Apa Sebenarnya Kunci Kesuksesan Para Pengusaha Muda yang Sukses?

Insights | 2022-07-25 10:39:49
Apa Sebenarnya Kunci Kesuksesan Para Pengusaha Muda yang Sukses?

Semenjak pandemi, pasti sering banget terdengar kisah sedih bisnis yang terpuruk, usaha bangkrut, hingga kisah PHK massal yang tidak terhindarkan. Di sisi lain, kondisi pelik justru memaksa banyak orang untuk memutar akal mencari cara menjadi pengusaha sukses. Dari yang modal nekat atau mencoba-coba, justru bisnisnya menjadi booming dan laris manis. 


Kenyataannya, berdasarkan temuan yang diterbitkan oleh Kaspersky menunjukkan bahwa hingga 35% karyawan berpikir untuk beralih profesi ke pekerjaan baru dalam waktu 12 bulan ke depan. 


Dua alasan terbesar atas fenomena ini tak lain karena ingin menerima upah lebih tinggi (49%) dan juga alasan work life balance (41%). Meskipun sekelompok responden tetap memilih berada di posisi saat ini (48%), namun banyak yang mulai memberanikan diri untuk beralih profesi dan mencoba mencari cara menjadi pengusaha suksesi. 


Fenomena & Geliat Dunia Pengusaha Baru


Dari survei yang dilakukan oleh Wakefield Research pada kalangan remaja di Amerika Serikat, sebanyak 60% dari 1.000 responden berusia 13-17 lebih memilih untuk berbisnis daripada menjalani profesi konvensional. Hampir 2 dari 5 remaja terinspirasi dari para influencer dan selebriti sehingga memilih untuk berwiraswasta. Sedangkan 45% mengatakan ingin belajar berbisnis dari pengusaha profesional dan 37% lainnya tertarik menjalani program khusus bisnis. 


Di Indonesia sendiri, data Kemenkop UKM menyatakan bahwa jumlah UMKM di Indonesia pada bulan Maret 2021 telah mencapai 64,2 Juta dan kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto adalah sebesar 61,07% atau setara dengan Rp 8.573,89 triliun. Pada bulan Maret 2021 tercatat bahwa UMKM telah mampu menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada.


Tidak heran jika hingga 73% masyarakat desa diprediksi akan pindah ke kota per tahun 2045. Dimana mereka berniat untuk mencoba profesi baru hingga cara menjadi pengusaha sukses dengan jalur masing-masing. Di sisi lain, pemerintah juga giat mengimbangi dengan Kredit Usaha Rakyat UMKM hingga Rp 338 Trilliun!


Jadi Pengusaha Atau Jadi Karyawan?


Pergeseran dari cita-cita mengejar profesi bergengsi menjadi pengusaha memang kian terasa di dunia modern. Dengan hadirnya sosial media, toko dan bisnis online, startup dsbnya, semakin banyak yang berlomba-lomba mencapai gol jadi pengusaha.


Dengan konsep bekerja untuk diri sendiri dan bahkan menciptakan lapangan pekerjaan, ada beberapa keunggulan yang cukup menggiurkan, antara lain:

  • Kebebasan dalam jam kerja

  • Fleksibel dalam membuat keputusan

  • Peluang profit yang tidak terbatas

  • Mengejar passion atau mengembangkan bakat

  • Sukses dan bisa membawa perubahan/inovasi tersendiri

  • Dan masih banyak lagi


Syarat menjadi pengusaha juga tidak mengenal usia karena sudah banyak banget contoh anak muda yang malah bisa membawa trend bisnis baru. Cara menjadi pengusaha sukses juga tidak wajib membutuhkan modal besar atau tenaga kerja massal. Sebut saja Mikaila Ulmer yang sukses menjual produk lilin di usianya yang sangat belia.


Namun begitu, menjadi karyawan juga tetap punya keunggulan tersendiri, mulai dari kestabilan pendapatan hingga kontribusi aktifnya kepada kesuksesan kolektif sebuah kelompok, organisasi atau perusahaan. 


Namun bagi kamu yang lebih tertarik untuk merambah ke dunia usaha, maka sudah saatnya mempelajari cara menjadi pengusaha sukses.


10 Tips Menjadi Pengusaha Sukses Di Usia Muda


Tidak ada jalur cepat atau yang instan, termasuk cara menjadi pengusaha sukses. Namun ada 10 tips dari berbagai pengusaha dunia sukses yang bakal sangat berguna untuk membantu prosesmu. Simak penjelasannya di bawah ini.


  1. Mulai dari passion

Satu kesalahan terbesar yang sering dibuat orang mereka yang ingin memulai bisnis, baik yang berusia muda ataupun tua, yaitu : terlalu fokus pada uang atau profit.


Tentunya profit sudah menjadi gol setiap orang yang memulai usaha, tetapi jika motivasi terbesar kamu untuk memulai bisnis adalah sebatas angka, maka dikhawatirkan semangat kamu akan cepat luntur jika menemui halangan. 


Terutama di usia muda, kamu harus banyak menjalani banyak peran secara bersamaan, misalnya kuliah sambil bekerja. Tidak ada salahnya terus menekuni edukasi, mencari pendapatan halal, sambil juga menggali passion alias bakat diri. 


Pada masa ini, mungkin saja bisnis passion kamu belum mendatangkan uang, namun jika gigih maka lebih ada kemungkinan besar berkembang secara perlahan daripada diforsir total. Sementara itu, kamu juga bisa mengasah sisi lain dirimu dari segi kuliah atau networking di dunia pekerjaan. 


Ini sebabnya Warren Buffet, salah satu investor terkaya di dunia, masih memiliki perusahaan yang dirintis sejak dia muda. Beberapa di antaranya, seperti bisnis sofa atau vending machine, dulunya dibangun karena hobi.

  1. Buat business plan, analisa & eksekusi!

Jangan hanya berhenti di angan-angan, tetapi tuangkan ide bisnis langsung ke bentuk visual. Caranya bisa dengan ditulis, digambar atau diilustrasikan sekasar mungkin supaya visi bisnis kamu semakin nyata. Ini yang nantinya akan jadi dasar rencana bisnis atau business plan


Minimal rencana bisnis kamu sudah harus bisa menjawab hal-hal seperti ini:

  • Apa produk/jasa yang dijual? Apa prioritas utama usaha kamu?

  • Kapan bisnis ini akan berjalan?

  • Apa yang membuat orang tertarik membeli produk/jasa kamu?

  • Siapa target pasar dan kompetitor?

  • Dimana operasional bisnis berjalan? 

  • Bagaimana bentuk keseharian operasional? 

  • Apa kira-kira kondisi darurat yang bakal dihadapi dalam operasional? 

  • Apa gambaran bisnis dalam jangka waktu 5 tahun?


Pertanyaan tersebut hanyalah segelintir tetapi penting supaya semakin banyak lagi pertanyaan baru yang muncul dan bisa kamu gali lebih jauh.


Penemu Microsoft, Bill Gates, sering berbagi tips menjadi pengusaha sukses baik yang usia muda atau lebih tua yaitu analisa semua situasi dari berbagai sudut, lalu buatlah keputusan dan eksekusi. Namun walaupun analisa itu penting, janganlah berlarut-larut supaya kamu tidak semakin galau dan malah gagal mengambil keputusan.

  1. Tidak mengulur-ngulur waktu

Semua pasti tahu, waktu adalah aset terpenting di antara semua hal! Jadi buat yang mau cara menjadi pengusaha sukses, harus sudah tahu cara memanfaatkan waktu sebaik mungkin. 


Founder Zara, Amancio Ortega, bahkan memiliki slogan yang selalu diucapkan, yaitu “speed is everything”. Jadi, hilangkan kebiasaan menunda-nunda pekerjaanmu karena itu akan mempengaruhi kesuksesanmu juga.

  1. Semakin simpel, semakin baik

Tahu ga kalau usaha yang nampaknya sepele justru bisa mendatangkan profit yang besar? Cara menjadi pengusaha muda tidak harus selalu mementingkan hal-hal ribet loh. Yang penting mulai dari yang kamu punya, yang kamu bisa dan mulailah segera.


Orang terkaya di Amerika Tengah, Carlos Slim, yang memiliki berbagai perusahaan telekomunikasi, transportasi dan real estate, berpendapat kalau struktur organisasi yang simpel justru lebih efektif untuk proses pengambilan keputusan. 

  1. Atasi satu masalah sebelum ke masalah berikutnya

Ingin memulai bisnis dan mencari cara menjadi pengusaha sukses? Menurut Mark Zuckerberg, fokus saja pada penyelesaian satu masalah dan bersungguh-sungguhlah memberikan solusi terbaik. Hindari multitasking jika kamu belum sangat mahir dalam menjalankan bisnis. 


Jangan juga ambisius menjadi pengusaha sukses, jika kamu bisa sukses menyelesaikan masalah, maka profit dan kesuksesan yang akan datang secara otomatis.

  1. Tidak takut gagal

Salah satu co-founder perusahaan teknologi raksasa Oracle, Larry Ellison punya kutipan keren “orang sukses tidak hanya termotivasi kesuksesan, tetapi juga siap menantang kegagalan”. 


Ini artinya, kamu harus punya mindset bahwa cara menjadi pengusaha sukses itu tidak hanya melulu soal kemenangan, tetapi juga bahkan sudah antisipasi kemungkinan terburuk dan kegagalan.


  1. Juga ga takut kerja keras


Ini sih udah mutlak banget, yah. Menjadi pengusaha sukses pasti membutuhkan jatuh bangun dan kegigihan secara konsisten. Lihat saja Michael Bloomberg dari pasar saham Bloomberg dan berbagai platform media di kancah bisnis. Satu-satunya tips menjadi pengusaha sukses yang bolak-balik dia ucapkan hanya WORK HARD, alias kerja keras. 


  1. Kembangkan networking

Tidak ada yang menjadi pengusaha sukses tanpa bantuan orang lain. Menjadi pengusaha sukses itu pasti membutuhkan dukungan orang lain juga, seperti teman dan keluarga. Jadi jangan pernah merasa malu atau ragu jika membutuhkan partner, mentor, investor dan sebagainya. 


Bahkan setelah kamu sukses pun, jangan pernah berhenti memperluas jaringan. Contoh saja Google yang dibangun para teknisi tanpa kemahiran mengelola perusahaan. Akhirnya, Google berkeputusan mengundang CEO sukses Eric Schmidt untuk turut membesarkan perusahaan seperti sekarang. 

  1. Belajar marketing

Ingin merintis usaha dari nol sejak usia muda pastinya tidak mudah. Tapi jika kamu bahkan tidak tahu cara memasarkan produk/jasa kamu sendiri, maka perjalanan menuju sukses bakal semakin sulit. 


Selain hanya mengandalkan sosial media, kamu juga harus berani inovatif dan mencari terobosan agar produk/jasa kamu bisa dipasarkan secara seluas mungkin hingga mencapai target audiens. Jika kamu tidak punya skills marketing, saatnya mulai belajar dan cari tahu segera.

  1. Pahami soal keuangan

Tanpa prinsip-prinsip keuangan yang baik, bisnis yang sukses sekalipun akan sulit bertahan lama. Ini sebabnya, Robert Kiyosaki, seorang mentor keuangan merupakan sosok yang vital di dunia literasi keuangan. Beliau juga sering dijadikan guru dan penasihat keuangan bagi banyak pebisnis ulung lainnya. 


Pesan Kiyosaki kepada mereka yang ingin menjadi pengusaha sukses adalah, “Bangunlah aset, belajarlah berinvestasi dan kelola uang agar uang yang bekerja untuk Anda.”

Mulai Berani Jadi Pengusaha Sukses

Berangkat dari passion, dijalani dengan tekun dan sepenuh hati, lalu akhirnya lancar jadi pengusaha sukses. Semua bisa saja, asalkan juga sudah didukung dengan pengelolaan keuangan yang lancar. 


Untuk kamu calon pengusaha muda yang ingin solusi praktis dalam manajemen finansial, langsung pilih saja Bank Raya. Hadir dalam bentuk aplikasi digital yang praktis, Bank Raya sudah terdaftar dari diawasi oleh OJK dan dijamin oleh LPS. Lewat satu klik, kamu bisa lakukan banyak kemudahan menabung dan bertransaksi keuangan. Transaksi juga lebih irit karena gratis biaya admin dan jelas makin cuan berkat suku bunga kompetitif. 


Buat yang butuh modal pinjaman usaha sebagai pengusaha baru, ada juga aplikasi Pinang dari Bank Raya. Sebagai aplikasi pinjaman online dari Bank BRI dan Bank Raya, ajukan pinjaman online multiguna tanpa agunan yang aman dan lebih untung. Cair lebih cepat dengan bunga pinjaman flat setiap bulannya.


Dari berbagai cara menjadi pengusaha sukses, pastikan salah satunya juga sudah yang mendukung soal kebutuhan finansial kamu yah. Yuk, mulai langkah awal menjadi pengusaha muda sukses dan rayakan bersama Bank Raya. Download aplikasi Bank Raya sekarang!

cara menjadi pengusaha sukses,tips menjadi pengusaha sukses
Bagikan: