Ingin Mulai Usaha Rumahan? Ini Dia Inspirasi Jenis Usaha yang Dapat Dicoba!

Insights | 2022-06-22 05:16:51
Ingin Mulai Usaha Rumahan? Ini Dia Inspirasi Jenis Usaha yang Dapat Dicoba!

Melihat kesuksesan ide usaha rumahan, terlalu sayang rasanya kalau tidak menjajaki peluang usaha rumahan di desa maupun di kota. Sudah banyak kisah sukses dan contoh usaha rumahan yang malah bisa meraup untung sebagai penghidupan utama masyarakat. Di artikel ini, saatnya kupas tuntas trend ekonomi ide usaha rumahan, peluang usaha rumahan di desa dan kota, serta contoh usaha rumahan lengkap yang bisa kamu lakukan. Nantinya, akan ada juga solusi mewujudkan ide usaha rumahan kamu loh. Yuk simak sampai tuntas!


Trend Ide Usaha Rumahan? Saatnya UMKM Naik Kelas


Gaung Usaha Menengah Kecil Menengah (UMKM) sebagai sektor ekonomi yang menjanjikan bukan lagi hal baru di Indonesia. Seiring dengan upaya akselerasi dan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki, optimis atas peluang UMKM di tahun 2022 yang akan terus bertumbuh. 


Salah satu indikator yang bisa dijadikan acuan atas peluang usaha rumahan di desa maupun kota sebagai ujung tombak pemulihan ekonomi adalah sejumlah upaya dan program pemerintah untuk terus mendukung UMKM. Diantaranya adalah bantuan dana produktif, pembiayaan murah serta menggenjot permintaan pasar.


Upaya pemerintah untuk terus mendukung UMKM juga dibuktikan dengan percepatan UMKM go digital. Diperkirakan sudah ada 16,4 juta platform digital khusus UMKM yang terus bertumbuh ( per akhir 2021). Target pemerintah sendiri juga mencapai hingga 30 juta UMKM terhubung ke ekosistem digital, termasuk peluang usaha rumahan di desa maupun kota. 


Secara terpisah, Menteri Ekonomi RI juga menyatakan kalau tahun 2022 bakal jadi golden moment Indonesia. Selain dari program dan upaya khusus UMKM, dibutuhkan juga SDM berkualitas yang berdaya saing dan sehat. Kalau kamu salah satunya, sudah saatnya turut ambil bagian dengan berbagai ide usaha rumahan yang sudah menanti!


6 Ide Usaha Rumahan Paling Menjanjikan


  1. Usaha Rumahan Kuliner


Kalau sudah menyinggung soal ide usaha rumahan yang paling tidak ada matinya, di urutan pertama pasti sudah yang berhubungan dengan kuliner. 


Di Indonesia sendiri, sudah banyak contoh usaha rumahan berbasis kuliner yang sudah banyak meraup untung. Mulai dari penjual sayur yang beromset 18 juta dalam sehari, penjual kerupuk yang hidupi hingga 12 karyawan, atau mahasiswa Buleleng dengan bisnis wine stroberi modal cukup Rp 25 juta saja, tidak pernah ada kekurangan contoh usaha rumahan yang ga cuma eksis tetapi sukses besar. 


Salah satu alasan mengapa ide usaha rumahan yang berbau kuliner cenderung menjanjikan karena berkaitan dengan kebutuhan dasar setiap orang. Berkembangnya usaha kuliner baik makanan dan minuman juga dipicu oleh lifestyle modern, serta didukung platform digital yang memudahkan pesanan makanan secara online maupun offline. 


Potensi pasar yang besar dan terus menerus berkembang juga mendasari kenapa kamu harus coba ide usaha rumahan ini. Selain modalnya yang kecil, tidak rentan krisis, risiko rendah dan menguntungkan, contoh usaha rumahan berbasis kuliner juga sangat variasi, Beberapa yang bisa kamu mulai antara lain:


  • Menjual produk frozen dan bahan rumah tangga

  • Bisnis katering harian

  • Bisnis katering makanan sehat/ diet

  • Aneka sambal rumahan

  • Masakan khas daerah

  • Masakan khas mancanegara

  • Cemilan ringan ( keripik, makaroni, basreng dll)

  • Dessert atau makanan pencuci mulut

  • Jajanan pasar atau kue tradisional

  • Produk baking atau pastry/cookie

  • Salad buah, asinan dan produk buah-buahan olahan.

  • Jastip makanan luar daerah/negara

  • Dan sebagainya


Masih banyak ide usaha rumahan berbasis kuliner serta contoh usaha rumahan sejenis yang sudah sukses. Peluang usaha rumahan di desa atau kota ini membutuhkan ketekunan dan promosi, namun sejatinya sistem pesanan bisa disesuaikan dengan modal yang tersedia ( metode PO atau Open Order)


  1. Usaha Budidaya


Yang dimaksud dengan ide usaha rumahan yang bersifat budidaya erat kaitannya dengan hasil-hasil alam, misalnya ternak hewan, tumbuh-tumbuhan dan sejenisnya. Ide usaha rumahan ini cukup menjanjikan mengingat banyaknya permintaan bahan makanan organik, atau yang seputar hobi seperti hewan peliharaan, misalnya memelihara ikan cupang, ikan mas dsbnya.


Sejatinya, ide usaha rumahan dari budidaya hewan atau tanaman tidak sangat sulit karena sudah banyak contoh usaha rumahan yang sukses. Bahkan beberapa pengusaha sukses memulai dari lahan kecil di rumah dengan hasil panen yang berlimpah, contohnya petani ikan lele di Majalengka, hingga pemuda inspiratif bertanam hidroponik


Usaha budidaya ini terutama bisa jadi peluang usaha rumahan di desa atau lahan yang masih tersedia. Kamu bisa mulai dari menentukan jenis tanaman/buah/ternak yang ingin dibudidayakan dan dari skala kecil saja dulu. Sesuaikan dengan kapasitas modal, area dan juga skills, karena bagaimanapun ide usaha rumahan ini butuh ditekuni secara konsisten dan terus dipelajari dari waktu ke waktu. 


  1. Penyedia Jasa Kebersihan


Bidang usaha cleaning service atau penyedia jasa kebersihan kini juga sudah mulai banyak dilirik. Beberapa contoh usaha rumahan yang bergerak di bidang penyedia jasa kebersihan antara lain:

  • Jasa laundry atau cuci pakaian

  • Jasa cuci karpet, sofa hingga perabot lainnya

  • Jasa mencuci sepeda motor

  • Jasa memandikan hewan peliharaan

  • Dll


Ide usaha rumahan cleaning service sesungguhnya sudah sempat booming sejak sebelum pandemi. Ada faktor yang menjadikan usaha di bidang demikian cukup disukai, antara lain: modal yang terukur, pasar yang cukup luas, serta kebutuhan tenaga kerja yang masih tergolong rendah. Terutama jika kamu bisa menggunakan rumah sendiri sebagai tempat berusaha, maka peluang profit usaha rumahan ini akan semakin besar. 


Dalam menjalankan ide usaha rumahan ini, kamu bisa menjajaki franchise yang tersedia atau mencoba merintis sendiri. Pastikan sudah mencari tahu seputar izin atau lisensi bisnis supaya ide usaha rumahan ini berjalan lancar. 


  1. Bisnis Online Shop


Pasti sudah tidak asing lagi dengan ide usaha rumahan yang bersifat online shop. Dengan konsep online atau virtual, siapapun sudah bisa berusaha menjual produk-produk lewat platform digital yang tersedia seperti marketplace populer, iklan baris online, situs pribadi hingga lewat ranah sosial media.


Tantangan dari menjalankan bisnis online shop saat ini tentunya pasar yang sudah cukup tersaturasi alias jenuh. Namun harus diingat bahwa selalu ada peluang yang muncul dengan menawarkan produk baru atau yang masih jarang ditemukan di pasar. Pilihan produk yang bisa kamu  jajakan secara online juga tidak terbatas, mulai dari produk kecantikan, produk fashion, elektronik, peralatan rumah tangga, produk kesehatan dan sebagainya.


Tentunya ini kurang lebih akan membutuhkan sejumlah modal, namun buat yang masih menjajaki peluang usaha rumahan bisnis online ada solusi berupa:

  • Dropship : Menjadi agen atau distributor dari produsen produk tertentu tanpa mengeluarkan modal

  • Open PO: Mengambil uang muka/DP untuk pembelian produk tertentu

  • Jastip : Layanan jasa titip, juga menggunakan uang muka/DP sebagian sebagai tanda jadi transaksi.

  1. Bisnis Skills Yang Dimiliki


Hidup di zaman digital telah membuka peluang usaha rumahan di desa, kota dan bahkan dimanapun tanpa ada batas jarak/lokasi. Ini mungkin terjadi karena ada permintaan atas hal-hal yang bersifat non-produk atau jasa. Tentunya ini kesempatan emas untuk menjual skills yang kamu miliki, terutama digital skills.


Diungkap oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, ada 97 juta peluang pekerjaan yang muncul lewat perkembangan teknologi digital. Namun dengan konsep freelance, kamu bisa menawarkan keahlian yang kamu miliki dan memasang harga yang pantas. Beberapa digital skills yang bisa kamu jadikan ide usaha rumahan mulai sekarang, antara lain:

  • Digital marketer

  • Spesialis sosmed

  • Ahli SEO

  • Copywriter

  • Desain grafis

  • Pengembangan website/ programming

  • Analisa data

  • Pakar branding 

  • Konsultasi bisnis

  • Fotografi

  • Bisnis afiliasi

  • Content Creator

  • Dsbnya


Pastinya kamu harus punya skills yang dibutuhkan dan tidak mudah puas dengan kemampuan yang dimiliki. Ide bisnis rumahan ini walau hanya mengandalkan keahlian, tetapi juga butuh modal waktu dan finansial untuk terus mengakses pembelajaran tanpa henti. 


Lalu bagaimana jika kamu tidak punya dasar digital skills? Jangan khawatir, tetap ada peluang usaha rumahan seperti menjadi guru les, tutor bahasa asing, membuka kelas memasak, menjadi assistant pribadi online, dan sebagainya. Prinsipnya, ide usaha rumahan ini bisa sukses jika kamu ada talenta yang dibutuhkan dan terus diasah untuk meningkatkan demand


  1. Pengelolaan Existing Asset


Yang dimaksud dengan bisnis aset yang sudah ada bisa sesimpel membuka usaha penginapan, gerai atau toko kelontong, kedai kopi, rental kenderaan atau sejenisnya. Ide usaha rumahan ini bisa dimulai dengan membaca kebutuhan komunitas atau masyarakat sekeliling, bekerjasama dengan distributor sesuai modal yang ada, atau usaha kolaboratif lainnya. 


Dengan memanfaatkan aset yang ada, ini bisa jadi penghasilan tambahan yang cukup stabil. Peluang ide usaha rumahan ini juga ada potensi bertumbuh kembang sesuai kebutuhan tanpa harus menguras modal awal karena menggunakan aset yang sudah tersedia. 


Siap Jadi Pengusaha Usaha Rumahan Dengan Pinang

Kini telah hadir platform Pinang, layanan peminjaman uang berbasis  online yang sudah mendapatkan izin resmi dari OJK. Selain aman dan sudah berizin, Pinang juga merupakan pinjaman berbasis digital pertama di Indonesia yang dimiliki oleh bank. 


Pinang yang merupakan kolaborasi dari BRI dan Bank Raya memudahkan proses pinjaman modal secara digital, aman dan praktis. Modal awal sebesar Rp 500.000 hingga Rp 20 juta siap dikucurkan setelah melewati proses verifikasi singkat dengan tenor variatif, mulai dari 1-12 bulan, Bunga yang dibebankan juga rendah mulai dari 1.24%/bln  karena menyasar pada pengusaha rumahan dengan keseriusan tinggi.


Aplikasi Pinang bisa didownload secara gratis di Google Play dan total proses pinjaman hanya butuh waktu 15 menit saja. Bagi kalian yang ingin mulai cuan lewat ide usaha rumahan brilian, mulai jajaki solusi permodalan cerdas untuk menyukseskan ide usaha rumahan unikmu! 


Awali dengan benar dan tepat sasaran bersama Pinang, persembahan BRI dan Bank Raya untuk rakyat Indonesia. Butuh info lebih lanjut? Hubungi kami sekarang juga. 


References:

https://www.99.co/blog/indonesia/usaha-rumahan-yang-tak-ada-matinya/  https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20220117165508-25-308064/16-ide-peluang-usaha-rumahan-di-2022-yang-tak-ada-matinya 

https://www.hostinger.co.id/tutorial/ide-usaha-rumahan

https://nasional.tempo.co/read/1542840/umkm-diprediksi-cepat-pulih-di-2022


ide usaha rumahan,peluang usaha rumahan di desa,contoh usaha rumahan
Bagikan: