7 Ide Bisnis Online yang Menjanjikan

Insights | 2022-06-22 02:49:47
7 Ide Bisnis Online yang Menjanjikan

Hampir semua aspek kehidupan kita terkena dampak dari pandemi COVID-19 yang masih mewabah dari dua tahun yang lalu. Dari mulai perekonomian yang lesu hingga sektor bisnis yang mengalami banyak kerugian membuat kita putar otak untuk tetap menghasilkan cuan di tengah krisis kesehatan seperti sekarang ini. Kita pun harus terbiasa dengan berbagai kebiasaan baru yang disesuaikan dengan protokol kesehatan standar pandemi. Meskipun masih belum sepenuhnya terbebas dari COVID-19, ini saatnya kita bangkit dan mencari peluang bisnis yang menjanjikan!

Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Bisnis

Di masa seperti ini, sudah tentu sektor bisnis terkena dampak yang luar biasa. Salah satu penyebabnya adalah masyarakat hanya belanja seperlunya dan jarang keluar rumah. Mereka juga lebih memilih bertransaksi secara online. Tidak hanya itu, pembatasan sosial menjadikan aktivitas bisnis pun lebih terbatas. Belum lagi banyak pekerja yang work from home. Awalnya bisnis yang menjanjikan berhasil mengais banyak cuan, tapi kini mereka harus berjuang untuk tidak mengalami kebangkrutan.  Secara keseluruhan, inilah dampak yang dirasakan sektor bisnis selama pandemi COVID-19:

  1. Beberapa Sektor Bisnis Jadi Lesu

Sebut saja industri pariwisata, perhotelan, dan retail. Tiga sektor penting tersebutlah yang paling terpukul karena wabah ini. Karena masyarakat tidak lagi bepergian atau berlibur, sudah pasti bisnis ini mengalami kerugian. Bahkan, Bali yang keindahannya sudah dikenal oleh masyarakat dunia mengalami penurunan pengunjung hingga 95%. Selain itu, banyak pekerja dari sektor-sektor ini terpaksa dirumahkan karena perusahaan tidak mampu mendapatkan profit. Jangankan mendapatkan profit, untuk bertahan saja agar bisnis tidak gulung tikar memerlukan usaha yang ekstra. Itu sebabnya sangat penting mencari peluang bisnis yang menjanjikan di tengah pandemi seperti sekarang ini. 

  1. Perubahan Komunikasi dengan Konsumen

Bila sebelumnya banyak bisnis yang menjanjikan melayani para konsumen dengan cara offline, di masa pandemi ini mereka harus beralih ke sistem online. Dengan sistem tersebut, bisnis bisa menjangkau lebih banyak konsumen sekaligus melayani mereka tanpa  harus keluar rumah. Itulah salah satu cara agar bisnis yang menjanjikan tetap beroperasi saat pandemi.

  1. Keuangan

Karena profit turun drastis, keadaan finansial tiap bisnis pun menjadi terancam. Hal ini disebabkan oleh turunnya potensi penjualan sehingga alur kas bisnis juga terganggu. Maka dari itu, ada beberapa hal terkait keuangan yang perlu kamu perhatikan, seperti:

  • Hitung potensi kerugian yang perlu diwaspadai

  • Aturlah anggaran jangka pendek dan panjang menurut hasil analisis keuangan yang telah kamu buat

  • Komunikasikan seluruh kebijakan menyangkut keuangan ke seluruh divisi agar semuanya dapat bekerja sama untuk menstabilkan keuangan bisnis

  1. Konsumen Beralih ke Transaksi Online

WHO sempat menyarankan masyarakat agar mencuci tangan setelah bersentuhan dengan uang tunai sebagai upaya pencegahan penyebaran virus. Bank Indonesia pun turut menghimbau masyarakat Indonesia untuk mengutamakan pembayaran non tunai dengan alasan yang sama. Alhasil, semakin banyak masyarakat yang beralih ke transaksi digital. Ini juga yang menjadi alasan mengapa bisnis online yang menjanjikan dapat bertahan di tengah pandemi.

  1. Semakin Banyak Bisnis yang Menjanjikan Berbasis Online

Berkaitan dengan poin di atas, kini banyak bisnis online yang menjanjikan dan berhasil meraup keuntungan di masa pandemi. Bahkan, bisnis yang sebelumnya melayani secara offline saja telah beralih ke sistem online. Mereka mulai membuat website, berjualan di marketplace online, dan aktif berjualan di media sosial demi menjangkau pelanggan sekaligus mempertahankan bisnis di kala krisis.

Terlepas dari dampak di atas, kamu tetap bisa kok mendirikan bisnis yang menjanjikan saat pandemi. Asalkan kamu mampu menganalisa peluang yang ada. Lantas, bagaimana mencari peluang tersebut?

Strategi Bisnis yang Menjanjikan di Masa Pandemi

Keberadaan COVID-19 membuat semua orang perlu beradaptasi dengan cara kerja dan bersosialisasi jarak jauh. Pola konsumsi pun kini berubah drastis, dari dilakukan secara offline atau tatap muka, kemudian beralih pada transaksi online. Di balik perubahan kebiasaan tersebut, kamu masih bisa melihat peluang bisnis yang menjanjikan dan menghasilkan cuan. Caranya yaitu dengan menerapkan strategi bisnis berikut:

  1. Perhatikan Tren Terkini dan Peluangnya

Saatnya kamu menganalisa tren bisnis yang tengah digandrungi di masa pandemi ini. Faktanya masih ada masyarakat yang ragu untuk keluar rumah dan memilih transaksi online saja. Kamu bisa memanfaatkan tren ini untuk mencari peluang bisnis yang menjanjikan. Misalnya berjualan dengan sistem COD, layanan pesan antar makanan, berjualan makanan online, dsb. Lakukan analisa mendalam untuk mengetahui bisnis macam apa yang mampu mengurangi pengeluaran tapi mampu memberikan omzet yang menjanjikan.

  1. Tetapkan Target Bisnis

Setelah menganalisa peluang bisnis yang menjanjikan, saatnya kamu meniliti kondisi pasar dan menetapkan target bisnis. Cari tahu seperti apa tingkat permintaan dan penawarannya, berapa harga rata-rata produk yang ditawarkan, dan siapa saja kompetitor bisnis kamu. Yang pasti kamu tidak mungkin mentargetkan bisnis untuk semua kalangan masyarakat. Itu sebabnya target bisnis perlu dipertimbangkan dengan matang.

  1. Manfaatkan Media Sosial dan Marketplace

Adanya transisi dari transaksi offline menjadi online merupakan fenomena yang menjamur saat pandemi. Kamu perlu menerapkan hal serupa dengan memanfaatkan media sosial dan aplikasi marketplace sebagai media promosi bisnis yang cepat dan efektif. Selain itu, memanfaatkan platform digital tersebut memungkinkan kamu menjalankan bisnis dari rumah saja sehingga menghemat pengeluaran.

  1. Terbuka Terhadap Kritik dan Saran

Kritik dan saran bisa jadi faktor pembangun bisnis yang menjanjikan. Minta pelanggan untuk memberikan feedback supaya kamu bisa meningkatkan pelayanan bisnismu. Namun, bukan berarti kamu bisa menerapkan semua kritik dan saran yang dilontarkan. Pastikan kamu memilih dengan cermat apa saja yang bisa diterapkan agar bisnis semakin menguntungkan meski dunia masih belum terbebas dari COVID-19.

Itulah beberapa strategi bisnis yang bisa kamu terapkan di masa pandemi ini. Kini saatnya kamu mengetahui peluang bisnis yang menjanjikan agar kamu memperoleh keuntungan yang maksimal.

7 Ide Bisnis yang Menjanjikan Tanpa Banyak Modal


Sebagai rekomendasi, setidaknya ada tujuh peluang bisnis yang menjanjikan untuk kamu pertimbangkan. Apa saja peluang bisnis online yang menjanjikan tersebut?
  1. Frozen Food

Sektor kuliner merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Masalahnya, menurut riset McKinsey & Company, 58% konsumen Indonesia memilih mengurangi tendensi makan di tempat selama pandemi. Untungnya keberadaan internet membuat para pelaku usaha kuliner berinovasi dengan menyediakan layanan pesan antar. Itulah yang menjadi alasan mengapa bisnis kuliner mampu bertahan selama pandemi. Mereka kini menyediakan berbagai frozen food yang dapat diolah dengan cepat dan bertahan lebih lama. Apalagi bila kamu tidak punya waktu untuk memasak karena pekerjaan yang padat meski dilakukan di rumah saja. Bahkan, café atau restoran yang sebelumnya hanya melayani dine in saja telah merambah dengan menyediakan frozen food sehingga pelanggan bisa menikmati hidangan mereka tanpa perlu keluar rumah.

  1. Minuman Literan

Kalau kamu perhatikan, bisnis minuman literan merupakan salah satu tren yang menjanjikan di masa pandemi. Dari mulai minuman boba, kopi literan, hingga jamu mampu menarik minat konsumen. Selain harganya yang cukup ekonomis, minuman literan tersebut bisa dinikmati bersama dengan keluarga. Kamu juga bisa berinovasi dengan peluang bisnis yang menjanjikan ini. Jangan lupa untuk upayakan promosi secara online dengan memanfaatkan platform media sosial dan marketplace.

  1. Produk Fashion

Peluang bisnis yang menjanjikan di masa pandemi tidak hanya didominasi oleh makanan dan minuman saja, tapi juga dunia fashion. Bahkan industri ini mampu bertahan dengan memanfaatkan internet sebagai media pemasaran. Tidak sedikit ecommerce fashion yang tetap mengalami kenaikan penjualan. Hal tersebut tak lepas dari kejelian mereka dalam menganalisa tren kebutuhan fashion saat pandemi. Hingga saat ini, bisnis fashion online masih menjanjikan. Kamu tinggal memanfaatkan peluang yang ada berdasarkan analisa tren fashion dan promosi menarik melalui platform online.

  1. Produk Kecantikan

Karena lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, masyarakat memiliki cukup waktu untuk melakukan perawatan diri. Produk kecantikan seperti skincare dan makeup masih menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Belum lagi influencer yang rajin mengiklankan berbagai produk kecantikan sehingga menarik minat siapapun yang melihatnya. Jika terkendala modal usaha, kamu bisa menjadi dropshipper terlebih dahulu. Atau kamu bisa mendapatkan pinjaman tanpa agunan melalui aplikasi PINANG, solusi modal usaha yang bikin tenang dari Bank BRI dan Bank Raya. Dapatkan modal usaha mulai dari Rp 500.000 untuk memulai bisnis rumahan yang menjanjikan di masa pandemi ini.

  1. Produk Kesehatan dan Perawatan Tubuh

Masyarakat semakin memahami betapa pentingnya menjaga daya tahan tubuh sebagai upaya pertahanan dari serangan virus, termasuk COVID-19. Motivasi ini yang menjadikan mereka lebih rajin berolahraga serta mengonsumsi minuman herbal dan vitamin. Perubahan kebiasaan ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Apalagi bila kamu gencar melakukan promosi menarik di media sosial dan marketplace dengan menawarkan gratis ongkir atau diskon gede-gedean.

  1. Bisnis Digital

Memiliki kemampuan dalam membuat konten, desain grafis, dan menerjemahkan bahasa? Bakat tersebut bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan di sektor digital. Bahkan, kamu bisa melakukannya di manapun atau freelancing. Sejak pandemi, terdapat peningkatan bisnis digital sehingga banyak pelaku usaha yang memerlukan orang dengan keterampilan di bidang digital. Jadi, tidak ada salahnya mengandalkan bakat kamu untuk menghasilkan cuan kan?

  1. Edukasi Virtual

Perubahan kebiasaan pun menimpa sektor pendidikan. Di masa pandemi, kegiatan belajar mengajar kerap kali dilakukan secara online. Inilah yang menjadikan bisnis edukasi virtual (tutor) semakin menjamur bahkan hingga saat ini.  Bila memiliki bakat dalam mengajar dan pengetahuan luas terkait bidang tertentu, kamu dapat menjajal bisnis yang menguntungkan ini. Lebih menguntungkan lagi karena dilakukan secara online sehingga kamu dapat menjangkau banyak orang yang ingin menggunakan layanan kelas belajar jarak jauh.     

Tidak masalah besar atau kecilnya skala bisnis yang dijalankan, kuncinya adalah dengan mengelola keuangan secara bijak, terlebih di masa pandemi. Dengan begitu keuangan bisnis kamu akan tetap sehat. Merasa sulit mengatur keuangan untuk bisnis saat pandemi? 

Tidak perlu khawatir karena sudah ada Bank Raya yang siap membantu mengelola keuangan kamu dengan cara yang aman, mudah, dan menyenangkan. Semua transaksi untuk keperluan bisnis akan ditangani secara digital tanpa ada tambahan biaya admin bulanan, transfer, dan tarik tunai. Yuk percayakan pengelolaan keuangan bisnis kamu pada layanan digital Bank Raya sekarang juga!   

References:

  • https://www.hadirr.com/blog/peluang-usaha-pasca-pandemi/ 

  • https://www.niagahoster.co.id/blog/peluang-bisnis-setelah-pandemi-corona/ 

  • https://www.suara.com/bisnis/2021/10/08/141539/5-bisnis-usaha-yang-diprediksi-laris-manis-setelah-pandemi-covid-19

bisnis yang menjanjikan,bisnis online yang menjanjikan,bisnis rumahan yang menjanjikan
Bagikan: