Tips Mengatur Uang Bulanan agar Tidak Boros

Insights | 2022-06-22 03:02:25
Tips Mengatur Uang Bulanan agar Tidak Boros

Meskipun gaji bulanan kamu cukup besar, bila tidak diatur dengan benar tetap saja gaji tersebut akan cepat habis. Apalagi bila di pertengahan bulan kamu makin miris karena dompet semakin menipis.  Ditambah ada pengeluaran bulanan rumah tangga yang belum terpenuhi seluruhnya. Namun, dengan mengetahui cara mengatur uang bulanan yang tepat, kamu tidak akan mudah menghamburkan uang.

Alasan Mengapa Kamu Sulit Mengatur Keuangan

Uang berperan penting untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, baik untuk keperluan pribadi atau pengeluaran bulanan rumah tangga. Semua kebutuhan tersebut dapat dipenuhi jika kamu mengetahui cara mengatur uang bulanan. Sayangnya, tidak sedikit orang yang masih melakukan kesalahan dalam mengelola keuangan. Alhasil, mereka menjadi sulit memenuhi kebutuhan karena tidak tahu cara mengatur gaji bulanan dan membuat mereka semakin boros.

Umumnya, mereka tidak mengetahui cara mengatur uang bulanan karena sering melakukan empat kesalahan berikut ini:

  • Keinginan Belanja yang Tinggi

Kesulitan dalam mengatur pengeluaran rumah tangga bisa dipicu oleh hasrat belanja yang tinggi. Kamu cenderung impulsif dalam berbelanja dan sering tergoda oleh promo barang dengan harga miring padahal kamu tidak memerlukannya. Kondisi ini menyebabkan kamu boros karena hasrat berbelanja yang tidak terkendali. Semakin sering memenuhi hasrat belanja tersebut, semakin sulit untuk kamu menerapkan cara mengatur keuangan bulanan agar tidak boros.

  • Gaya Hidup Berlebihan

Gengsi dan gaya hidup berlebihan menjadi alasan selanjutnya mengapa kamu sulit menerapkan cara mengatur gaji bulanan yang tepat. Kamu selalu berusaha untuk menunjukkan kehidupan yang mapan sehingga sering membeli barang mewah dan mahal. Menghabiskan uang hanya karena gengsi menjadikan kamu lebih boros dan tidak mampu mengatur keuangan. Kondisi keuangan akan semakin parah bila kamu terlilit hutang demi rasa gengsi.

  • Lingkungan Tak Sejalan dengan Kondisi Finansial

Masih berkaitan dengan poin di atas, lingkungan dapat mempengaruhi gaya hidup dan gengsi. Apalagi jika kamu berada di lingkungan yang terbilang mewah. Ini bisa mempengaruhi kamu untuk menyetarakan diri padahal kondisi finansial tidak memungkinkan. Jadinya, kamu akan sulit mengatur pengeluaran bulan rumah tangga dan tidak mampu menerapkan cara mengatur uang bulanan karena keburu habis demi menyesuaikan diri dengan lingkungan yang mewah.

  • Mengesampingkan Pentingnya Menabung dan Investasi

Uang yang dikeluarkan secara sembarangan menjadikan kamu sulit menabung, apalagi berinvestasi. Padahal dua hal ini dapat membantu menjamin keamanan finansial di masa depan. Jadi, ada baiknya kamu mengetahui cara mengatur uang bulanan agar hidup lebih nyaman secara finansial di kemudian hari.

4 Cara Mengatur Keuangan Bulanan yang Efektif

Agar tidak mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan, berikut ini beberapa cara mengatur uang bulanan yang bisa kamu coba agar tidak mengalami masalah finansial lagi:

  1. Sisihkan Dana Darurat Setiap Awal Gajian

Dana darurat memegang peranan penting untuk memastikan keadaan finansial kamu tetap aman di masa depan. Itu sebabnya kamu perlu menyisihkan uang sebagai upaya menciptakan cara mengatur uang bulanan yang sehat. Tidak ada seorang pun yang tahu apa yang akan kamu alami di masa depan. Jadi, siapkan dana darurat sekarang juga dengan menyisihkan sekian persen dari gaji bulanan kamu ya!

  1. Pisahkan Anggaran Kebutuhan dan Keinginan

Selain memenuhi kebutuhan yang wajib setiap bulannya, kamu juga pastinya memiliki keinginan untuk membeli barang tertentu. Tetapi, jika terus dipenuhi, keinginan tersebut akan membahayakan kesehatan finansial kamu lho! Untuk menyiasatinya, kamu perlu memisahkan anggaran untuk kebutuhan dan keinginan. Dengan menerapkan cara mengatur uang bulanan ini, kamu tidak akan menghamburkan uang untuk memenuhi keinginan dan melupakan pemenuhan kebutuhan yang lebih krusial.

  1. Lacak Pemasukan dan Pengeluaran

Membuat laporan keuangan tersendiri dapat membantu kamu melacak pemasukan dan pengeluaran tiap bulannya. Catat semua pengeluaran tiap harinya sehingga kamu tahu ke mana saja uang yang digunakan selama ini. Cara mengatur uang bulanan ini juga dapat membantu kamu untuk menganalisa pengeluaran mana saja yang tidak perlu dilakukan di bulan berikutnya. Pastikan juga kamu membawa catatan belanja bulanan ketika berbelanja. Dengan begitu, kamu tidak akan asal berbelanja dan berusaha untuk tidak tergoda membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan. 

  1. Rencanakan Pengeluaran

Cara mengatur uang bulanan yang berikutnya adalah dengan membuat perencanaan pengeluaran bulanan. Rencana tersebut meliputi apa saja yang perlu dibeli dengan gaji bulan depan. Kamu juga bisa mengetahui apakah barang yang kamu butuhkan atau hanya inginkan saja. Setelah itu buatlah anggaran belanja dengan berfokus pada skala prioritas. Kamu juga bisa menerapkan cara mengatur gaji bulanan melalui skema 50 – 30 – 20. Artinya, kamu perlu menyisihkan sebesar 50% dari gaji bulanan untuk memenuhi kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan. Dengan begitu, skema keuangan kamu pun lebih terencana dan terukur untuk mencegah pemborosan.

Kini mengatur uang bulanan akan semakin mudah, aman, dan menyenangkan melalui Bank Raya. Selain karena semua transaksi keuangan dilakukan secara digital, kamu juga bisa mengelola gaji bulanan melalui fitur Saku Raya. Mulai dari mengatur pos keuangan hingga memonitor keuangan jadi lebih praktis hanya dengan aplikasi Raya saja. Alhasil, kamu tidak akan kesulitan lagi mengatur keuangan tiap bulannya. 

References:

  • https://www.car.co.id/id/ruang-publik/tips-trik/carefinance/6-trik-atur-keuangan-biar-bisa-napas-sampai-akhir-bulan 

  • https://www.car.co.id/id/ruang-publik/tips-trik/carefinance/8-cara-cermat-mengatur-gaji-bulanan 

  • https://finansial.bisnis.com/read/20210517/55/1394485/cara-mengatur-keuangan-pakai-metode-502030


pengeluaran rumah tangga,cara mengatur uang bulanan,cara mengatur gaji bulanan
Bagikan: