7 Tips untuk Lebih Menghemat Listrik di Rumah

Insights | 2022-06-30 03:16:35
7 Tips untuk Lebih Menghemat Listrik di Rumah

Masih ingat bagaimana hantaman pandemi COVID-19 berhasil mengubah kebiasaan kita? Aktivitas seperti bekerja dan sekolah harus dilakukan di rumah saja. Karena seringnya diam di rumah sembari mengakses gadget atau perangkat elektronik lain untuk kebutuhan bekerja atau belajar, tagihan listrik malah jadi membengkak. Padahal kondisi perekonomian sedang menurun. Makanya, kamu perlu menerapkan tips hemat listrik agar tagihan tidak membengkak lagi. Tetapi, bisakah kamu menerapkan cara menghemat listrik rumah tanpa mengganggu aktivitas belajar atau bekerja?

Alasan Mengapa Tagihan Listrik di Rumah Membengkak

Sebelum menerapkan tips hemat listrik, coba cari tahu dulu apa penyebab tagihan listrik yang naik terus menerus. Bisa jadi masalah itu dipicu oleh alasan berikut ini:

  1. Lampu terus menyala bahkan saat tidak digunakan

  2. Sering mengakses komputer atau laptop karena keperluan pekerjaan atau belajar

  3. Charger gadget yang dibiarkan menempel di stop kontak sehingga arus listrik terus berjalan

  4. Sering menyalakan AC atau kipas angin sebagai pendingin

  5. Menggunakan alat elektronik seperti mesin cuci, AC, rice cooker, atau setrikaan dengan daya yang tinggi

  6. Sering buka tutup kulkas atau membiarkan kulkas terbuka tanpa menyadari konsumsi dayanya meningkat

  7. Membiarkan televisi tetap hidup meski kamu tidak sedang menontonnya

  8. Alat pendingin seperti kulkas bekerja lebih ekstra karena kamu tidak cermat dalam menggunakannya

Dari delapan alasan di atas, kira-kira mana yang sering kamu lakukan? Bisa jadi itulah penyebab tagihan listrik semakin membengkak. Agar tidak boros lagi, kamu perlu mempertimbangkan tips hemat listrik berikut ini!

Cegah Tagihan Membengkak dengan 7 Tips Hemat Listrik Ini!

Tidak sulit kok untuk menghemat konsumsi daya listrik agar tagihan tidak membengkak. Syaratnya kamu perlu menerapkan tujuh cara menghemat listrik rumah berikut:

  1. Pilih Listrik Prabayar

Sistem listrik prabayar atau menggunakan pulsa membuat kamu bisa mengatur sendiri kebutuhan penggunaan listrik di rumah. Karena bergantung dari ketersediaan pulsa, kamu akan lebih bijak dan mampu menghemat pemakaian listrik. Kamu bisa menerapkan tips hemat listrik ini dengan meminta pada pihak PLN setempat untuk memasang meteran listrik sistem pulsa di rumah.

  1. Bijak Menggunakan AC

Kalau punya AC di rumah, coba deh kendalikan pemakaiannya. Pasalnya AC mengonsumsi daya yang besar sehingga membuat tagihan listrik membengkak. Tips hemat listrik ini mengharuskan kamu untuk membatasi pemakaian AC sesuai kebutuhan. Dari pada menggunakan AC, lebih baik memanfaatkan ventilasi agar udara segar bisa masuk. Atau kamu bisa memilih AC dengan teknologi hemat energi yang dapat mengatur suhu ruang secara otomatis.

  1. Beralih ke Lampu LED

Lampu LED memang harganya lebih mahal dari lampu biasa. Tetapi jenis lampu ini sangat diperlukan untuk menerapkan tips hemat listrik ini. Lampu LED memakan daya listrik sedikit. Selain itu, jenis lampu ini bisa bertahan lebih lama bahkan hingga bertahun-tahun. Jadi, kamu tidak perlu lagi sering ganti lampu.

  1. Cermat Gunakan Alat Elektronik

Setiap alat elektronik yang ada di rumah kamu pastinya memiliki daya listrik berbeda-beda. Bila melampaui kapasitas, alat elektronik itu akan menghabiskan banyak tenaga listrik. Salah satu tips hemat listrik ini adalah dengan cermat menggunakan alat elektronik. Matikan jika tidak diperlukan, khususnya di malam hari, atau pakai seperlunya saja. Bila memungkinkan, kamu bisa menggantinya dengan alat elektronik berdaya lebih rendah.

  1. Cabut Kabel dari Saklar

Listrik akan tetap mengalir jika kamu tetap membiarkan kabel alat elektronik tertancap di saklar saat tidak digunakan. Jadi ubah kebiasaan sering lupa mencabut kabel elektronik, seperti kabel pengisi daya gadget, agar tagihan listrik kamu lebih hemat.

  1. Hemat Air

Tahukah kamu kalau membatasi penggunaan air juga dapat menghemat listrik? Tentunya hal ini berlaku untuk pompa air yang membutuhkan daya listrik. Ketika kamu menghemat air, artinya konsumsi daya pompa listrik itu pun akan berkurang. Seiring berjalannya waktu, biaya tagihan listrik pun akan berkurang.

  1. Jemur Baju di Bawah Sinar Matahari

Mesin cuci biasanya digunakan beserta pengeringnya juga. Penggunaan pengering ini akan memakan daya listrik yang lebih besar. Tips hemat listrik ini dapat kamu terapkan dengan memanfaat terik sinar matahari untuk mengeringkan baju daripada pengering mesin cuci. Gunakan pengering tersebut ketika diperlukan saja atau saat musim penghujan supaya konsumsi daya listrik dapat berkurang.  

Dengan menerapkan tujuh cara menghemat listrik di rumah ini, kamu akan mendapatkan beragam manfaat seperti:

  • Tagihan listrik lebih hemat sehingga pengeluaran pun akan berkurang

  • Perlengkapan elektronik lebih tahan lama karena digunakan secara bijak

  • Mengurangi polusi udara akibat emisi karbon

  • Hidup lebih sehat karena kamu bergantung pada pencahayaan dan sirkulasi udara alami

  • Mencegah arus pendek listrik karena alat elektronik sudah dimatikan dengan benar

Itulah tips hemat listrik yang bisa kamu coba agar tagihan tidak membengkak lagi. Pastikan kamu membayar tagihan listrik tepat waktu dengan membuat budget tersendiri setiap bulannya. Manfaatkan fitur saku dari Bank Raya agar keuanganmu menjadi semakin terencana dan terkendali. Jadi, tunggu apa lagi? Download aplikasi Raya App sekarang juga!
cara menghemat listrik,tips hemat listrik
Bagikan: