7 Cara Efektif Mengelola Keuangan Usaha

Insights | 2022-07-21 01:35:48
7 Cara  Efektif Mengelola Keuangan Usaha

Cara mengelola keuangan usaha yang tepat bisa menjadi pondasi kesuksesan bisnis. Lantas, bagaimana langkah penerapannya? Dan apa manfaatnya menerapkan cara manajemen keuangan usaha, khususnya pada usaha skala kecil? Yuk, simak penjelasan selengkapnya!

Pentingnya Memahami Cara Mengelola Keuangan Usaha

Pengelolaan atau manajemen keuangan adalah suatu kegiatan merencanakan, mengatur, mengarahkan, dan mengawasi seluruh aktivitas keuangan. Dengan mengetahui cara manajemen keuangan usaha yang baik, kamu dapat mengetahui berapa jumlah pemasukan atau pengeluaran untuk kepentingan usaha.

Selain itu, terdapat beragam manfaat lain dari pengelolaan keuangan usaha yang efektif, antara lain:

  1. Arus Kas Menjadi Sehat

Menerapkan cara mengelola keuangan usaha yang tepat akan berdampak positif pada arus kas usaha. Nantinya, kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan bagaimana menutupi biaya usaha, menggaji karyawan, bayar cicilan hutang, dan hal-hal lain menyangkut operasional bisnis. Kuncinya adalah selalu disiplin jika ingin berhasil mengelola arus kas dengan baik.

  1. Mengetahui Jumlah Modal yang Dikeluarkan

Melalui pengelolaan keuangan usaha yang baik, kamu dapat mengetahui jumlah dana yang dikeluarkan untuk pembelian aset bisnis. Aset tersebut yang akan menghasilkan pendapatan bagi bisnis dan kamu pun akan mampu menyeimbangkan dana untuk belanja modal dengan aset yang dihasilkan. Ini perlu dilakukan agar bisnis kamu terhindar dari pailit.

  1. Menurunkan Biaya Produksi

Dengan memahami cara mengelola keuangan usaha, kamu bisa menemukan celah untuk menurunkan biaya produksi tanpa perlu menurunkan kualitas. Sebagai contoh, mengurangi penggunaan air dan listrik, meminta potongan harga pada vendor langganan, atau membeli persediaan barang dengan harga grosir. Langkah-langkah seperti ini dapat menjaga biaya produksi serendah mungkin sekaligus menciptakan arus kas yang lebih sehat.

 Bagaimana Cara Mengelola Keuangan Usaha yang Efektif?


Agar kamu mampu mengatur keuangan usaha dengan baik, setidaknya ada tujuh cara manajemen keuangan usaha yang bisa kamu praktikan:

  1. Buat Perencanaan Budgeting

Dalam cara mengelola keuangan usaha yang tepat, merencanakan keuangan menjadi hal pertama yang perlu dilakukan. Sebagai permulaan, coba buat perencanaan keuangan usaha secara umum. Misalnya, membuat program dan rencana usaha dalam jangka panjang, lalu bagi perencanaan tersebut ke dalam beberapa periode yang lebih pendek, seperti bulanan atau mingguan. Jangan lupa juga membuat rencana pendapatan yang mencangkup produk yang akan dipasarkan, strategi pemasaran yang akan digunakan, bagaimana cara memenuhi kebutuhan modal, dan sebagainya.  

  1. Pisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis

Kebiasaan mencampurkan keuangan bisnis dan pribadi merupakan kesalahan fatal yang masih sering dilakukan pelaku bisnis pemula. Jika ingin memulai usaha, kamu perlu mempersiapkan rekening terpisah sebagai dasar dari cara mengelola keuangan usaha dengan benar. Rekening tersebut akan difungsikan sebagai tempat keluar masuknya dana usaha sehingga penggunaannya akan lebih optimal dan tidak terganggu oleh keperluan pribadi. 

Untungnya membuka rekening baru sekaligus mengelola keuangan untuk keperluan usaha tidak sulit lagi karena sudah ada digital banking dari Bank Raya. Melalui fitur Saku Raya, kamu bisa memisahkan budget sesuai dengan pos keuangan yang kamu siapkan. Hanya dengan satu aplikasi saja, yaitu aplikasi Raya, kamu bisa memisahkan keuangan pribadi dan bisnis dengan aman dan tanpa ribet lagi. 

  1. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Cara mengelola keuangan usaha yang tak kalah pentingnya adalah mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran. Ini bisa kamu lakukan dalam pembukuan khusus usaha. Tujuan dari pembukuan ini  agar kamu mampu melacak keuntungan dan kerugian yang diperoleh dari usaha tersebut. Pencatatan ini juga dapat membantu kamu ketika dirasa ada kesalahan perhitungan atau kehilangan modal.

  1. Bayar Tagihan dan Pajak Tepat Waktu

Jika kamu memiliki cicilan modal usaha atau tagihan yang berkaitan dengan operasional bisnis, pastikan untuk membayarnya tepat waktu. Keterlambatan pembayaran berimbas pada kenaikan bunga dan denda. Sekecil apapun denda atau bunga yang dikenakan, tetap akan berdampak pada cara mengelola keuangan usaha. Hal yang sama berlaku pada pembayaran pajak. Sebagai warga negara dan pengusaha, membayar pajak tepat waktu merupakan suatu kewajiban.

  1. Siapkan Petty Cash

Petty cash merupakan uang tunai yang telah ditetapkan besarannya guna membiayai operasional bisnis dalam periode tertentu.  Biasanya petty cash tidak memerlukan nominal yang besar karena tujuannya adalah untuk menunaikan pengeluaran usaha kecil. Sifat pengeluaran tersebut bisa berupa transaksi mendadak atau rutin dalam bentuk uang tunai. Meski jumlahnya kecil, mencatat pengeluaran petty cash menjadi bagian penting dalam cara mengelola keuangan usaha.

  1. Investasi

Walaupun skala usaha kecil, bukan berarti kamu mengabaikan peluang masa depan melalui investasi. Tidak ada salahnya menyisihkan uang guna berinvestasi pada instrumen yang berpotensi membantu perkembangan usaha kamu di kemudian hari. Ingat ya, pelaku usaha harus mampu melihat peluang dan memanfaatkannya seoptimal mungkin untuk meraih keuntungan yang lebih besar.

  1. Jangan Takut Mengajukan Pinjaman Dana Usaha

Mengajukan pinjaman dana usaha dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu kamu dalam menjalankan usaha. Setidaknya kamu dapat mengatasi kebutuhan bisnis mendesak seperti membeli peralatan atau mengembangkan tim usaha.

Sebelum memulai suatu usaha, kamu harus mendidik diri sendiri terkait apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis tersebut. Salah satunya tentang cara mengatur keuangan usaha. 

Pastikan kamu menggunakan bank yang membuat pengelolaan keuangan usahamu berjalan dengan lebih efektif dan efisien, seperti Bank Raya. Dengan berbagai fiturnya yang menarik, seperti Saku, gratis biaya transaksi & admin, serta kemudahan transaksi yang semuanya dilakukan secara digital, pasti akan mendukungmu menjalankan usaha dengan lebih baik. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo rayakan dengan Bank Raya!


cara mengatur keuangan usaha,manajemen keuangan usaha
Bagikan: