Tips dan Trik Memilih Asuransi yang Tepat untuk Anak Muda

Insights | 2022-07-26 07:58:51
Tips dan Trik Memilih Asuransi yang Tepat untuk Anak Muda

Kemampuan dan cara memilih asuransi yang tepat sebaiknya tidak hanya dimiliki oleh mereka yang memasuki umur 30 ke atas. Anak muda pun saat ini sangat butuh asuransi sehingga memahami cara memilih asuransi yang tepat menjadi sangat krusial.

Bagaimanapun, risiko kesehatan pada anak muda zaman sekarang semakin bertambah karena jam kerja yang tinggi, tingkat stres yang melambung, sampai gaya hidup yang tidak ideal dari segi kesehatan. Bukan hal yang aneh jika saat ini sudah banyak berita mengenai anak muda yang mengalami serangan jantung bahkan stroke di tengah usianya yang baru kepala 2 atau kepala 3.

Memiliki asuransi pun menjadi berlomba dengan waktu dan sebaiknya tidak memandang umur. Selagi kamu masih sehat, sebaiknya segera terapkan cara memilih asuransi yang tepat. Lagipula semakin usiamu tergolong mudah ketika mendaftarkan diri menjadi nasabah suatu asuransi, biaya asuransi menjadi lebih terjangkau.

Alasan Kuat Anak Mudah Butuh Asuransi

Kesadaran anak muda di zaman sekarang akan pentingnya asuransi memang meningkat, tidak terkecuali pada dirimu sendiri. Asuransi dianggap sebagai instrumen penting untuk melindungi keuangan dan diri.

Kesadaran akan pentingnya asuransi bukan timbul tanpa alasan.  Kesadaran dan alasan kuat untuk menerapkan cara memilih asuransi yang tepat umumnya karena anak-anak muda sudah semakin memahami berbagai hal di bawah ini.

  1. Risiko Penyakit Dapat Datang Kapan Saja

Tidak bisa dimungkiri, risiko penyakit kritis semakin besar belakangan dan tidak memandang usia. Anak muda pun tidak luput dari intaian penyakit diabetes, serangan jantung, sampai stroke.

 Risiko penyakit yang semakin besar ini mesti diimbangi dengan persiapan untuk menghadapinya. Mengubah pola hidup ke arah yang lebih sehat bisa menjadi cara pencegahan. Tapi jika sudah telanjur terjadi, adanya asuransi bisa menjadi jaminan penanganan terbaik agar kondisi bisa diperbaiki dan fatalitas dapat dihindarkan.

  1. Masa Depan Tidak Bisa Diperkirakan

Siapa yang bisa memperkirakan masa dengan akurat? Tidak ada seorang pun jawabannya. Kamu tidak akan tahu besok kamu membutuhkan penanganan kesehatan atau tidak. Kamu tidak akan tahu besok kamu masih bernapas atau tidak.

Di tengah ketidakpastian tersebut, asuransi bisa membuat masa depanmu menjadi lebih terencana. Setidaknya dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu bisa mendapatkan penanganan dan pengobatan yang dibutuhkan sewaktu-waktu. Asuransi juga melindungi keluargamu dengan memberi manfaat uang pertanggungan meninggal dunia apabila kamu mengambil asuransi jiwa.

  1. Biaya Pengobatan Tidak Dapat Diperkirakan

Sangat sulit untuk memperkirakan biaya pengobatan atau perawatan di rumah sakit. Hal inilah yang membuat sangat susah menentukan nominal tabungan yang bisa disimpan untuk antisipasi jaga-jaga apabila kamu membutuhkan perawatan kesehatan.

Namun berbeda jika kamu memiliki asuransi, biaya pengobatan yang tidak dapat diperkirakan ini bukan lagi masalah. Soalnya, perusahaan asuransi akan menanggung biaya perawatan yang diperlukan sesuai dengan fasilitas manfaat yang sudah termaktub dalam polis.  

  1. Biaya Layanan Medis Naik Terus

Inflasi medis lebih besar daripada inflasi umum. Dalam artian, biaya layanan medis cenderung naik terus di atas rata-rata sehingga biaya perawatan yang mesti kamu bayar bisa semakin mahal.

Inflasi medis di Indonesia sendiri diprediksi mencapai 14 persen pada tahun 2022. Ini jauh lebih besar dibandingkan inflasi medis di tahun 2021 yang berada di kisaran 8,8 persen. Membiarkan dirimu tidak terproteksi asuransi sama artinya membuat kemungkinan kamu bangkrut dan terlilit utang menjadi semakin nyata jika kondisi perawatan kamu butuhkan sewaktu-waktu.

  1. Tujuan Keuangan Banyak yang Belum Tercapai

Setiap orang memiliki tujuan keuangan yang ingin dicapai. Ada yang mau membeli rumah. Ada yang mau memiliki mobil. Anda pula yang berkeinginan untuk berkeliling dunia. Menabung dan berinvestasi menjadi cara untuk mencapai berbagai tujuan tersebut.

Akan tetapi, semua tujuan yang kamu rencanakan bisa menjadi amburadul apabila penyakit datang. Jika kamu tidak memiliki asuransi yang tepat, kamu bisa kehilangan uang yang sudah kamu kumpulkan dan investasikan untuk tujuan keuangan tersebut karena terpaksa membayar biaya pengobatan.

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Asuransi

Dengan berbagai alasan di atas, menjadi sangat penting mengetahui cara memilih asuransi yang tepat. Memiliki polis asuransi sama saja membuat dirimu lebih terproteksi karena tidak perlu lagi memikirkan biaya pengobatan.

Namun, jangan sembarangan dalam memilih asuransi. Perhatikan faktor-faktor di bawah ini untuk mendapatkan produk asuransi yang tepat guna kebutuhanmu.

  • Kebutuhan

Ketika kamu mencari asuransi yang tepat, kamu akan menemukan banyak tawaran promo produk asuransi yang menggiurkan. Sangat mungkin kamu menjadi ingin mengambil promo-promo tersebut. Namun, tergiur promo bukanlah cara memilih asuransi yang tepat dan baik. Tetap fokus pada kebutuhanmu dan carilah produk yang bisa menangani kebutuhan tersebut, bukan produk asuransi yang sedang promo.

  • Status Agen

Literasi asuransi di Indonesia tergolong masih rendah, mungkin juga pemahaman yang kamu miliki. Adanya agen asuransi yang profesional bisa sangat membantu memahami apa asuransi yang kamu cari dan perlukan. Pastikan melakukan konsultasi ke agen profesional yang sudah memiliki sertifikasi asuransi yang jelas.

  •  Manfaat yang Diperoleh

Mintalah ilustrasi asuransi ke agen profesional ketika kamu tertarik untuk segera membuat proteksi keuangan yang satu ini. Namun, jangan langsung setuju dengan ilustrasi tersebut tanpa memahami manfaat yang diperoleh. Teliti apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengambil asuransi tersebut. Kemudian, sesuaikan lagi dengan kebutuhanmu.

  • Besaran Premi

Tentu saja membuat asuransi yang baik harus sesuai dengan kondisi keuangan. Karena itu, memperhatikan besaran premi menjadi sangat krusial. Pilihlah asuransi dengan premi yang sesuai dengan kondisi keuanganmu. Suatu premi asuransi dikatakan baik apabila dengan membayar premi tersebut secara rutin, arus kas keuanganmu tidak terganggu atau mengalami minus.

  • Kapasitas Perusahaan Asuransi

Jangan lupa untuk memperhatikan kapasitas perusahaan asuransi sebagai cara memilih asuransi yang tepat. Kapasitas yang dimaksud di sini bisa dilihat dari legalitas perusahaan dan kekuatan keuangan perusahaan asuransi. Terkait legalitas, asuransi yang kamu pilih sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan asosiasi asuransi. Sementara itu terkait kekuatan keuangan, pastikan asuransi yang kamu pilih berasal dari perusahaan yang memiliki risk base capital minimal 120 persen. Artinya, perusahaan tersebut memiliki aset senilai 120 persen dari total kewajiban pembayaran manfaat jika seluruh polis yang dikeluarkan mengajukan permintaan manfaat.

Tips Memilih Asuransi bagi Anak Muda yang Belum Menikah


Selain memperhatikan berbagai faktor di atas, cara memilih asuransi yang tepat antara satu orang dengan orang yang lain tidak bisa disamaratakan. Cara memilih asuransi yang tepat untuk anak muda yang belum menikah dengan orangtua yang sudah memiliki banyak tanggungan pun tidak sama.

Khusus buat kamu yang masih berstatus lajang dan berusia muda, beberapa tips ini bisa sangat membantu mendapatkan asuransi tertepat.

  1. Buat ketika Sehat

Mulailah berpikir cara memilih asuransi yang tepat saat masih sehat. Ketika kamu baru berpikir untuk memiliki asuransi ketika sakit, kemungkinan ditolak menjadi peserta asuransi sangat besar. Risiko lainnya, membuat asuransi saat sudah tertimpa suatu penyakit cenderung menghasilkan kewajiban membayar premi yang lebih mahal.

  1. Dahulukan Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi untuk proteksi diri dan keluarga setidaknya ada 3, yaitu asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, serta asuransi jiwa. Buat kamu yang masih lajang, utamakan memiliki asuransi kesehatan terlebih dahulu. Pasalnya, kamu belum memiliki kewajiban untuk mempertahankan kualitas hidup anggota keluarga yang lain jika sewaktu-waktu kamu sakit atau meninggal dunia. Namun di sisi lain, risiko tertimpa suatu penyakit atau mengalami kecelakaan tidak memandang usia maupun status perkawinan sehingga asuransi menjadi sangat urgen dimiliki secepatnya.

  1. Flat Premi Lebih Aman

Memilih memiliki asuransi kesehatan di waktu muda sama artinya kamu akan memiliki masa asuransi jangka panjang. Ini berkaitan dengan premi yang kamu bayarkan yang bisa mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Rata-rata kenaikan biaya asuransi tiap tahun sendiri bisa mencapai 10 persen. Pilihan lainnya, kamu bisa mempertimbangkan produk unit link  yang menawarkan flat premi. Di mana nilai premi dari asuransimu bisa tidak mengalami peningkatan karena ditopang oleh adanya nilai investasi.

  1. Perhatikan Batasan Manfaat

Telitilah melihat manfaat sebelum menandatangani perjanjian asuransi. Pastikan batasan manfaat yang kamu berolah setidaknya bisa menjamin biaya perawatan dalam berpuluh tahun mendatang. Sebagai contoh, jangan memilih asuransi dengan limit yang terlalu kecil atau limit kamar yang dipatok hanya dari segi harga. Ini bisa sangat berpengaruh terhadap layanan pengobatan yang kamu dapatkan ke depannya, mengingat inflasi medis tergolong tinggi dari tahun ke tahun.

  1. Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Kamu mungkin ingin produk asuransi yang menawarkan manfaat terbaik. Namun, semua akan sia-sia jika kamu tidak bisa membayar premi terus-menerus. Cara memilih asuransi yang tepat adalah yang sesuai dengan kondisi keuangan. Usahakan premi asuransi yang mesti kamu bayar tiap bulannya tidak lebih 10 persen dari total pendapatan. Dengan begitu, arus kas tidak terganggu.

  1. Jangan Lupa Perbandingan

Membandingkan adalah cara memilih asuransi yang tepat yang sangat jitu. Dengan membandingkan produk asuransi yang satu dengan produk asuransi lain, kamu bisa melihat perbedaan dari sisi manfaat sampai nilai premi. Kamu pun bisa memilih produk asuransi tertepat sesuai kebutuhan dan kemampuanmu.

***

Memahami cara memilih asuransi yang tepat bisa membuat kamu terhindar dari jeratan utang maupun risiko fatal akibat penyakit tidak tertangani dengan baik akibat dana tidak mencukupi. Memiliki asuransi juga bisa menjaga aset dan tujuan keuanganmu karena risiko tabungan habis karena biaya pengobatan dapat dihindarkan.

Namun selain memiliki asuransi, lengkapi pula perlindungan keuanganmu dengan pengelolaan keuangan yang tepat. Kamu bisa mengandalkan Bank Raya untuk membantu mengelola keuangan secara lebih baik. 

Bank Raya menawarkan bunga tabungan yang cukup tinggi hingga 7% dan juga memiliki fitur Saku yang membuatmu lebih mudah mengatur keuangan. Fitur ini memungkinkanmu memiliki beberapa akun dalam satu rekening sehingga pengalokasian keuangan menjadi lebih jelas dan mudah.

Jadi tunggu apa lagi? Segera install aplikasi Raya dan jadilah bagian dari sobat raya sekarang!


cara memilih asuransi yang tepat
Bagikan: