Di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, digital marketing memegang peranan penting dalam melancarkan suatu bisnis, khususnya bisnis kecil. Bahkan, menurut Digital Marketing Institute dan Evergreen, pemasaran secara digital perlu dipertimbangkan oleh pemilik bisnis kecil. Selain biaya pemasaran yang lebih terjangkau, banyak perusahaan yang beralih ke bisnis digital untuk memperluas jangkauan pemasaran. Lantas apa saja strategi bisnis digital marketing yang bisa diterapkan oleh pemilik usaha kecil?
Pengertian Digital Marketing
Digital marketing adalah upaya pemasaran atau promosi suatu produk dengan menggunakan internet atau media digital lainnya. Melansir dari Jurnal Entrepreneur, Heidrick & Struggles menjelaskan bahwa bisnis digital marketing memanfaatkan perkembangan teknologi guna melakukan promosi secara halus tapi memberikan pengaruh yang besar pada calon pelanggan. Media yang digunakan biasanya berupa website, blog, media sosial, email, forum online, dsb.
Tujuan dari bisnis digital marketing adalah untuk menarik calon konsumen dengan cepat mengingat tingginya aktivitas online mereka. Para pemilik bisnis tersebut menarik perhatian calon konsumen melalui konten menarik yang telah dioptimasi agar bisa dilacak dan ditemukan melalui mesin pencarian. Digital marketing sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis, di antaranya:
Content marketing; berfokus pada pembuatan dan penyebaran konten berupa blog post, video, podcast, atau e-book untuk target pasar dan konsumen
Search Engine Marketing (SEM); upaya pemasaran berbayar melalui keyword atau kata kunci agar brand kamu mudah ditemukan melalui mesin pencarian
Search Engine Optimization (SEO); upaya mendapatkan traffic pengunjung berkualitas baik secara organik atau berbayar melalui konten yang telah dioptimasi
Social media marketing; pemasaran yang dilakukan menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter
Pay-per-click (PPC) advertising; model pemasaran di mana kamu perlu membayar setiap click yang mengarah pada website kamu
Email marketing; menggunakan media email untuk memberikan informasi atau promosi terbaru tentang bisnis digital kamu
Affiliate marketing; bisnis digital kamu menjalin relasi dengan bisnis lain untuk mendapatkan pelanggan baru dengan imbalan berupa komisi bagi setiap pelanggan yang mereka dapatkan
Influencer marketing; promosi melalui tokoh berpengaruh di media sosial dengan imbalan berupa komisi atau produk gratis
Instant messaging marketing; pemasaran yang dilakukan melalui media pesan digital seperti Facebook Messenger atau WhatsApp
Pentingnya Digital Marketing Bagi Bisnis Digital Skala Kecil
Setelah memasuki era digital, banyak pengusaha dalam berbagai skala yang merambah ke bisnis digital. Hal ini tidak lepas dari fakta banyaknya pengguna internet, termasuk di Indonesia. Agar bisa menjangkau mereka dan dapat melakukan promosi secara efektif, digital marketing merupakan solusi yang tepat khususnya bagi pengusaha kecil dengan biaya promosi yang masih terbatas.
Digital marketing memungkinkan bisnis digital untuk melakukan pemasaran secara masif dan terukur. Itu sebabnya upaya promosi pun lebih efektif karena mampu menjangkau target pasar yang tepat. Dengan begitu, biaya pemasaran pun cenderung lebih hemat tapi tetap mampu memperoleh hasil yang optimal. Selain itu, digital marketing juga memudahkan pelaku bisnis melakukan pengukuran performa bisnis dari data-data yang sudah tersedia. Keuntungan ini akan membuat kamu lebih mudah mengetahui area mana yang perlu diperbaiki dan dipertahankan dalam bisnis.
Alasan inilah yang menjadikan digital marketing sebagai upaya pemasaran yang paling tepat untuk mengembangkan bisnis digital berskala kecil. Lantas bagaimana cara bisnis kamu memanfaatkan pemasaran secara digital ini?