Bingung Memilih Antara Menabung dan Investasi? Simak Penjelasan Ini!

Insights | 2022-06-29 22:45:40
Bingung Memilih Antara Menabung dan Investasi? Simak Penjelasan Ini!

Mempersiapkan diri secara finansial bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menabung atau investasi. Dua hal ini dapat dijadikan sebagai solusi ketika kamu menghadapi hal tak terduga di masa depan nanti.  Lantas apa sih perbedaan menabung dan investasi? Di antara keduanya, mana yang lebih menguntungkan ya?

Mengenal Pengertian Menabung dan Tabungan

Sebelum membahas apa saja perbedaan menabung dan investasi, kamu perlu tahu dulu apa sih tabungan itu. Tabungan adalah simpanan uang yang berasal dari pendapatan pribadi untuk digunakan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari atau keperluan lainnya. Sementara itu, pengertian menabung merupakan aktivitas menyimpan uang sebagai tabungan. Simpanan itu nantinya bisa kamu ambil kapan saja atau berdasarkan periode tertentu seperti tabungan berjangka.

Jenis-jenis Tabungan


Berdasarkan fungsinya, jenis tabungan dapat dibedakan sebagai berikut:

  1. Tabungan Konvensional

Jenis tabungan ini paling banyak dimiliki masyarakat karena memudahkan mereka dalam menyimpan uang. Pemilik tabungan konvensional akan mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM sehingga mereka bisa menabung kapan saja dengan leluasa. Mereka juga akan mendapatkan bunga 0,5 – 2% setiap bulannya.

  1. Tabungan Investasi

Sesuai namanya, tabungan ini tidak hanya digunakan sebagai simpanan saja, tapi juga investasi. Pihak bank biasanya menyediakan fasilitas  tabungan ini dalam tabungan deposito atau tabungan saham.

  1. Tabungan Berjangka

Berbeda dari tabungan konvensional yang uangnya bisa ditarik kapan saja, tabungan berjangka terikat oleh jangka waktu tertentu. Periode tersebut telah disepakati oleh pihak bank dan nasabah.

  1. Tabungan Giro

Tabungan ini memiliki tujuan bisnis sehingga banyak dimiliki oleh para pengusaha. Mereka menggunakan tabungan ini untuk transaksi yang memerlukan bilyet giro dan cek. Nasabah tabungan giro tidak mendapatkan buku tabungan biasa, melainkan rekening koran yang dikirimkan tiap bulannya.

  1. Tabungan Haji

Dana yang kamu alokasikan akan digunakan untuk keperluan ibadah haji. Itu artinya dana yang ditabungkan jumlahnya harus sesuai dengan dana kebutuhan ibadah ini.

  1. Tabungan Bisnis

Layanan ini disediakan bagi kamu yang ingin membuka tabungan demi kepentingan bisnis. Umumnya terdapat ketentuan setoran minimal yang jumlahnya lebih besar dari tabungan biasa.

  1. Tabungan Mahasiswa

Jenis tabungan ini diperuntukan bagi mahasiswa yang ingin menabung. Jumlah setoran minimalnya pun sangat kecil dan bebas biaya administrasi bulanan.

  1. Tabungan Digital

Mirip seperti tabungan konvensional, tapi semua transaksi keuangan dilakukan secara digital. Jenis tabungan ini sangat digandrungi di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini. Selain lebih praktis, kamu juga tidak perlu lagi repot antri di bank atau ATM untuk menabung atau menarik uang.

Pengertian dan Jenis Investasi

Kamu bisa juga mengetahui perbedaan menabung dan investasi melalui penjelasan pengertian investasi berikut. Singkatnya investasi merupakan tindakan penanaman modal baik berupa uang atau benda berharga lainnya. Modal tersebut diberikan pada pihak tertentu dengan tujuan mendapatkan keuntungan dalam kurun waktu tertentu. Intinya kamu bisa melipatgandakan kekayaan melalui investasi. Kamu hanya perlu menanamkan sejumlah modal lalu tunggu hingga dana tersebut kembali dengan jumlah yang berlipat-lipat.

Investasi terbagi dalam beberapa jenis, yaitu:

  1. Reksadana; cocok untuk pemula, investasi ini memiliki risiko yang kecil dengan modal awal yang rendah. Kamu juga tidak perlu memantau perkembangan investasi setiap saat karena semuanya dikelola oleh manajer investasi.

  2. Saham; kegiatan membeli dan menjual saham yang berpotensi memberikan keuntungan berkali-kali lipat dibanding instrumen investasi lainnya

  3. Emas; investasi jangka panjang yang aman dan menguntungkan karena harga emas dan logam mulia cenderung meningkat tiap tahunnya

  4. Obligasi; surat utang jangka menengah atau panjang yang bisa dipindahtangankan serta dijamin oleh pemerintah

  5. Deposito berjangka; mirip seperti tabungan konvensional hanya saja dana baru dapat dicairkan setelah memasuki jatuh tempo minimal 3 – 12 bulan.

  6. Properti; investasi dalam bentuk tanah atau bangunan sehingga modal yang dikucurkan sangatlah besar. Tetapi keuntungannya sangat menjanjikan mengingat nilai properti terus meningkat setiap tahunnya.

  7. Peer to peer lending; meminjamkan sejumlah dana pada pihak tertentu yang akan dikembalikan beserta bunganya

Setelah mengetahui pengertian menabung dan pengertian investasi di atas, saatnya kamu mengetahui apa saja perbedaan menabung dan investasi.

Perbedaan Menabung dan Investasi, Mana yang Perlu Didahulukan?

Dari penjelasan pengertian menabung dan pengertian investasi, kamu bisa mengetahui apa perbedaan menabung dan investasi. Perbedaannya pun bisa dilihat dari tujuan, jenis, dan hasil yang dicapai. Sekilas, investasi dan menabung nampak serupa karena keduanya bertujuan menyimpan uang. Bedanya investasi dapat membuat uang bertambah tergantung dari jenis instrumen investasi yang dipilih dan kesuksesannya. Namun, bila investasi meleset, kamu bisa kehilangan uang lho!

Terlepas dari perbedaan menabung dan investasi, kira-kira mana yang sebaiknya kamu utamakan ya? Jawabannya adalah tergantung dari kebutuhan kamu. Jika berniat menambah jumlah uang dalam jangka panjang, kamu bisa memilih investasi. Namun, bila kamu memerlukan uang dalam jangka pendek atau menengah tabungan bisa menjadi solusi karena bisa diambil kapan saja. Atau kalau kamu berniat menyimpan dana darurat, sebaiknya menyimpan uang tersebut dalam tabungan.

Saatnya kamu menabung untuk kepentingan masa depan melalui bank digital Bank Raya. Tabungan digital Bank Raya menawarkan suku bunga kompetitif dan bebas biaya administrasi. Kamu juga bisa melacak dan menjaga kesehatan keuangan dengan mengandalkan fitur Saku Raya. Nikmati semua fitur keuangan yang mudah, aman, dan menyenangkan ini dengan mengunduh aplikasi Raya sekarang juga!
perbedaan menabung,perbedaan menabung dan investasi ,pengertian investasi
Bagikan: