Ide Bisnis Kreatif yang Dapat Dilakukan Ibu Rumah Tangga

Insights | 2022-06-29 02:06:37
Ide Bisnis Kreatif yang Dapat Dilakukan Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa berkarya ataupun berbisnis, bukan? Dengan teknologi digital yang semakin maju, berbagai ide bisnis kreatif sangat mungkin dilakukan oleh para ibu. Keterbatasan mobilitas bukan lagi halangan untuk menjalankan usaha yang menjanjikan keuntungan yang tidak main-main.

Menjalankan ide usaha kreatif bagi ibu rumah tangga bukan hanya menjadi lahan untuk memperoleh cuan. Berbagai bisnis dan usaha tersebut juga bisa menjadi ladang aktualisasi diri yang membuat para ibu lebih merasa dirinya berharga dan bisa berdampak ke kondisi keluarga yang menjadi lebih harmonis.

Semakin penasaran mengenai ide bisnis kreatif apa saja yang bisa kita jalankan sebagai ibu rumah tangga? Yuk, simak beberapa rekomendasi ide usaha untuk ibu rumah tangga yang sangat menjanjikan kedepannya.

  1. Katering

Ide bisnis kreatif ini layak banget dicoba karena menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit serta risiko kerugian yang tidak terlalu besar. Model bisnis rumahan yang satu ini pas banget buat kamu yang memang hobi mengolah makanan dan terbiasa memasak setiap hari.

Kita bisa menjalankan usaha katering dengan menu-menu familiar yang sudah biasa dibuat untuk keluarga. Cukup promosikan dari mulut ke mulut atau lewat digital, kita bisa mendapatkan pesanan katering dan tinggal menyesuaikan pembelian bahan-bahan sesuai dengan pesanan yang ada.

  1.  Penjahit

Jangan pandang remeh ide bisnis menjahit. Kalau kamu punya keahlian terkait bidang jahit-menjahit ini, termasuk merajut, gunakan hal tersebut sebagai modal membangun ide bisnis kreatif yang menjanjikan.

Kita bisa memproduksi berbagai barang bernilai guna dan seni yang dibutuhkan masyarakat lewat kemampuan menjahit tersebut. Mulai dari membuat pouch, masker, pakaian, sampai mengolah rajutan yang menarik bisa menjadi bahan dagangan yang memiliki pasar luar. Yang tidak kalah penting, modal untuk membuat berbagai produk jahitan relatif tidak terlalu besar.

  1. Usaha Desain Grafis

Jangan sia-siakan kemampuanmu dalam membuat desain grafis. Jadikan kemampuan tersebut sebagai ide bisnis kreatif yang sangat menjanjikan. Soalnya di era digital seperti sekarang, kebutuhan desain untuk website sampai aplikasi berseliweran di mana-mana.

Modal untuk menjalankan ide usaha kreatif ini sebenarnya hanya laptop atau tablet yang memadai dan kemauan belajar terus untuk mendesain. Kita bisa memanfaatkan website pencari kerja sampingan lokal maupun internasional sebagai awal menjajakan produk-produk desain grafis kita. Jika sudah berjalan baik dan memiliki banyak portofolio, percaya deh akan banyak penawaran untuk membuat desain dengan harga yang mencengangkan dan pastinya menguntungkan.

  1. Penulis Lepas

Menjadi penulis lepas merupakan ide peluang usaha yang cukup menjanjikan bagi para ibu rumah tangga. Kita tidak perlu meninggalkan rumah dan bisa tetap membersamai si kecil dengan ide bisnis kreatif yang satu ini.

Modal terpenting dalam usaha ini adalah kemauan belajar untuk menulis berbagai topik. Sama seperti usaha desain grafis, mulailah mencari klien di situs-situs yang pencari kerja sampingan. Kamu juga bisa membangun portofolio untuk bisnis ini dengan lebih rajin membuat tulisan di Blog.

  1. Dropshipper

Masih ragu memulai ide bisnis kreatif karena merasa tidak mampu memproduksi barang atau tidak memiliki cukup modal untuk mengambil produk dari orang lain? Jangan jadikan itu sebagai alasan. Sekarang ini, kamu dapat berjualan produk sebagai dropshipper tanpa perlu memproduksi barang ataupun mengeluarkan modal untuk membeli barang-barang dagangan terlebih dahulu.

Ide peluang usaha ini hanya perlu modal kerja sama antara kamu dan pemilik toko. Nantinya, kamu hanya perlu memasarkan berbagai produk yang ada di toko tempat kamu bekerja sama. Tentunya tidak terlalu sulit untuk melakukan pemasaran dengan memanfaatkan media sosial yang kita punya, bukan? Dari tiap produk yang terjual, nantinya akan ada komisi yang dapat menjadi keuntungan bagi bisnismu tersebut.

Tips Jalankan Ide Bisnis Kreatif untuk Ibu Rumah Tangga


Ide bisnis kreatif untuk ibu rumah tangga awalnya terkesan biasa-biasa saja. Tapi dengan penerapan yang tepat, usaha ini bisa berkembang dengan sangat baik dan meningkatkan perekonomian keluarga. Tentunya jika kita melakukannya dengan sungguh-sungguh dan menerapkan tips-tips membangun bisnis di bawah.

  • Pilih yang Sesuai Kemampuan

Apapun kemampuan yang kita punya, sebaiknya itu yang dijadikan ide bisnis kreatif. Akan lebih susah apabila kita menjalankan usaha di bidang yang tidak kita kuasai. Kita mesti belajar banyak terlebih dahulu sebelum bisa menuai hasil karenanya. Sebaliknya jika kita memilih bidang usaha  yang sesuai kemampuan, pekerjaan rumah kita hanya tinggal bagaimana bisa menjual hasil dari kemampuan tersebut.

  • Pisahkan dengan Urusan Pribadi

Saat bekerja di rumah dan berstatus ibu rumah tangga, pasti sulit memisahkan urusan bisnis dengan urusan pribadi. Namun kamu perlu belajar membagi waktu dan memisahkan antara keduanya. 

Karena jika tidak ada garis yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan rumah tangga, hal tersebut akan memengaruhi bisnismu sehingga tidak berkembang. Sedari awal, mulailah memisahkan urusan bisnis dengan urusan pribadi, khususnya yang berhubungan dengan keuangan.

  • Buat Target yang Jelas

Ide bisnis kreatif untuk ibu rumah tangga sebaiknya juga memiliki target yang jelas. Ini bisa membuat usaha menjadi lebih terkonsep dan tertata, kita pun lebih semangat mengerjakan bisnis tersebut untuk mencapai target yang telah dipasang sebelumnya.

  • Dapatkan Dukungan Keluarga

Ide usaha kreatif yang dijalankan oleh ibu rumah tangga sebaiknya mendapat dukungan keluarga terlebih dahulu. Karena bagaimanapun, pengerjaan bisnis ini akan kamu lakukan dan selalu bersinggungan dengan kondisi keluarga. Jika tidak ada dukungan dari keluarga, kamu akan kesulitan menyeimbangkan pekerjaan untuk urusan bisnis dan domestik. 

  • Terus Perluas Jaringan

Jangan sampai status sebagai ibu rumah membatasimu untuk memperluas jaringan. Apalagi jika ingin memulai ide bisnis kreatif dari rumah, semakin banyak jaringan yang kita punya akan semakin memudahkan kita untuk menjalankan bisnis dan mendapatkan pasar.

References:

  • https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/61dd74ef7601c/9-usaha-rumahan-yang-lagi-trend-cocok-untuk-ibu-rumah-tangga 

  • https://www.finansialku.com/bisnis-ibu-rumah-tangga/  https://artikel.rumah123.com/23-usaha-yang-cocok-untuk-ibu-rumah-tangga-di-desa-pasti-ada-jalan-untuk-berwirausaha-63331  

  • https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210712150844-97-666587/7-usaha-yang-cocok-untuk-ibu-rumah-tangga-muda 

  • https://www.modalrakyat.id/blog/5-tips-memulai-bisnis-untuk-ibu-rumah-tangga

ide bisnis kreatif,ide usaha kreatif,ide peluang usaha
Bagikan: