan biometrik.
2. Data yang diperoleh secara otomatis, seperti data perangkat, alamat IP, dan lokasi.
3. Data dari penggunaan layanan, meliputi informasi finansial, riwayat transaksi, hasil verifikasi, serta rekaman komunikasi dan CCTV.
4. Data dari pihak ketiga, termasuk regulator, vendor, biro kredit, dan mitra bisnis.
5. Data pihak lain yang diberikan oleh nasabah, misalnya data keluarga atau rekan kerja, dengan dasar persetujuan yang sah.
II. Dasar dan Tujuan Pemrosesan
Bank Raya memproses data berdasarkan 6 (enam) dasar hukum yaitu Persetujuan yang sah (Consent), Pemenuhan Kewajiban Perjanjian (Contractual Obligation), Pemenuhan Kewajiban Hukum (Legal Obligation), Kepentingan Vital (Vital Interest), Kepentingan Umum (Public Interest), dan Pemenuhan Kepentingan yang Sah Lainnya (Legitimate Interest).
Tujuan pemrosesan mencakup:
1. Penyediaan produk dan layanan perbankan.
2. Pemenuhan kewajiban hukum dan regulasi.
3. Penanganan keluhan nasabah.
4. Pengamanan, termasuk pemantauan melalui CCTV.
5. Kegiatan monitoring, audit, dan kepatuhan.
6. Survei, penelitian, dan pengembangan layanan.
7. Aktivitas pemasaran dan kampanye berdasarkan persetujuan.
8. Kerja sama dengan mitra bisnis dan afiliasi.
III. Cara Pengumpulan
1. Melalui pembukaan rekening, pengajuan pinjaman, atau pendaftaran layanan.
2. Dari transaksi yang dilakukan nasabah di aplikasi atau situs web Bank Raya.
3. Dari interaksi nasabah dengan layanan pelanggan.
4. Dari data perangkat, browser, cookies, dan lokasi.
5. Dari kunjungan fisik nasabah ke kantor Bank Raya (misalnya melalui rekaman CCTV).
6. Dari pihak ketiga seperti afiliasi atau mitra resmi sesuai ketentuan hukum.
IV. Hak Subjek Data
Setiap nasabah memiliki hak sebagai subjek data, antara lain:
1. Hak memperoleh informasi terkait data pribadi.
2. Hak melakukan koreksi atau pembaruan data.
3. Hak mengakses dan mendapatkan salinan data.
4. Hak untuk menghapus atau memusnahkan data.
5. Hak untuk menarik kembali persetujuan.
6. Hak mengajukan keberatan atas pemrosesan otomatis.
7. Hak untuk membatasi pemrosesan.
8. Hak untuk menggugat dan memperoleh ganti rugi.
9. Hak untuk memanfaatkan data dalam format tertentu.
Namun, pelaksanaan hak ini dapat dibatasi dalam hal berkaitan dengan kepentingan hukum, keamanan nasional, kepentingan umum, maupun penelitian.
V. Transfer dan Pengungkapan Data
Bank Raya dapat mengungkapkan data pribadi kepada BRI Group, afiliasi, regulator, maupun pihak ketiga yang sah dengan tujuan:
1. Audit, investigasi, dan pencegahan kejahatan keuangan.
2. Penegakan hukum dan penyelesaian sengketa.
3. Kepatuhan hukum, termasuk kewajiban perpajakan.
4. Transaksi bisnis seperti merger atau akuisisi.
5. Tujuan sah lainnya yang termasuk dalam kepentingan sah Bank Raya.
6. Pengungkapan dengan persetujuan nasabah.
VI. Penyimpanan Data
Data pribadi akan disimpan sesuai dengan tujuan pengumpulan, masa berlakunya layanan, dan kebijakan retensi internal. Apabila diwajibkan oleh hukum, data dapat disimpan lebih lama, misalnya untuk keperluan pajak, audit, atau sengketa hukum. Data dapat dihapus atau dianonimkan apabila sudah tidak diperlukan lagi.
VII. Pengamanan Data
Bank Raya menerapkan langkah-langkah pengamanan untuk melindungi data pribadi dari akses ilegal atau penyalahgunaan. Apabila terjadi pelanggaran data di luar kendali, Bank Raya akan memberikan pemberitahuan kepada nasabah. Nasabah juga memiliki kewajiban untuk menjaga kerahasiaan data login seperti username, password, dan OTP.
VIII. Perbaikan Data
1. Nasabah dapat mengajukan permintaan perbaikan atau pembaruan data melalui saluran resmi Bank Raya.
2. Bank Raya berhak menghentikan layanan apabila data yang dimiliki tidak akurat atau tidak lengkap.
IX. Penghapusan Data
1. Data pribadi dapat dihapus atas permintaan nasabah maupun sesuai kebijakan retensi.
2. Pengecualian berlaku jika data masih diperlukan untuk tujuan hukum, perpajakan, audit, atau selama masa retensi yang berlaku.
X. Akses Data
Bank Raya mendukung hak akses nasabah terhadap data pribadi yang dimilikinya. Namun, Bank Raya berhak menolak permintaan akses apabila hal tersebut dapat membahayakan pihak lain, melanggar keamanan nasional, atau mengungkap data pribadi milik pihak ketiga.
XI. Kontak
Gedung Menara BRILiaN Jl Gatot Subroto No. 117A, Kel. No. RT 009/01, Menteng Dalam, Tebet, South Jakarta City, Jakarta 12870.
· Contact Center: 1500 494
· Whatsapp: 0812 1000 0494
· Telegram: t.me/RayaDigitalSupportbot
· Instagram: @bankraya
· Email: Sapa-raya@bankraya.co.id
XII. Perubahan dan Pembaruan Terkait Kebijakan Privasi
Dengan memberikan persetujuan, nasabah mengizinkan Bank Raya untuk memproses data pribadi sesuai ketentuan yang berlaku. Pemberitahuan Privasi dapat diubah atau diperbarui mengikuti perkembangan layanan, teknologi, dan regulasi. Bank Raya akan memberitahukan setiap perubahan melalui saluran resmi seperti situs web, aplikasi, email terdaftar, atau media komunikasi lainnya.
Frequently Asked Question (FAQ)
1. Apa itu Pemberitahuan Privasi Bank Raya?
Pemberitahuan Privasi Bank Raya adalah dokumen yang menjelaskan bagaimana Bank Raya Indonesia (“Bank Raya”) melakukan pemrosesan data pribadi. Dokumen ini juga menjelaskan hak-hak dan opsi yang dimiliki subjek data pribadi terkait data pribadi mereka. Pemberitahuan Privasi ini penting karena memberikan transparansi kepada nasabah mengenai bagaimana BRI memperlakukan informasi pribadi mereka sesuai dengan Pemberitahuan privasi yang berlaku
2. Dimana saya dapat membaca atau mengakses ketentuan perlindungan data pribadi di Bank Raya?
Informasi mengenai bagaimana Bank Raya memproses data pribadi Anda dapat diakses melalui laman: Pemberitahuan Privasi Bank Raya. Melalui Pemberitahuan Privasi, BRI mencantumkan informasi sebagai bentuk transparansi Bank Raya mengenai perlindungan data pribadi. Informasi sebagai dimaksud antara lain mencakup: jenis dan cara bagaimana kami mengumpulkan data pribadi Anda, tujuan pemrosesan data pribadi Anda, tujuan pengungkapan data pribadi Anda, hak atau opsi yang Anda miliki sebagai subjek data pribadi, dan informasi lainnya agar Anda memahami bagaimana kami memproses data pribadi Anda.
3. Apakah Data Pribadi saya akan diproses oleh pihak lain selain Bank Raya?
Dalam hal Kami perlu memberikan atau mengungkapkan data pribadi Anda, Kami hanya akan memberikan atau mengungkapkan data pribadi Anda kepada pihak lain apabila Kami meyakini adanya manfaat lebih untuk Anda, relevan dengan layanan yang akan disediakan kepada Anda, pemenuhan kewajiban hukum Kami, serta tujuan terbatas sebagaimana Kami cantumkan dalam Pemberitahuan Privasi. Kami akan melakukan upaya yang wajar untuk melindungi dan menjaga keamanan Data Pribadi Anda sebelum memberikan dan mengungkapkan ke pihak lain.
4. Bagaimana cara Bank Raya memastikan perlindungan Data Pribadi Saya?
Keamanan dan kerahasiaan data pribadi Anda merupakan hal penting bagi Kami. Kami berkomitmen memberikan upaya terbaik termasuk digital, fisik, teknis, dan prosedur organisasi untuk melindungi dan mengamankan Data Pribadi Anda dari akses pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, pengungkapan, perbaikan dan penghapusan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang. Anda perlu memahami bahwa Anda juga berperan aktif dalam menjaga kerahasiaan dan keamanan data pribadi Anda, termasuk informasi mengenai username, password, PIN, Nomor Kartu Debit, Kode CVV/CVC maupun Kode OTP (One-Time Password) kepada siapapun serta turut menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang Anda gunakan dalam bertransaksi.
5. Apa saja perubahan dari Pemberitahuan Privasi sebelumnya?
Kami melakukan beberapa perubahan untuk menyesuaikan isi Pemberitahuan Privasi sebelumnya dengan ketentuan perundang-undangan terkait perlindungan data pribadi, termasuk namun tidak terbatas pada:
a. Penyesuaian istilah yang digunakan seperti penggunaan istilah subjek data pribadi;
b. Penambahan informasi terkait bagaimana cara kami mengumpulkan data pribadi Anda, informasi tujuan terbatas dalam rangka pengungkapan data pribadi, penambahan data pribadi yang dikumpulkan, serta penambahan tujuan pemrosesan data pribadi; dan
c. Perubahan lain dalam rangka penyesuaian terkait peraturan perundang-undangan dan untuk menyederhanakan penyampaian Pemberitahuan Privasi Kami.
6. Bagaimana cara saya mengajukan pertanyaan seputar Data Pribadi Saya?
Dalam hal Anda memiliki pertanyaan, saran, keluhan, atau permintaan seputar Pemberitahuan Privasi ini, silakan hubungi layanan pelanggan di Bank Raya di Contact Center 1500 494 atau Email Sapa-raya@bankraya.co.id